Kulit berjerawat seringkali menjadi masalah bagi sebagian orang (Sumber gambar: Ron Lach/Pexels)

5 Cara Merawat Kulit Berjerawat, Tidak Bisa Sembarangan

24 April 2022   |   21:16 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kulit berjerawat seringkali menjadi permasalahan yang sangat mengganggu bagi sebagian orang. Menurut survei Beauty Trends oleh Jakpat pada 2021, 81 persen masyarakat Indonesia mendambakan kulit wajah yang bebas jerawat. Namun, pada kenyataannya, 46 persen masyarakat Indonesia masih memiliki permasalahan kulit wajah berjerawat.

Medical Innovation Expert BeautyHaul, dr. Claudia Christin mengungkapkan jerawat biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti minyak yang menumpuk pada wajah, pori-pori yang tersumbat, dan produksi minyak berlebih.

Hal ini, lanjutnya, bisa dipicu oleh gaya hidup, pola makan, dan hormon. “Kunci dalam merawat kulit berjerawat adalah dengan memilih dan menggunakan produk yang tepat,” ujar dr. Claudia.

Bagi Genhype yang memiliki kulit berjerawat, berikut adalah cara merawat kulit berjerawat yang direkomendasikan oleh dr. Claudia.

Baca jugaJerawat di Punggung Meresahkan? Ini 5 Cara Efektif Mengatasinya
 

1. Double cleansing

Membersihkan wajah merupakan tahapan utama dalam merawat kulit wajah berjerawat. Dalam membersihkan wajah berjerawat, sangat penting untuk melakukan double-cleansing yang dapat mengangkat minyak dan kotoran dari pori-pori wajah. Hindari memilih micellar water yang memiliki kandungan fragrance atau pewangi, agar aman untuk digunakan sehari-hari.

Lalu, pilihlah sabun cuci muka yang mengandung bahan aktif seperti salicylic acid karena dapat membersihkan wajah secara mendalam sehingga cocok untuk kulit berjerawat.


2. Eksfoliasi secara rutin

Exfoliating toner merupakan produk yang digunakan hanya dua sampai tiga kali dalam satu minggu. Penggunaan produk ini berperan penting dalam merawat kulit berjerawat, karena dapat mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah dan tidak dapat diangkat oleh sabun pencuci muka.

Pastikan juga exfoliating toner yang kamu gunakan mengandung bahan-bahan aktif seperti AHA, BHA, atau PHA yang baik dalam mengeksfoliasi kulit serta merawat kulit berjerawat kamu.

(Baca juga: Cegah Kulit Dehidrasi saat Puasa, Begini Kiat yang Harus Dilakukan)

Anna Nekrashevich

46 persen masyarakat Indonesia masih memiliki permasalahan jerawat (Sumber gambar: Anna Nekrashevich/Pexels)


3. Rawat kulit dengan serum

Pastikan produk serum yang kamu pilih memang dirancang untuk kulit berjerawat. Tidak seperti serum pada umumnya yang memiliki peran utama sebagai skinfood untuk kulit wajah, serum untuk kulit berjerawat mengandung bahan aktif seperti bakuchiol dan niacinamide yang berfungsi mematikan bakteri penyebab jerawat dan kandungan pencegah inflamasi
 

4. Beri hidrasi pada wajah

Melembapkan kulit merupakan tahapan yang penting dalam skin care routine bagi acne prone skin. Hal ini dilakukan untuk menjaga kulit agar selalu terhidrasi. Pilihlah produk pelembap yang cocok untuk kulit berminyak agar mencegah over-moisturizing yang dapat menyebabkan penumpukan minyak dan tidak menyumbat pori-pori.

Kamu juga dapat memilih produk moisturizer yang water-based yang ringan dan tidak menyebabkan iritasi sehingga aman untuk digunakan sehari-hari. Pada tahap ini, kamu dapat menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat dan mencerahkan wajah. 
 

5. Pakai acne spot gel 

Jika jerawat baru akan atau sudah muncul, sebaiknya kamu menggunakan acne spot gel untuk membantu membunuh bakteri aktif dan meredakan peradangan jerawat. Bahan yang perlu kamu perhatikan saat memilih acne spot gel adalah Salicylic Acid, karena dapat melawan bakteri jerawat dan meredakan kemerahan yang diakibatkan oleh jerawat. Cara menggunakan acne spot gel adalah dengan mengoleskan langsung pada jerawat.

Baca jugaSuka Bikin Kesal, Ini Penyebab dan 3 Cara Mengatasi Jerawat di Leher

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Tingkat Okupansi KA Jarak Jauh Capai 90 Persen - 97 Persen Pada Periode Ini, Cari Tanggal Lain Deh

BERIKUTNYA

Siap-siap, Bakal Terjadi Puncak Arus Mudik di Bandara Soekarno Hatta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: