Pemain tampil dalam pertunjukan drama musikal Junior Musical Wonderland: The Chocolate Factory di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Rabu (19/7/2023). (sumber gambar: Hypeabis.id/Abdurachman)

Festival Musikal Indonesia 2024 Siap Dihelat di Ciputra Artpreneur Jakarta

22 August 2024   |   18:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Buat Genhype, penikmat karya musikal, ada kabar gembira nih. Festival Musikal Indonesia (FMI)  2024 kembali digelar tahun ini dengan menampilkan karya-karya musikal dari berbagai musisi dan pekerja kreatif di Indonesia, mulai 18-20 Oktober 2024 di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

Menjadi gelaran ketiga, Festival Musikal Indonesia tahun ini akan menampilkan sembilan grup musikal hasil kurasi para kurator. Mereka adalah ADPRO, Aulion, EKI Dance Company, Studio Amarana, Fantasi Tuli, CBHS, Kelompok Pojok, Sekolah Seni Tubaba, dan Waktunya Main.

Baca juga: Review Teater Musikal Keluarga Cemara: Menyajikan Kehangatan yang Penuh Gelak Tawa

Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi  Ahmad Mahendra mengatakan, festival ini tidak hanya mementingkan pentas, tapi juga penonton, seniman baru, serta para pemangku kepentingan. Oleh karena itu pihaknya mendukung gelaran ini sebagai upaya membangun ekosistem seni pertunjukan di Indonesia.

Menurut Mahendra tumbuh kembang ekosistem seni pertunjukan merupakan bagian dari sisi pemajuan kebudayaan. termasuk salah satunya termasuk lewat pentas musikal yang diharap dapat memacu lahirnya generasi muda bangsa yang kreatif dan memiliki jiwa kreatif untuk pemajuan kebudayaan.

"Tak hanya itu, kami juga berharap festival ini dapat menjadi respons minat anak muda terhadap seni musikal, yang secara langsung akan merangsang industri musik di Indonesia dengan menggali kekayaan budaya nusantara,” paparnya.
 
 


Selaras, Josh Marcy salah satu Kurator Festival Musikal Indonesia 2024 mengatakan, dibanding tahun sebelumnya, festival ini juga mengalami penambahan jumlah grup musikal yang mendaftar. Antusiasme tersebut tidak lepas dari perkembangan musikal termutakhir dengan keanekaragaman eksplorasi dan bentuk yang lebih kreatif.

Ide pembaruan menjadi salah satu prioritas pertimbangan pemilihan kurasi tahun ini. Ide tersebut menurutnya menjadi penting agar Festival Musikal Indonesia 2024 tidak hanya menjadi pertunjukan sekali pentas grup musikal lantas menghilang dari peredaran sebab tidak memiliki tata kelola untuk berkembang.

Josh menuturkan, tahun ini ada sebanyak 76 grup musik dari seluruh Indonesia yang ikut mendaftar untuk tampil di Festival Musikal Indonesia 2024. Namun setelah dikurasi akhirnya hanya menyisakan 9 grup yang nantinya akan tampil di dua panggung festival, yakni panggung karya dan panggung gala.

“Kedua panggung itu akan menjadi program pertunjukan pilihan yang menawarkan keragaman tontonan di Festival Musikal Indonesia 2024. Masyarakat akan ditunjukkan tentang potensi pertumbuhan pertunjukan musikal Tanah Air saat ini,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu juri yang terlibat dari Teater Koma, Ratna Riantiarno, mengatakan bahwa Festival Musikal Indonesia tahun ini didominasi oleh kalangan muda. Hal ini menunjukkan bahwa banyak generasi muda banyak yang menggandrungi seni musikal sehingga perkembangannya dapat masif di masyarakat.

“Peserta sangat banyak dan mereka semua anak-anak muda. Menggembirakan kalau bisa terus ada, agar ruang pentas seni musikal bisa terus berkembang,” ungkap Ratna.

Festival Musikal Indonesia 2024 merupakan perhelatan ketiga kalinya sejak mulai dihelat pada beberapa tahun silam. Festival ini beranggotakan lima kurator guna memilih grup serta menyusun rangkaian acara. Mereka adalah Nala Amrytha, Nuya Susantono, Josh Marcy, Bhatara Saverigadi, dan Chriskevin Adefrid.

Baca juga: Drama Musikal Tentang Siddharta, yang Mengajak untuk Jeda Sejenak akan Dunia

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Cara Mengecilkan Size File PDF di Laptop Hingga Ponsel

BERIKUTNYA

7 Jenis Obat Diet dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan Tubuh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: