Timnas Indonesia (Sumber foto: Instagram/@pratamaarhan8)

5 Pemain yang Tidak Masuk Daftar Skuad Timnas Indonesia Jelang Laga Melawan Arab Saudi

26 August 2024   |   12:12 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Dalam persiapan menghadapi laga pembuka kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Timnas Indonesia akan menghadapi tantangan berat melawan Arab Saudi. Pertandingan ini akan digelar di Stadion King Abdullah Sport City, Jeddah, pada 5 September 2024.

Menyikapi pertandingan krusial ini, pelatih Shin Tae-yong telah melakukan sejumlah perubahan signifikan dalam komposisi pemain, termasuk mencoret nama-nama pemain dari daftar skuad yang akan bertanding. 

Baca juga: Tiket Pertandingan Indonesia vs Arab Saudi di Jeddah Sudah Dibuka, Cek Harganya

Dirangkum Hypabis.id dari berbagai sumber, nama pertama yang harus tidak masuk daftar skuad adalah Justin Hubner. Hubner, bek andalan Tim U-21 Wolverhampton, dipastikan tidak bisa tampil saat Indonesia melawan Arab Saudi dalam laga pembuka kualifikasi Piala Dunia 2026.

Absennya Hubner disebabkan oleh akumulasi kartu yang dia terima pada pertandingan sebelumnya. Kartu kuning yang didapat saat melawan Vietnam dan Filipina membuatnya harus absen satu laga, sesuai dengan peraturan FIFA.

Selanjutnya, Elkan Baggott juga tidak masuk dalam daftar pemain yang dipanggil Shin Tae-yong. Keputusan ini bukan tanpa alasan, mengingat Baggott sebelumnya tidak memenuhi panggilan Timnas saat laga melawan Guinea U-23 di Playoff Olimpiade Paris 2024.

Pelatih asal Korea Selatan itu tampak cukup kecewa dengan ketidakhadiran Baggott, sehingga tidak mempertimbangkan pemain berusia 21 tahun ini untuk laga melawan Arab Saudi. Hal ini semakin diperparah dengan absennya dua bek andalan lainnya, Jordi Amat dan Justin Hubner, sehingga lini pertahanan Timnas Indonesia harus dirombak total.

Berikutnya adalah Jordi Amat, salah satu pemain senior dalam skuad Garuda, juga harus absen dalam laga melawan Arab Saudi dan Australia. Bek berusia 32 tahun ini tengah mengalami cedera serius, yang memaksanya untuk beristirahat selama empat pekan ke depan.

Absennya Jordi tentu menjadi kerugian besar bagi Timnas, mengingat pengalamannya yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi lawan sekelas Arab Saudi.

Nasib serupa juga dialami oleh Malik Risaldi. Winger Persebaya ini harus menepi dari lapangan karena cedera. Cedera tersebut tidak hanya membuatnya absen dalam dua pekan awal Liga 1 2024-2025, tetapi juga dalam laga penting melawan Arab Saudi.

Kehilangan Malik membuat kekuatan serangan Indonesia sedikit berkurang, mengingat kontribusinya yang signifikan dalam beberapa pertandingan terakhir. Sementara itu, kiper Maarten Paes juga dipastikan tidak akan tampil melawan Arab Saudi.

Kiper berusia 25 tahun ini tidak bisa diikutsertakan karena saat pendaftaran pemain ditutup pada 5 Agustus 2024, dia belum memenuhi syarat untuk memperkuat Timnas Indonesia. Hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Shin Tae-yong, mengingat peran kiper sangat krusial dalam laga internasional.

Baca juga: Hasil Laga Uji Coba Indonesia vs India, Kemenangan Berharga Sebelum Kualifikasi Piala Asia U-17

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Debut Istimewa Jay Idzes, Jadi Pemain Pertama Indonesia yang Berlaga di Serie A Italia

BERIKUTNYA

Definitely Maybe, Album Debut Legendaris Oasis yang Mengubah Sejarah Musik Britpop

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: