NCS membebaskan karya yang dirilis digunakan secara gratis (Sumber gambar/ilustrasi: Pexels/ Pixabay)

Mengenal NoCopyrightSound, Label Rekaman yang Menyediakan Musik Gratis

25 August 2024   |   12:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Hak cipta (copyright) menjadi bagian penting bagi para pencipta di seluruh dunia, termasuk musisi. Namun, hal itu tak berlaku bagi orang-orang di belakang NoCopyrightSound (NCS). Mereka menyediakan karya yang dapat digunakan oleh orang lain tanpa harus pusing dengan urusan hak cipta.

Dikutip dari laman resminya, NoCopyrightSound adalah label rekaman dan komunitas musik berbasis di Inggris yang mengkhususkan diri dalam musik elektronik. Karya-karya yang ada didedikasikan oleh para pencipta untuk artis atau kreator generasi pada masa yang akan datang secara gratis. 

Label rekaman atau komunitas NCS dimulai sebagai saluran platform video streaming YouTube. Pada saat itu, para pendiri NCS merasa frustrasi karena tidak dapat menemukan musik berkualitas tinggi yang gratis digunakan di platform tersebut.Semua musik dengan kualitas yang apik memiliki hak cipta sehingga tidak dapat digunakan secara bebas oleh para pendiri NCS.

“Dengan menampilkan lagu-lagu yang kami sukai, kami berkembang menjadi label musik dengan katalog musik elektronik yang luas yang tersedia bagi para kreator untuk digunakan dalam konten mereka,” demikian pernyataan di situs resmi NCS. 

Baca juga: Twitch Perkenalkan Progam Bagi Hasil Royalti DJ dan Label Musik

Manajemen menuliskan bahwa saluran YouTube NCS menjadi salah satu yang terbesar di dunia pada saat ini. Tidak hanya itu, akun NCS juga menjadi bagian dari komunitas digital yang memungkinkan mereka untuk menampilkan artis-artis baru.

Saat ini, NCS telah berkembang menjadi label rekaman bebas hak cipta terbesar di dunia dengan katalog lebih dari 1.500 lagu. Karya-karya yang ada tersedia dalam berbagai suasana dan genreSelain itu, secara keseluruhan, karya-karya yang ada sudah mendapatkan lebih dari 500 miliar pemutaran di seluruh dunia. 

“Kami telah digambarkan oleh Forbes sebagai label pertama YouTube yang memungkinkan kreator indie untuk menggunakan dan bahkan memonetisasi musiknya secara bebas selama mereka memberikan penghargaan yang sepantasnya kepada pemilik konten,” demikian tertulis.

NCS telah merilis musik yang mewakili berbagai genre, mulai dari House hingga Dubstep melalui trap, drum & bass, electro pop, dan lain sebagainya. Selain itu, musik-musik dari NCS juga telah digunakan oleh berbagai pihak dalam lebih dari 250 juta video.

Para pengguna musik itu di antaranya adalah kreator, streamer, dan merek populer seperti Mr Beast, The Sidemen, dan Chloe Ting, masih banyak lagi. 

NCS mengungkapkan bahwa kesuksesan mereka berasal dari penyediaan musik gratis untuk kreator di platform seperti YouTube dan Twitch. 

“Katalog musik kami sangat diminati karena musik yang kami rilis bukanlah musik stok generik dari komposer yang tidak dikenal, tetapi artis industri yang sebenarnya yang melakukan tur, memiliki basis penggemar global, dan sering kali terkenal,” demikian pernyataan tertulis NCS. .

Baca juga: YouTube Cari Peluang Buat Perjanjian AI dengan Label Rekaman Musik

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

AI Gempur Industri Animasi, Waspada Geser Animator Hingga Kisruh Hak Cipta

BERIKUTNYA

5 Cara Menentukan Skin Tone dan Undertone untuk Menemukan Gaya yang Pas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: