Ilustrasi skin tone dan Undertone (Sumber foto: Freepik)

5 Cara Menentukan Skin Tone dan Undertone untuk Menemukan Gaya yang Pas

25 August 2024   |   11:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Skin tone dan undertone bisa memengaruhi cara seseorang memilih produk kosmetik, pakaian, atau warna rambut yang sesuai dengan penampilan mereka. Pada konteks kosmetik, dua istilah ini digunakan untuk memilih foundation, concealer, dan produk lainnya supaya hasilnya terlihat natural saat diaplikasikan ke kulit.

Skin tone mengacu pada warna kulit seseorang, yang bisa bervariasi dari sangat terang hingga sangat gelap. Warna kulit ini ditentukan oleh beberapa faktor, termasuk genetika, jumlah dan jenis melanin dalam kulit, serta paparan sinar matahari.

Macam-macam skin tone, misalnya fair (paling terang), light (hangat dan sedikit lebih gelap dari fair), medium (cokelat dengan rona emas atau zaitun yang hangat), dan dark (paling gelap dari tiga jenis skin tone sebelumnya). 

Baca juga: Genhype Jangan Asal Pilih, Ini Cara Menentukan Warna Blush On Sesuai Skin Tone

Sementara Undertone adalah warna dasar yang ada di bawah permukaan kulit. Terdapat tiga jenis undertone mulai dari cool (kebiruan atau pink), warm (kuning atau emas), dan neutral (gabungan cool dan warm). Undertone tetap sama terlepas dari warna kulit seseorang, apakah lebih cerah atau lebih gelap akibat paparan sinar matahari.

Nah Genhype, mengutip Byrdie, berikut lima cara menentukan skin tone dan undertone supaya tidak bingung saat memilih kosmetik, pakaian, atau warna rambut yang cocok untukmu.
 

1. Lihat pembuluh darah

Periksa tampilan pembuluh darah di pergelangan tangan di bawah cahaya alami. Apabila warnanya tampak biru atau ungu, undertone-mu cenderung cool. Namun, jika warnanya hijau atau biru kehijauan, ini adalah warm undertone.

Jika Genhype tidak tahu warna dari pembuluh darah di pergelangan tangan bagian dalam, mungkin undertone-mu adalah netral. Sementara itu, jika memiliki kulit berwarna kuning langsat, maka termasuk kategori neutral.
 

2. Tes dengan perhiasan

Cobalah kenakan perhiasan emas dan perak. Jika perhiasan emas terlihat lebih cocok denganmu, artinya Genhype memiliki undertone yang cenderung warm. Sebaliknya jika perhiasan perak lebih cocok, undertone-nya cenderung cool. Apabila keduanya terlihat bagus, mungkin kalian pemilik undertone neutral.
 

3. Tes warna kertas

Cara lainnya untuk menentukan skin tone dan undertone kulit adalah dengan cara meletakkan selembar kertas putih di samping wajah di bawah cahaya matahari. Apabila kulit tampak lebih kuning atau keemasan di sebelah kertas, maka Genhype pemilik undertone warm. Jika tampak lebih merah muda atau kebiruan, artinya undertone cool. Sementara itu, jika tampak abu-abu atau olive, mungkin kalian memiliki undertone neutral.
 

4. Reaksi kulit terhadap matahari

Cobalah berkaca di bawah sinar matahari untuk membantu melihat warna makeup dengan lebih jelas. Apabila riasan terlihat abu-abu, ini mungkin menunjukkan bahwa warna makeup tidak cocok dengan skin tone dan undertone.

Cuci wajah sampai bersih, lalu berkaca lagi setelah 15 menit. Cahaya yang terang diperlukan untuk melihat warna kulit alami. Perhatikan area garis rahang, karena bagian ini biasanya tidak terpengaruh oleh perubahan warna.
 

5. Tes warna pakaian

Kenakan pakaian dengan warna-warna tertentu seperti biru, hijau, merah, dan kuning. Apabila Genhype terlihat lebih cocok dalam warna-warna biru atau hijau, artinya undertone-mu cenderung cool. Jika warna merah atau kuning lebih sesuai, undertone cenderung warm. Sementara itu, jika terlihat cocok saat mengenakan semua warna, artinya Genhype memiliki undertone neutral. 

Baca juga: Tip Touch Up & Menentukan Undertone Buat Makeup, Cobain Yuk Genhype

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah  

SEBELUMNYA

Mengenal NoCopyrightSound, Label Rekaman yang Menyediakan Musik Gratis

BERIKUTNYA

6 Film dan Drama Korea Tayang di Viu September 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: