Jay Idzes, Bek Klub Liga Italia Venezia (Sumber gambar: instagram.com/jayidzes)

Profil Jay Idzes, Pesepakbola Liga Italia yang Bakal Dinaturalisasi Perkuat Timnas Indonesia

06 September 2023   |   15:36 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Pesepakbola yang saat ini merumput di Liga Italia, Jay Idzes dikabarkan akan memperkuat Tim Nasional Indonesia untuk level senior. Kabar naturalisasi pemain yang membela klub Venezia dan berposisi sebagai pemain belakang alias bek tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

“Hari ini saya mengumumkan bahwa pemain asal klub Venezia, Jay Idzes akan kami proses untuk memperkuat Merah Putih di ajang internasional,” jelas Erick dalam laman resmi PSSI, dikutip Hypeabis.id Rabu (6/9).

Baca juga:  Mengenal Pitch Invasion, Aksi Nekat Suporter Terobos Lapangan Sepak Bola Demi Idola

Jay Idzes adalah pemain dengan tinggi 190 cm dan baru berusia 23 tahun. Saat ini bek jangkung tersebut sedang memperkuat klub Venezia yang sedang berlaga di Seie B Liga Italia.

Meski usianya masih tergolong muda, dia telah menjajal beberapa kompetisi elite di Eropa. Sebelum ke Liga Italia, Jay terlebih dahulu berada di Liga Utama Belanda, Eredivisie.  Dia kala itu memperkuat tim Go Ahead Eagles dan berhasil membawa tim tersebut finish di posisi 11 pada liga tersebut.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Jay Idzes (@jayidzes)


Jay diketahui memiliki darah keturunan Indonesia dari kakek dan neneknya. Sebelum dikenal sebagai bek yang tangguh, pria kelahiran 2 Juni 2000 itu telah berlatih sepak bola sejak usianya masih sangat belia. Jay memang dikenal telah mencintai sepak bola sejak usia anak-anak. Pria kelahiran Mierlo, Belanda itu mulai menyeriusi dunia sepak bola saat usianya tujuh tahun.

Ketika dia masih anak-anak, Jay telah tergabung ke dalam salah satu klub amatir SC Brabant di Mierlo, Belanda. Dia bermain selama 1,5 tahun di tim tersebut. Saat usianya menginjak 9 tahun, bakat Jay mulai dilirik oleh talent scouting dari PSV Eindhoven. Bak gayung bersambut, Jay pun memutuskan untuk ikut berlatih di klub bergengsi di Belanda tersebut.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Jay Idzes (@jayidzes)


Jay berlatih selama lima tahun di akademi PSV. Setelah itu, dia sempat bergabung akademi VVV-Venlo dan Helmodsports pada 2014. Namun, dia hanya bertahan dua tahun saja sebelum akhirnya bergabung dengan klub Eredivisie lain.

Rupanya, Jay dipinang FC Eindhoven dan ditempatkan di tim akademi junior. Setelah dua tahun menimba ilmu di tim junior, Jay kemudian mulai mendapat kepercayaan untuk promosi di tim utama FC Eindhoven. Dia mencatatkan 57 penampilan yang apik di klub tersebut. Setelah itu, dia kembali berpindah ke tim Go Ahead Eagles hingga awal musim 2023.

Jay kemudian berpindah lagi ke Liga Italia dan bergabung ke Venezia sampai 2027. Dengan umurnya yang masih 23 tahun, dia punya kesempatan besar untuk menatap masa depan sebagai pesepak bola sukses di Eropa jika permainannya terus konsisten dan meningkat.

Saat ini, Jay masih berkewarganegaraan Belanda. Dia juga sempat dibidik tim Oranje tersebut. Akan tetapi kini lebih condong untuk membela Timnas Indonesia. 

Baca juga: 4 Fakta Pernikahan Pesepak Bola Timnas Pratama Arhan & Selebgram Azizah Salsha

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Rekomendasi 5 Buku Fiksi & Non Fiksi, Ada Kumpulan Esai hingga Kisah Petualangan

BERIKUTNYA

Dear Jinri, Film Dokumenter Mendiang Sulli Bakal World Premiere di BIFF 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: