Skuad Timnas Indonesia Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia (Sumber foto: Instagram/jayidzes)

Catatan Pertandingan Timnas Indonesia Tak Pernah Menang Kontra Arab Saudi

04 September 2024   |   14:18 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Timnas Indonesia akan menjalani pertandingan pertama Grup C pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Skuad Garuda yang ditangani oleh Shin Tae-yong ini akan menjamu Timnas Arab Saudi yang dijadwalkan pada Jumat (6/9/2024) pada pukul 01.00 WIB.

Berdasarkan catatan pertemuannya, Timnas Indonesia memiliki rekor yang buruk menghadapi Timnas Arab Saudi, mulai dari 1981 pada Kualifikasi Olimpiade 1983 zona Asia hingga beberapa laga pertemuan terakhirnya.

Baca juga: Fakta Menarik Stadion King Abdullah Sports City, Venue Timnas Indonesia vs Arab Saudi

Secara keseluruhan, Timnas Indonesia telah 14 kali bertemu Arab Saudi di berbagai ajang kompetisi bergengsi dunia. Total, Indonesia menelan kekalahan sebanyak 11 kali, dan tiga laga terakhir lainnya hanya berakhir imbang.

Catatan itu patut menjadi kewaspadaan oleh Asnawi dan kawan-kawan, karena laga kali ini tidak akan mudah dan akan menjadi ujian berat bagi Timnas Indonesia dalam menjaga asa untuk tampil di Piala Dunia 2026 di Amerika, Kanada dan Meksiko nanti.

Pertemuan pertama Timnas Indonesia melawan Timnas Arab Saudi terjadi pada 1981 dalam Kualifikasi Olimpiade 1983 zona Asia. Timnas Indonesia harus menerima kekalahan 0-1 terhadap Timnas Arab Saudi, sehingga tim Garuda tidak bisa melanjutkan berkompetisi di pesta atletik dunia tersebut.

Rekor buruk dialami dalam Kualifikasi Piala Asia 2004 tepatnya (17/10/2003), Indonesia harus kalah telak dengan skor 6-0, dan setahun sebelumnya pada (10/10/2003) dalam laga yang sama yaitu, Kualifikasi Piala Asia 2004, Indonesia juga kalah telak 0-5 atas Arab Saudi.

Adapun pertemuan Timnas Indonesia dengan Timnas Arab Saudi terakhir kali terjadi pada Kualifikasi Piala Asia 2015 tepatnya (5/3/2014), Timnas Indonesia yang diisi oleh Boaz Solossa dan Greg Nwokolo dkk. harus menerima kekalahan 1-0 pada laga tersebut.

Dari keseluruhan Timnas Indonesia selama 14 pertemuan melawan Timnas Arab Saudi, Tim Garuda mengalami kebobolan hampir sebanyak 37 gol. Angka itu sangat jauh dari produktivitas timnas Merah Putih yang hanya melesakkan 6 gol ke gawang Timnas Arab Saudi.

Namun di balik semua rekor buruk Indonesia melawan Arab Saudi, masih ada harapan yang cukup besar bagi para pendukung Timnas Garuda pada kesempatan kali ini. Di bawah asuhan pelatih asal Korea Shin Tae-yong, Timnas Indonesia telah membawa banyak perubahan positif, yang menjadi optimisme tersendiri untuk membuat kejutan yang akan mengubah sejarah buruk pertemuan tersebut.

Melansir dari situs resmi PSSI, Shin Tae-yong akan memfokuskan penguatan performa Timnas Indonesia, di mana pada Senin (2/9/2024) telah melakukan sesi latihan di Stadion King Abdullah Sports City. Walaupun saat latihan diguyur hujan deras, hal ini tidak menjadikan para pemain menyerah atau kehilangan semangat.

"Kondisi para pemain baik-baik saja, tetapi memang sudah 2 hari latihan, dan hari kedua ini hujan deras. Ini hal unik di Arab. Paling penting performa pemain, apakah meningkat atau tidak. Itu yang jadi perhatian utama saya saat ini," ucap pelatih Shin Tae-yong.

Baca juga: Daftar Pemain Timnas Indonesia yang Dibawa Shin Tae-yong Menghadapi Arab Saudi

Keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia dan Piala Asia 2026 merupakan bukti nyata dari kemajuan yang telah diraih. Dengan kombinasi pemain muda yang berbakat dan beberapa pemain berpengalaman yang memperkuat skuad Garuda, Timnas Indonesia kini lebih siap berkompetisi dan memberikan perlawanan yang sengit.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Fakta Menarik Stadion King Abdullah Sports City, Venue Timnas Indonesia vs Arab Saudi

BERIKUTNYA

5 Rekomendasi Hotel untuk Menonton Konser Bruno Mars di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: