Suasana Beauty Class Bisnis Indonesia x Hanasui (Sumber gambar: Abdurachman/Hypeabis.id)

Tip Touch Up & Menentukan Undertone Buat Makeup, Cobain Yuk Genhype

10 March 2024   |   08:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu permasalahan makeup yang cukup banyak ditemukan pada wanita adalah kesalahan dalam memilih shade dan rona. Pemilihan shade terkait dengan warna cushion atau foundation yang sesuai dengan warna kulit. Dalam dunia makeup, istilah memilih shade ini disesuaikan dengan undertone kulit.

Melansir Siloam Hospitals, undertone kulit diartikan sebagai rona warna halus yang letaknya berada di bawah permukaan kulit. Menentukan shade complexion dalam makeup menjadi penting sebab tiap orang memiliki undertone kulit berbeda, yang dipengaruhi oleh pigmen kulit pada lapisan kulit teratas dan warna alami di bawah permukaan kulit. 

Baca juga: 4 Langkah Skin Prep, Kunci Makeup Flawless dan Tahan Lama

Promotor Hanasui Jabodetabek Siti Muawanah mengatakan bahwa menentukan shade dalam memilih jenis warna cushion atau foundation memang terbilang susah-susah gampang. Biasanya, tiap jenama makeup akan menyediakan beberapa shade cushion atau foundation yang dapat disesuaikan dengan undertone penggunanya.

“Untuk cushion, pilih yang warnanya satu tingkat di atas kulit kita. Kemudian cari makeup yang sesuai dengan tipe kulit kita baik kering, normal, atau berminyak itu beda-beda,” kata Siti.

Memilih rona yang tepat tidak hanya berlaku pada jenis produk complexion seperti cushion dan foundation, tetapi juga jenis makeup pelengkap sepert eyeshadow dan blush on. Secara umum, terdapat jenis warna dengan tone pink dan tone coral-peach yang sering digunakan oleh perempuan Indonesia. 

Menurut Siti, karena kulit perempuan Indonesia didominasi warna kuning langsat dan sawo matang, maka disarankan untuk menggunakan rona-rona dengan sentuhan coral-peach. “Kulit seperti kita lebih masuk ke coral-peach, supaya terlihat lebih hidup. Untuk undertone warm, aku menganjurkan lebih masuk ke peach ya,” ujarnya. 

Menggunakan blush on juga cukup tricky bagi sebagian perempuan. Terkadang, pemakaian blush on yang salah justru membuat kesan berlebihan hingga wajah yang terlihat lebih tua. Siti mengatakan, penggunaan blush on yang benar tidak hanya ditentukan dari pemilihan warna, tetapi juga teknik pengaplikasian yang benar.

“Caranya senyum dulu, kemudian di cheek kita sapu dari belakang. Blush on juga sebaiknya di-tap tap dulu ya jangan langsung disapukan,” katanya.
 

Suasana Beauty Class Bisnis Indonesia x Hanasui (Sumber gambar: Abdurachman/Hypeabis.id)

Suasana Beauty Class Bisnis Indonesia x Hanasui (Sumber gambar: Abdurachman/Hypeabis.id)

Bagaimana Cara Touch Up Makeup yang Benar?

Makeup cepat luntur cukup menjadi kendala bagi para wanita. Untuk menyiasatinya, teknik touch up atau pengaplikasian ulang perlu dilakukan. Namun, touch up makeup tidak bisa diterapkan sembarangan. Siti menjelaskan, touch up makeup harus dimulai dengan memastikan area wajah kering sebelum produk kembali diaplikasikan.

"Jadi kalau berkeringat, kita tap tap dulu dengan tisu kering. Tujuannya agar keringat dan minyak menyerap dulu ke tisu,” imbuhnya. Setelah wajah dipastikan kering, Genhype bisa mengaplikasian ulang bedak atau produk makeup lainnya menggunakan brush atau puff. 

Baca juga: Light Makeup Bakal Jadi Tren Riasan Ramadan 2024, Begini Cara Aplikasinya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Akira Toriyama & Dedikasinya Dalam Mencipta Manga

BERIKUTNYA

Cek 5 Situs Warisan Dunia di Arab Saudi Untuk Wisata Religi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: