Siaran daring lofi hip hop radio masih belum bisa diakses per Selasa (12/7/2022) sejak menerima gugatan klaim palsu pada 10 Juli 2022. (Sumber gambar: Youtube/Lofi Girl)

Lofi Hip Hop Radio Berhenti Siaran di YouTube, Ini Alasannya!

12 July 2022   |   18:00 WIB

Like
Bagi Genhype yang familiar dengan perempuan berbaju sweater hijau dan atasan turtleneck merah yang mendengarkan musik lofi, kali ini video dari Lofi Girl yang membawakan musik lofi hip hop radio tampaknya akan berhenti siaran untuk pertama kalinya pada Minggu (10/7/2022) waktu setempat.

Pada Selasa (12/7/2022), penyelenggara video siaran langsung Lofi Girl menceritakan kronologi dalam akun Twitter resminya bahwa dua video mereka, yaitu lofi hip hop radio - beats to relax/study to dan lofi hip hop radio - beats to sleep/chill to berhenti tayang karena masalah hak cipta.

"Lofi Girl dikenakan dengan masalah hak cipta sebanyak dua kali untuk dua siaran langsung kami. Pencabutan tayang telah dibatalkan mulai hari ini, tapi siaran langsungnya sudah dihapus seluruhnya dan belum dipulihkan seperti bentuk aslinya," tulis pihak Lofi Girl.

Baca juga: TXT Rilis Single Kolaborasi Bareng Rapper Iann Dior

Pihaknya terkejut dan kecewa karena masalah hak cipta yang menimpa mereka belum memilik kebijakan perlindungan atau ulasan manual dari klaim palsu tersebut, bahkan tidak ada kebijakan banding sejak awal yang bisa mencegah penghentian siaran terjadi.

Kini, pihak Lofi Girl selaku pemilik asli dari seluruh konten siaran dan video untuk siaran daring lofi hip hop radio berharap bahwa siaran yang mereka miliki bisa dipulihkan dan kasus-kasus serupa yang melibatkan masalah isu hak cipta dan klaim palsu bisa dipertimbangkan lebih lanjut oleh YouTube.
 
Masalah ini merupakan yang terbaru setelah Lofi Girl juga mengalami pencabutan kanal YouTube pada 2020 dikarenakan masalah teknis. Padahal, pihaknya menyebut bahwa selama lebih dari dua tahun mereka memastikan kualitas siaran lofi hip hop radio bisa memiliki kualitas yang baik dan mengikuti aturan yang berlaku di YouTube untuk kebijakan siaran daring.

Kala itu, masalah ini disuarakan oleh para penggemar dan pendengar Lofi Girl yang akhirnya membuat masalah tersebut pulih dengan kanal YouTube yang akhirnya dipulihkan seperti semula. Namun, masalah kali ini masih mengalami kendala dengan dua videonya yang sudah tayang selama lebih dari 20 ribu jam itu belum kunjung dipulihkan.

Bersamaan dengan itu, Lofi Girl juga menaikkan isu tentang klaim hak cipta yang menjadi masalah sejak beberapa waktu terakhir. Dia menceritakan bahwa hingga 2022 masih ada masalah serupa kepada kreator konten kecil tentang klaim palsu dalam konten video maupun siaran langsung.
 
Masalah hak cipta ini disampaikan sejak 10 Juli melalui sebuah cuitan yang mengatakan bahwa seorang penggugat dengan nama FMC Music Sdn Bhd Malaysia, label musik asal Negeri Jiran, menuntut pencabutan siaran dari radio lofi hip hop radio - beats to relax/study to.

Pihak Lofi Girl mengklaim bahwa gugatan tersebut merupakan gugatan palsu dan pihak YouTube mengatakan bahwa klaim tersebut akhirnya dibatalkan sehari setelahnya. Perwakilan YouTube mengabarkan bahwa setidaknya video-video milik Lofi Girl membutuhkan 24-48 jam pemulihan sampai kembali normal. Tak lupa, pihaknya memohon kesabaran agar masalah bisa terselesaikan.

"Terkonfirmasi bahwa permohonan pencabutan (takedown) merupakan hal yang melanggar (abusive) dan [kami] menghentikan akun penggugat," tambah perwakilan Youtube pada Senin (11/7/2022).
 

Lofi Girl merupakan kanal YouTube populer yang menyediakan lagu-lagu beraliran lofi atau low fidelity dalam rupa kompilasi audio maupun siaran daring berbentuk radio. Ciri khas dari tayangan radio ini adalah siarannya yang berlangsung selama 24 jam dan tujuh hari tanpa henti serta karakter perempuan yang terinspirasi dari tokoh karangan Studio Ghibli asal Jepang dan kucing yang menatap ke jendela berlatar pemandangan kota.

Kanal asal Prancis itu memiliki catatan lebih dari 668 juta kali tontonan, pengikut di komunitas forum Reddit dengan subreddit r/LofiGirl sebanyak lebih dari 30.000 anggota, dan pengikut di platform Discord sebanyak lebih dari 700.000 anggota.

Mengenai lagu-lagu lofi yang selama ini telah tersiarkan, pihak Lofi Girl mengonfirmasi bahwa seluruh video mereka dirilis oleh label rekaman Lofi Records sehingga mereka memiliki hak siar atas berbagai audio yang dimiliki. Namun, hingga saat ini belum diketahui langkah selanjutnya dari video-video yang akan dipulihkan dan diperkirakan siaran radio ini akan mengulang dari awal. 


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Cara Menata Rambut Panjang Agar Rapi Setiap Hari

BERIKUTNYA

6 Cara Ampuh agar Hobi Mahal Kalian Tidak Bikin Pasangan Cemberut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: