Menparekraf saat mencoba salah satu gim baru dari Xbox (Sumber gambar: Siaran pers Kemenparekraf)

Pemerintah Gandeng Xbox, Tingkatkan Gim Lokal ke Level Internasional

25 August 2024   |   10:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak Xbox, anak perusahaan Microsoft yang fokus terhadap video gim, untuk memperkuat kerja sama sebagai langkah memajukan industri gim di dalam negeri. Pemerintah berharap kolaborasi itu bisa menghasilkan lebih banyak pelatihan vital. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan bahwa popularitas Xbox akan menjadi peluang baik bagi Indonesia karena dapat mempromosikan industri gim di dalam negeri.

“Tidak hanya untuk promosi, tapi juga berkolaborasi agar dapat semakin meningkatkan gim Indonesia ke level internasional,” ujarnya dalam siaran pers, dikutip Hypeabis.id. 

Baca juga: Controller Xbox Resmi Masuk Indonesia, Cek Harga & Tempat Belinya 

Dia mengungkapkan bahwa Xbox telah menjalankan berbagai program untuk mendukung perkembangan industri gim di Indonesia. Salah satunya adalah Xbox Game Camp yang menghubungkan pengembang gim dalam negeri dengan pakar internasional.

Untuk itu, sebagai salah satu langkah memperkuat kerja sama, Sandiaga berharap Xbox Game Camp dapat terus dilaksanakan oleh manajemen Xbox di Indonesia. "Kami tentu sangat tertarik jika ke depan akan ada lebih banyak pelatihan pengembangan kapasitas yang dapat kami susun sebagai bagian dari peningkatan level dari talenta-talenta di industri kami," ujarnya.

Sandiaga juga mengungkapkan bahwa pemerintah akan memberikan dukungan dan fasilitas yang dibutuhkan oleh manajemen Xbox untuk membawa masuk Development Kit Box ke Tanah Air. Pemerintah dapat membantu mengatasi masalah terkait dengan lisensi, peraturan, sampai perizinan.

Menurutnya, Development Kit Xbox, seperangkat peralatan kerja yang dibutuhkan oleh developer gim agar dapat membuat dan menjual karya mereka di Xbox dapat digunakan dalam pengembangan ekosistem gim lokal Indonesia.

Terkait promosi, Sandiaga juga mengajak Xbox agar bisa berpartisipasi di berbagai acara ekshibisi yang berlangsung di Indonesia, seperti Baparekraf Game Prime yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di Jakarta.

Sementara itu, Florian Liewer, Senior Director International Integrated Gaming Marketing Lead Microsoft Munchen, mengapresiasi kehadiran Sandiaga dan tim, terkait komitmen untuk terus mendukung pengembangan industri gim di Indonesia.

"Indonesia pasar yang sangat penting, kami akan terus mendukung dalam upaya menaikkan level dari pengembang gim lokal di Indonesia," katanya.

Baca juga: Strategi Baru Xbox, Game Eksklusif Multiplatform & Konsol Next-Gen Mutakhir

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

6 Film dan Drama Korea Tayang di Viu September 2024

BERIKUTNYA

Belajar Pengembangan Gim dengan Konten Budaya Lokal ke Polandia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: