Salah satu adegan pFadlan Abubakar saat memerankan karakter Willy Wonka dalam drama Chocolate Factory The Musical. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Abdurachman)

Cerita Pemeran Willy Wonka di Chocolate Factory the Musical, Ciputra Artpreneur: Enggak Mudah Beradu Peran dengan Anak-anak

21 July 2023   |   20:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Fadlan Abubakar menjadi salah satu aktor yang cukup mencuri perhatian pada pementasan drama Chocolate Factory the Musical. Lelaki itu tampil trengginas saat memainkan peran karakter Willy Wonka dalam pertunjukan preview show yang digelar di Ciputra Artpreneur Theatre, Jakarta, (19/7/2023), tersebut.

Rupanya, ada perjuangan panjang yang dilakukan oleh Fadlan sebelum ikut bermain. Terlebih dia harus mengikuti audisi tertutup yang digelar oleh Hi Jakarta Production. Namun, berkat kepiawaiannya di pun akhirnya lolos seleksi.

Baca juga: Pengen Nonton Teater Ala Broadway? Yuk Saksikan Drama Chocolate Factory The Musical di Ciputra Artpreneur 

Sudah cukup lama berkecimpung di dunia teater, Fadlan mengaku jika tantangan prosesnya kali ini adalah berinteraksi dengan anak kecil. Sebab, drama musikal yang diadaptasi dari novel masyhur karya Roald Dahl itu memang sebagian besar karakternya diperankan oleh anak-anak.

"Dari prosesnya , aku waktu ikut close audition untuk peran Willy Wonka ini. Jadi ketika casting dilakukan aku diterima, meski agak telat. Sebab teman-teman yang lain sudah proses dari Januari, tapi aku baru gabung pada Maret 2023," katanya saat ditemui Hypeabis.id.
 
 

Sempat bermain di Teater keliling pimpinan sutradara gaek Rudolf Puspa, Fadlan juga mengungkap ada sedikit perbedaan pola dari proses latihan. Terlebih saat ini dia harus banyak berinteraksi dengan anak kecil yang memiliki perasaan mudah berubah serta sering kehilangan fokus.

Tak hanya itu, karakter Willy Wonka yang diperankan olehnya juga memiliki banyak adegan menyanyi dengan ritme cepat dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, dia perlu latihan yang cukup intensif selain artikulasi yang tepat juga harus memahami apa yang diucapkan.

"Selain itu, kalau Teater keliling itu fokusnya untuk cerita-cerita dengan tema Indonesia, sedangkan dengan Hi Jakarta Production ini lebih sering membawakan musikal dari luar negeri," jelasnya.

Namun, selama proses berlangsung lebih dari lima bulan, dia pun mengaku cukup terkejut dengan antusiasme anak-anak untuk berproses kreatif di dunia teater. Bahkan, mereka menurutnya sudah memiliki tingkat profesionalisme tinggi sebagai pemain di atas panggung.

Dengan kata lain, hal itulah yang membuatnya justru banyak belajar dari sekolah seni pertunjukan tersebut terkait manajemen seni panggung. Pasalnya sebagai orang yang lebih dewasa Fadlan melihat anak-anak di Hi Jakarta Production tidak susah untuk diajak improvisasi di atas panggung.

"Kita latihan setiap weekend, dan setiap latihan kita selalu ada evaluasi untuk memastikan apakah proses kita berjalan dengan baik atau tidak. Ada memang kendala-kendala tertentu tapi hal itu sifatnya lebih ke teknis ya seperti improvisasi dan yang lain," tandasnya.

Ciputra Artpreneur berkolaborasi dengan Hi Jakarta Production bakal menyuguhkan drama bertajuk Chocolate Factory The Musical di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta, pada Sabtu 22 Juli 2023.

Menjadi bagian dari acara Junior Musical Wonderland, pementasan kali ini merupakan agenda tahunan yang dihelat oleh sekolah seni pertunjukan asal Jakarta itu. Event ini juga menjadi bagian dari kampanye sosial  untuk meningkatkan awareness tentang Performing Arts khususnya di bidang musikal.

Sesuai tajuknya, kegiatan Junior Musical Wonderland juga menghadirkan karya yang terinspirasi dari novel Charlie and The Chocolate Factory dengan judul adaptasi Chocolate Factory The Musical. Adapun, karya tersebut merupakan hasil karangan penulis masyhur Roald Dahl yang ditulis pada pertengahan abad ke-20.

Baca juga: Ciputra Artpreneur Siapkan Sejumlah Acara Seni Pertunjukan pada 2023

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Rundown & Line Up We the Fest 2023, Ada Yura Yunita dan The Kid Laroi

BERIKUTNYA

4 Serial Unggulan di Ajang Emmy Awards ke-75, Kalian Sudah Nonton?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: