Jay Idzes baru saja melakukan pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Kamis (28/12/2023), sekitar pukul 08.00 WIB. (Sumber gambar : PSSI)

Sah Jadi WNI, Intip Profil Jay Idzes yang Siap Memperkuat Timnas Indonesia

28 December 2023   |   15:40 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Pesepakbola Jay Idzes resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah menyelesaikan proses naturalisasi. Pria berusia 23 tahun itu melakukan pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis (28/12/2023), sekitar pukul 08.00 WIB.

Idzes tampak antusias menyandang status barunya. Dia juga tampil menawan dengan setelan jas hitam dilengkapi kopiah hitam dan sneakers putih. 

“Perasaan saya senang, tentu saja. Akhirnya saya bisa menyelesaikan prosesnya dengan baik dan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Ini adalah hari yang luar biasa dan saya dalam kondisi baik,” ujarnya usai mengambil sum[ah sebagai WNI. 

Jay berjanji berkontribusi untuk Indonesia terutama dalam mengharumkan nama negara pada ranah sepakbola. ”Saya siap memberikan segalanya untuk negara ini. Saya sudah tidak sabar ingin bergabung dengan tim dan bermain untuk Indonesia,” kata Idzes.

Setelah menjalani pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kanwil Kemenkumham, Jay Idzes langsung menuju kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta kantor Imigrasi untuk mengurus KTP dan paspor.

Sebelum Idzes, PSSI telah merampungkan naturalisasi empat pemain keturunan Eropa lainnya, yakni Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick dan yang terakhir adalah Justin Hubner. Mereka semua yang menjadi WNI kini tengah berlaga bersama tim nasional Indonesia yang sedang melakukan TC di Turki.

Proses naturalisasi Idzes disetujui Komisi III dan X DPR pada awal Desember 2023 dan diparpurnakan esok harinya. Adapun Idzes mengajukan permohonan sebagai WNI bersamaan dengan Nathan Tjoe-A-On. Hanya saja, pemain Swansea City itu berhalangan hadir karena masih ada urusan dengan klubnya.

PROFIL IDZES

Memiliki nama lengkap Jay Noah Idzes, dia lahir di Mierio, Belanda pada 2 Juni 2000. Kendati demikian, pria yang memiliki tinggi 191 cm itu memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya. 
 
Mengutip Transfermarkt, Idzes memulai kariernya sebagai pemain sepakbola cilik dengan bergabung di SC Brabant, klub amatir di Mierlo. Bermain selama 1,5 tahun di sana, dia berhasil menarik perhatian talent scouting PSV Eindhoven dan berlatih di akademi tersebut selama lima tahun. 

Pada 2014, Idzes bergabung dengan dengan akademi VVV Venlo dan Helmodsports. Dua tahun berlatih bersama klub tersebut, dia ditarik untuk memperkuat FC Eindhoven junior pada 2016.

Dia debut sebagai pemain profesional dengan memperkuat FC Eindhoven U19 dalam laga Eerste Divisie pada Agustus 2018. Dia memperkuat tim tersebut hingga Juli 2020.  

Karirnya sepakbola Idzes terus berkembang. Dia diminta untuk memperkuat klub Go Ahead Eagles dan tampil dalam 93 kali pertandingan. Bersama klub tersebut, dia mampu menyumbangkan tiga gol dan lima assist.

Pada Juli 2023, bek tengah itu menjalani bursa transfer ke klub Serie B, Venezia dan dikontrak untuk memperkuat tim tersebut hingga Juni 2027. Selama musim ini, Idzes berlaga sembilan kali di Serie B dan sekali di Coppa Italia. Kendati demikian, kehadirannya kini dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia. 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Hotel NEO Bawa Konsep Baru yang Lebih Dekat dengan Milenial Modern

BERIKUTNYA

Rekomendasi Kedai Kopi yang Suguhkan Pemandangan Indah di Sekitar Wisata Joglosemar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: