Jay Idzes (Sumber foto: https://www.veneziafc.it/)

Jay Idzes Tambah Daftar Pemain Kelahiran Belanda Bela Timnas Indonesia

06 September 2023   |   16:42 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Like
Pemain naturalisasi tim nasional Indonesia kelahiran Belanda kemungkinan besar bertambah lagi, setelah Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengumumkan pemain berposisi bek tengah Jay Idzes akan memperkuat tim Garuda. 

Pemain yang sekarang memperkuat klub Liga Italia Serie B Venezia itu nantinya akan memperkuat tim senior.  Pria kelahiran Mierlo, Belanda, 2 Juni 2000 itu memiliki kakek dan nenek yang berasal dari Tanah Air. Orang tuanya kemudian menetap di Belanda.

Baca juga: Profil Jay Idzes, Pesepakbola Liga Italia yang Bakal Dinaturalisasi Perkuat Timnas Indonesia

Karier Idzes di dunia si kulit bundar dimulai sejak usia 7 tahun, ketika dia bergabung ke klub amatir SC Brabat di Mierlo. Selama 1,5 tahun bermain di sana, Idzes kemudian dilirik oleh pencari bakat dari PSV Eindhoven pada usia 9 tahun. 

Setelah itu, dia pun berlatih di akademi PSV selama 5 tahun, selanjutnya bergabung dengan Akademi VVV-Venlo & Helmodsports pada 2014. Kariernya kemudian berlabuh ke klub Eerste Divisie FC Eindhoven. Di sana dia bermain di tim akademi junior. 

Usai 2 tahun menggali ilmu di tim muda, Idzes akhirnya ditarik untuk bermain di tim utama FC Eindhoven. Selama di klub itu, Idzes membukukan 57 penampilan. 

Tidak berhenti di situ, Idzes pindah ke klub Go Ahead Eagles sampai awal musim 2023. Lalu setelah itu, dia dipinang klub asal italia Venezia dengan hingga 2027, dengan status bebas transfer. 

Soal performa Idzes di klub barunya itu, menurut data dari Transfer Market, per Rabu (6/9/2023), Idzes mencatatkan empat kali penampilan di Serie B, dan satu kali penampilan di Coppa Italia, dengan satu kartu kuning. Hal ini dapat dimaklumi, karena dia baru bergabung dengan Venezia pada 1 Juli lalu. 

Namun, pada musim lalu, bersama Go Ahead Eagles, Idzes menorehkan penampilan cemerlang. Sepanjang musim 2022/2023, dia membukukan 35 penampilan dan dua gol di seluruh kompetisi. Sepanjang musim tersebut, Idzes telah bermain selama 3.125 menit. 

"Hari ini saya mengumumkan bahwa pemain asal klub Venezia Jay Idzes akan kita proses untuk memperkuat Merah Putih di ajang internasional untuk Garuda Mendunia,” kata Erick dikutip dari pssi.org, Rabu (6/9/2023). 

Bagi Eric, Idzes pemain berkualitas. Hal itu terbukti dari sumbangsihnya pada musim lalu, di mana dia mampu membawa klub sebelumnya Go Ahead Eagles mengakhiri Liga Utama Belanda Eredivisie di posisi 11. 

Indonesia sebetulnya harus bersaing dengan Belanda untuk mendapatkan tanda tangan pemain berusia 23 tahun ini. Namun, Idzes memutuskan untuk bermain bersama timnas Indonesia, karena peluangnya untuk bermain di level negara, lebih besar dibandingkan Belanda. 

"Idzes masih berusia 23 tahun. Kariernya sedang menuju puncak. Jadi pemain ini adalah pemain yang sangat potensial dan akan Insya Allah akan menambah kekuatan timnas kita," ujarnya. 


Pemain Timnas Kelahiran Belanda

Kehadiran Idzes di timnas ini kian menambah panjang daftar pemain kelahiran Belanda yang memperkuat Tim Garuda. Dua pemain terakhir yang masuk radar naturalisasi adalah Ivar Jenner dan Rafael Struick. 

Keduanya resmi mengambil sumpah menjadi WNI di Jakarta pada Mei lalu. Jenner dan Struick yang merumput di Belanda itu menjalani debut bersama timnas senior kala bersua Palestina pada Juni lalu. Selepas itu, mereka mendapatkan kesempatan berharga saat timnas kontra Argentina.

Berikut daftar pemain timnas Indonesia (aktif dan pensiun) kelahiran Belanda:
  1. Ivar Jenner (Utrech, Belanda)
  2. Rafael Struick (Leidschendam, Belanda)
  3. Mark Anthony Klok (Amsterdam, Belanda)
  4. Ezra Walian (Amsterdam, Belanda)
  5. Stefano Lilipaly (Arnhem, Belanda)
  6. Sergio van Dijk (Assen, Belanda)
  7. Raphael Maitimo (Rotterdam, Belanda)
  8. Jhonny van Beukering (Velp, Belanda)
  9. Tonnie Cusell (Amsterdam, Belanda)
  10. Ruben Wuarbanaran (Wijhe, Belanda)
  11. Diego Michiels (Deventer, Belanda)
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Dear Jinri, Film Dokumenter Mendiang Sulli Bakal World Premiere di BIFF 2023

BERIKUTNYA

Insipiratif, Ibu Rumah Tangga Ini Sukses Kembangkan Bisnis Es Puter

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: