Controller Xbox resmi masuk Indonsia (Sumber gambar: Xbox)

Controller Xbox Resmi Masuk Indonesia, Cek Harga & Tempat Belinya 

17 April 2024   |   10:50 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Xbox, layanan permainan gim video (video game) yang dibuat dan dimiliki oleh Microsoft telah beroperasi lebih dari 2 dekade, sejak pertama kali diluncurkan pada November 2001. Kendati begitu, produk dan layanan Xbox baru masuk secara resmi ke pasar Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. 

Sejatinya, Microsoft dan Xbox sudah sekitar satu dekade melakukan operasional resminya di pasar Asia Tenggara. Namun, selama itu pula, perusahaan hanya secara resmi ada di pasar Singapura. Baru pada 2022, melalui Xbox Asia, mereka melebarkan sayap ke negara-negara lain, termasuk Indonesia. 

Baca juga: Strategi Baru Xbox, Game Eksklusif Multiplatform & Konsol Next-Gen Mutakhir

Pada tahun tersebut, perusahaan resmi meluncurkan salah satu layanan andalan Xbox yakni PC Game Pass. Ini merupakan layanan berlangganan yang memungkinkan gamer memainkan gim-gim komputer di perangkat desktop Windows tanpa perlu membeli gim digitalnya. Ada lebih dari 100 judul yang tersedia untuk dimainkan secara ‘gratis’. 

Harga langganan yang ditawarkan pun tergolong ramah kantong, yakni Rp49.999 per bulan. 

Kini, Xbox tampaknya menaruh perhatian lebih terhadap pasar gim di Indonesia. Twitter resmi Xbox Asia mengumumkan bahwa para gamer di dalam negeri sudah bisa mendapatkan pengontrol (controller) Xbox secara resmi dari perusahaan. 
 

Memang controller Xbox sejatinya sudah banyak dijual di toko fisik maupun berbagai platform lokapasar (e-commerce). Akan tetapi, status mereka tidak resmi. Baru sekarang, April 2024, Microsoft mendistribusikan produknya itu untuk para penggemarnya di Indonesia. 

Bersamaan dengan pengumuman tersebut, dicantumkan pula tautan untuk pembelian resminya. Berdasarkan pantauan Hypeabis.id, saat mengeklik link tersebut, Genhype akan diarahkan ke situs resmi Xbox Indonesia. Di sana, kalian bisa melihat spesifikasi dan fitur serta link pembelian controller Xbox secara resmi. 

Nantinya, pengguna akan diarahkan ke laman Tokopedia Microsoft Authorized. Di sinilah akan terlihat daftar controller Xbox yang telah dijual beserta harganya. Ada beberapa varian dan warna yang disediakan. 

Controller Xbox di Indonesia dibanderol dengan harga mulai dari Rp849.000 untuk warna-warna dasar seperti putih dan hitam, serta Rp889.000 untuk pengontrol berwarna (Electric Volt, Pulse Red, dan Shock Blue). 

Xbox Wireless Controller (Sumber gambar: Xbox)

Xbox Wireless Controller (Sumber gambar: Xbox)

Spesifikasi & Fitur Controller Xbox 

Berdasarkan klaim perusahaan, perangkat Xbox Wireless Controller dirancang untuk meningkatkan pengalaman bermain gim dengan desain sampai fitur khusus. Desainnya dibuat secara modern dengan permukaan yang diukir dan geometri yang presisi agar nyaman digunakan sepanjang permainan. 

Pengontrol ini juga punya D-pad hibrida terbaru yang tepat sasaran, dengan permukaan bertekstur pada bagian trigger, bumper, dan permukaan bagian belakangnya. Tepat di sisi tengah bagian depannya, terdapat tombol khusus Share, yang bisa dipakai untuk menangkap dan membagikan konten dengan lebih mudah. 

Soal kompatibilitas, Xbox Wireless Controller menggunakan teknologi nirkabel dan Bluetooth untuk para penggunanya bermain gim lebih leluasa tanpa kabel di perangkat konsol, komputer, tablet, sampai smartphone. Perusahaan juga menyebut controller ini bisa dengan mudah dialihkan dari satu perangkat ke perangkat lain. 

Selain itu, tersedia lubang jack headset stereo 3,5mm untuk perangkat audio tambahan yang bisa lebih meningkatkan keseruan bermain gim-gim favorit. Terakhir, controller ini menggunakan baterai AA yang disebut mampu bertahan hingga 40 jam pemakaian. 

Baca juga: Microsoft Kembangkan Chatbot AI untuk Xbox, Ini Keunggulannya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik CEO Apple Tim Cook yang Inspiratif, Hobi Hiking dan Bersepeda

BERIKUTNYA

Stray Kids Kolaborasi dengan Charlie Puth Lewat Lagu Lose My Breath

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: