Maarten Paes dipastikan absen dalam laga kontra Arab Saudi (Sumber foto: Instagram/@maartenpaes)

Maarten Paes Absen Lawan Arab Saudi, Siap Bela Indonesia Melawan Australia

22 August 2024   |   13:00 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Para penggemar sepak bola di Indonesia harus bersabar untuk menyaksikan debut Maarten Paes, kiper yang baru dinaturalisasi, dalam pertandingan melawan Arab Saudi di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kiper berdarah Belanda ini dipastikan tidak bisa tampil dalam laga tersebut.

Indonesia dijadwalkan berhadapan dengan Arab Saudi di pertandingan pertama Grup C yang akan berlangsung di Stadion King Abdullah Sport City, Jeddah, pada 5 September 2024. Kabar mengenai ketidakhadiran Paes dalam pertandingan ini telah dikonfirmasi oleh Arya Sinulingga, anggota Komite Eksekutif PSSI. Menurut Arya, Paes tidak dapat tampil karena terhambat oleh aturan pendaftaran pemain yang ditetapkan oleh AFC.

Dalam sebuah siniar yang disiarkan di kanal Youtube pribadinya, Arya menjelaskan bahwa AFC menetapkan batas waktu pendaftaran pemain untuk pertandingan pertama pada 5 Agustus 2024. Namun, proses pendaftaran Maarten Paes baru selesai pada 18 Agustus 2024. Hal ini menyebabkan Paes tidak memenuhi syarat untuk bertanding melawan Arab Saudi.

Baca Juga: Maarten Paes Bisa Bela Timnas Indonesia, Siap Perkuat Kualifikasi Piala Dunia 2026

"AFC meminta kita mendaftarkan pemain untuk pertandingan pertama pada tanggal 5 Agustus 2024, sementara prosesnya baru rampung pada 18 Agustus. Akibatnya, Maarten Paes belum bisa tampil dalam laga melawan Arab Saudi," ujar Arya.

Meski demikian, Arya menegaskan bahwa Paes masih bisa berlaga dalam pertandingan selanjutnya melawan Australia. Laga tersebut akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 10 September 2024. Arya menjelaskan bahwa batas waktu pendaftaran untuk laga melawan Australia adalah 3 September, sehingga Paes telah resmi didaftarkan dan akan bisa memperkuat Indonesia dalam pertandingan tersebut.

Sebagai informasi, Maarten Vincent Paes, yang lebih dikenal sebagai Maarten Paes, kini resmi menjadi bagian dari skuad Tim Nasional Indonesia setelah memenangkan sidang di Court of Arbitration for Sport (CAS) FIFA pada 18 Agustus 2024. Kiper yang saat ini bermain untuk klub FC Dallas di Amerika Serikat ini memiliki keturunan dari Kediri, Jawa Timur, dan telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) melalui jalur naturalisasi sejak 30 April 2024.

Kabar bergabungnya Paes dengan Timnas Indonesia diumumkan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, melalui akun Instagram pribadinya. Erick, yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menyatakan kebanggaannya atas kehadiran Maarten di skuad Garuda.

"Maarten Paes akhirnya telah berhasil didaftarkan dan sekarang secara sah dapat bermain mewakili tim nasional Indonesia," tulis Erick dalam unggahannya.

Erick juga optimis bahwa kehadiran Maarten akan memberikan dampak positif bagi perkembangan sepak bola Indonesia, terutama dalam menghadapi tantangan di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dengan Paes yang siap tampil melawan Australia, Indonesia memiliki peluang besar untuk meraih hasil positif di laga penting tersebut.

Baca Juga: Profil Yeom Ki-hun, Pelatih Striker Timnas & Asisten Baru Shin Tae-yong

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Kementerian PUPR Buka 6.388 Lowongan CPNS, Harus Siap Pindah Ke IKN Nusantara, Ini Linknya

BERIKUTNYA

Naskah Naruto Live Action Rampung, Ada Kejutan dari Sutradara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: