Pemain Timnas Thom Haye dan Jay Idzes (Sumber: PSSI)

5 Pemain Timnas Sepak Bola Indonesia Termahal 2024

27 April 2024   |   09:31 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Pemain Timnas sepak bola tanah air dipilih melalui beberapa tahapan oleh pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. Mengawasi potensi dan performa mereka dari laga-laga sebelumnya, untuk menentukan apakah mereka layak  mewakili Indonesia di kancah internasional.

Salah satu tolak ukur untuk melihat performa seorang pemain sepak bola  profesional, adalah market value. Menurut Transfermarkt, market value adalah perkiraan harga yang suatu tim dapat ketika menjual kontrak pemainnya ke tim lain berdasarkan berbagai faktor.

Baca juga: 7 Drama Menegangkan Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia U-23

Prospek masa depan, usia, reputasi/prestise, tingkat pengalaman, dan performa di klub serta tim nasional adalah beberapa faktor penting yang dapat menentukan estimasi market value seorang pemain.

Lantas, seberapa besar market value dari pemain-pemain tanah air? Simak 5 pemain Timnas sepak bola Indonesia termahal  di tahun 2024 berdasarkan data dari Transfermarkt!
 

1. Thom Haye

Thom Jan Marinus Haye adalah pemain naturalisasi asal Belanda dengan keturunan Indonesia. Selain bermain untuk Timnas Indonesia, gelandangan dengan nomor punggung 33 ini juga bermain untuk klub asal Belanda, SC Heerenveen dalam kejuaraan Eredivisie.

Thom juga pernah bermain untuk Timnas Belanda dari 2009 hingga 2015. Terkenal dengan keterampilannya untuk bertahan dan menyerang sebagai gelandang, akurasi passing, serta visi permainannya.

Dengan pengalaman yang ekstensif dan berbagai keahlianya, market value Thom Haye adalah 3 juta euro atau sekitar Rp52 Miliar per 26 April 2024. Membuatnya sebagai pemain sepak bola termahal di Asia Tenggara.
 

2. Jay Idzes

Selain Thom, Jay Idzes adalah pemain naturalisasi asal Belanda yang baru bergabung ke Timnas Indonesia. Saat ini dia bermain untuk klub sepak bola Venezia FC, di kejuaraan Serie B di Italia.

Selain bermain sebagai bek tengah, pemain dengan nomor punggung 4 ini juga bisa bermain sebagai gelandang bertahan dan tengah. Dengan tinggi 190 cm, Jay mungkin terlihat cukup mengintimidasi untuk dilewati oleh striker lawan.

Adapun, Jay dan beberapa pemain di daftar ini sempat bermain untuk laga kualifikasi zona Asia untuk Piala Dunia FIFA 2026 melawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024. Dengan semua faktor ini, market value Jay Idzes diperkirakan berada pada angka sekitar Rp24,2 Miliar. 


3. Ragnar Oratmangoen

Ragnar Oratmangoen adalah pemain naturalisasi Belanda yang  sempat menjalani prosesi pengambilan sumpah bersama Thom Haye. Meski belum memiliki pengalaman bermain untuk tim nasional manapun, Ragnar  sudah menunjukan penampilan yang menjanjikan bersama timnya, Fortuna Sittard.

Sama seperti Jay Idzes, Ragnar juga memiliki kemampuan yang sangat beragam. Sebagian besar bermain sebagai pemain sayap kiri, namun juga bisa bermain sebagai gelandang serang dan pemain sayap kanan.Ragnar Oratmangoen diperkirakan memiliki market value sebesar Rp7,8 Miliar. 
 

4. Rizky Ridho

Rizky Ridho Ramadhani dikenal sebagai kapten dari Timnas Indonesia yang sedang berjuang untuk di kejuaraan AFC U-23 Asian Cup. Pemain kelahiran Surabaya ini juga bermain sebagai bek tengah untuk Persija.

Melalui kepemimpinan, kualitas permainan, dan popularitas, Rizky Ridho memiliki estimasi market value sebesar Rp6,9 Miliar.
 

5. Nathan Tjoe-A-On

Pemain terakhir di daftar ini adalah Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On, pemain bek kiri asal Rotterdam. Sama seperti Thom Haye, Nathan kini bermain untuk tim SC Heerenveen.

Sebelumnya, Nathan juga sempat dipercayai untuk bermain bersama tim sepak bola asal Welsh, Swansea City A.F.C. Sebagai talenta muda yang memiliki banyak potensi, market value Nathan Tjoe-A-On diperkirakan berkisar Rp6 Miliar.

Baca juga: 4 Jersey Bola Termahal Sepanjang Sejarah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Syakeph Perkenalkan Tren Busana Kantor Perempuan yang Trendy dan Stylish

BERIKUTNYA

Jalan-jalan ke Singapura Jadi Seru dengan Platform Travel AI Berbahasa Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: