Jay Idzes (Sumber gambar: Instagram/jayidzes)

Debut Istimewa Jay Idzes, Jadi Pemain Pertama Indonesia yang Berlaga di Serie A Italia

26 August 2024   |   08:09 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Bek tim nasional (timnas) Indonesia, Jay Idzes, mencetak sejarah setelah melakukan debut istimewa ketika tampil membela klub Venezia di Serie A, Minggu (25/8/2024). Jay adalah orang pertama dari Indonesia yang bisa merumput di kompetisi kasta tertinggi Liga Italia tersebut. 

Dalam pertandingan itu, Jay Idzes dimainkan sebagai starter oleh pelatih Eusebio Di Francesco saat Venezia melawan Fiorentina. Ini adalah pertandingan kedua yang dilakoni timnya yang baru promosi ke Serie A tersebut.

Idzes baru bisa menjalani debutnya di Serie A pada pertandingan kedua timnya. Sebab, pada laga pertama melawan Lazio, dia masih belum bisa bermain akibat akumulasi kartu kuning.

Kendati demikian, Idzes langsung membayar kepercayaan pelatihnya dengan performa yang apik. Kepercayaan sang pelatih kepada dirinya juga meneruskan konsistensinya sepanjang musim Serie B, ketika Idzes juga menjadi andalan lini belakang Venezia. 

Baca juga: Sah Jadi WNI, Intip Profil Jay Idzes yang Siap Memperkuat Timnas Indonesia

Debut Jay Idzes berjalan dengan baik di Serie A. Pemain 24 tahun tersebut membantu lini belakang Venezia menahan gempuran Fiorentina yang menyerang lewat Moise Kean, Christian Kouame, dan Dodo.

Menurut catatan statistik Sofascore, Idzes tampil cukup dominan. Akurasi operannya mencapai 96 persen dari 52 percobaan yang dilakukannya sepanjang pertandingan. Dia juga mengamankan lini belakang Venezia dengan konsisten.

Idzes berhasil memenangi satu duel di bawah dan udara dari masing-masing empat percobaan. Bek tengah tersebut juga tiga kali melakukan clearances, satu kali intercept, dan sekali tekel. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Jay Idzes (@jayidzes)


Tak hanya soal bertahan, Idzes sebenarnya punya peluang besar untuk mencetak gol. Pada menit ke-18, dia mendapatkan peluang apik di dalam kotak penalti. Dia baru saja mendapatkan umpan brilian dari Alfred Duncan lewat skema sepak pojok.

Operan yang presisi tersebut kemudian diselesaikan oleh Idzes dengan melakukan tendangan first time. Sayangnya, bola tendangannya masih melambung di atas mistar gawang. 

Pola permainannya tampak cukup prima karena Venezia menerapkan formasi tiga bek. Performa Idzes dipadukan dengan kekuatan Marin Sverko dan Giorgio Altare.

Hasilnya, skema ini cukup berhasil karena Venezia akhirnya bisa menahan imbang Fiorentina dengan skor 0-0. Hasil tersebut juga membuat Venezia mendapat tambahan 1 poin pertamanya di Serie A, setelah pada pertandingan pertamanya harus kalah melawan Lazio dengan skor 3-1. 

Saat ini, Venezia masih bertengger di posisi 17 klasemen. Peringkat Venezia hanya lebih baik dari tim Bologna yang meraih 1 poin serta Como dan Lecce yang belum pernah meraih poin satu pun.

Kendati demikian, liga barulah dimulai. Berbagai kemungkinan masih bisa terjadi hingga satu tahun ke depan. Pada pertandingan berikutnya, Venezia akan melawan Torino pada Jumat (30/8/2024).

Setelahnya, Idzes kemungkinan akan langsung bergabung dengan timnas Indonesia dalam babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Indonesia akan melakoni laga perdana di putaran ketiga melawan Arab Saudi di Jeddah pada Jumat (6/9/2024). 

Baca juga: Tiket Pertandingan Indonesia vs Arab Saudi di Jeddah Sudah Dibuka, Cek Harganya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Daftar Game Rilis September 2024, Ada Harry Potter: Quidditch Champions

BERIKUTNYA

5 Pemain yang Tidak Masuk Daftar Skuad Timnas Indonesia Jelang Laga Melawan Arab Saudi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: