Jay Idzes (Sumber gambar: Instagram/jayidzes)

Jay Idzes Berpeluang Jadi Pemain Indonesia Pertama di Serie A Liga Italia

04 June 2024   |   11:16 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Jay Idzes berhasil mengantar klub Venezia merebut tiket promosi ke Serie A musim 2024/2025, setelah mengalahkan Cremonese pada babak playoff. Jay kini berpeluang menjadi pemain Indonesia pertama yang berlaga di kasta tertinggi Italia tersebut. 

Venezia menang dengan skor tipis 1-0 atas Cremonese di leg kedua playoff Serie B di Stadion Pier Luigi Penzo, Senin (3/6/2024) dini hari WIB. Gol tunggal tersebut dicetak oleh Christian Lund Gytkjaer pada menit ke-24.

Kemenangan ini sudah cukup meloloskan Venezia ke Serie A. Tim berjuluk I Lagunari itu maju dengan agregat 1-0, usai pada leg pertama kedua tim bermain imbang 0-0.  

Baca juga: Sah Jadi WNI, Intip Profil Jay Idzes yang Siap Memperkuat Timnas Indonesia

Suksesnya Venezia membuat dunia sepak bola Indonesia juga berbangga hti. Sebab, hanya tinggal menunggu waktu saja, untuk kali pertama, bakal ada pemain Indonesia yang merumput di Serie A. 

Jay, yang adalah pemain ketujuh yang dinaturalisasi Timnas Indonesia era Shin Tae-yong, adalah bek andalan Venezia. Dia kerap kali dimainkan di hampir seluruh laga dan tampil apik selama berada di Serie B.

Total, Jay telah bermain 29 kali, termasuk di babak playoff. Sepanjang musim, pemain yang baru didatangkan dari klub Belanda, Go Ahead Eagles, tersebut hanya absen karena cedera. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Jay Idzes (@jayidzes)


Kemampuan Idzes dalam bertahan serta menyerangnya sama baiknya. Selain piawai dalam mengawal lini belakang, musim ini dia mencetak tiga gol. Statistik ini membuktikan bahwa Jay memang telah jadi pemain penting di lini belakang Venezia dalam mengarungi Serie B. 

Menilik kontrak sang pemain, Jay masih akan bertahan di Venezia hingga 2027. Sebab, pemain berusia 23 tahun itu baru bergabung pada 2023 dan terikat kontrak selama 4 musim untuk Venezia.

Jadi, kesempatan Jay bermain di Serie A bersama Venezia terbuka lebar. Terlebih, performa Jay di klub ini juga tampak terus meningkat. Pada babak playoff terakhir misalnya, dia bermain penuh 90 menit di atas lapangan.

Kendati masih memiliki kontrak yang panjang, belum ada jaminan pasti bagi Jay untuk tetap bermain di Serie A. Sebab, dipercaya tampil di Serie B belum tentu juga akan mendapat tempat utama di Serie A nanti. 

Tim-tim yang promosi umumnya akan mengevaluasi kebutuhan skuadnya. Dengan demikian, jika hasil evaluasi Venezia menganggap Jay cocok untuk Serie A, dia berpeluang bermain di liga tertinggi Italia tersebut, begitu pula sebaliknya.

Terlebih, Jay sekarang berpaspor Indonesia, yang mana membuatnya masuk masuk dalam daftar pemain non Uni Eropa yang hanya boleh dimiliki oleh klub secara terbatas. Ini tentu membuat persaingan menjadi lebih ketat. 

Baca juga: Resmi! Vincent Kompany Menjadi Pelatih Kepala FC Bayern Munchen

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Bring Me the Horizon sampai BABYMETAL Bakal Tampil di NEX Fest Indonesia 25 Agustus 2024

BERIKUTNYA

Jadwal Indonesia Open 2024, 10 Wakil Garuda Bertanding Hari Pertama

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: