Yeom Ki-hun. (Sumber foto: Instagram/Suwon Bluewings)

Profil Yeom Ki-hun, Pelatih Striker Timnas & Asisten Baru Shin Tae-yong

07 August 2024   |   10:46 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Guna memperkuat strategi tim nasional Indonesia, pelatih Shin Tae-yong merekrut mantan manajer Suwon FC, Yeom Ki-hun sebagai pelatih striker dan asisten barunya. Meski belum ada keputusan resmi dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengenai pengangkatan Yeom, kabar ini sudah cukup ramai dan jadi perhatian pencinta sepak bola

Terlepas jadi atau tidaknya Yeom Ki-hun bergabung dengan timnas Indonesia, dia adalah pelatih muda asal Korea Selatan dengan prestasi cemerlang selama aktif di lapangan hijau. Pengalamannya sebagai atlet profesional diharapkan dapat mempertajam skill atlet Indonesia dan mengangkat semangat mereka jelang perjuangan Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 mulai September mendatang. Tim Merah Putih berada di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain dan China.

Baca juga: Pelatih Shin Tae-yong Perpanjang Kontrak dengan PSSI Hingga 2027

Dirangkum dari berbagai sumber, Yeom Ki-hun adalah pria yang lahir pada Maret 1983 atau baru berusia 41 tahun. Pada saat ini, dia berstatus tanpa klub setelah menjadi pelatih kepala di klub Suwon Bluewings sejak awal 2024 sampai 25 Mei 2024.

Sebelum menjadi pelatih kepala, dia menjadi asisten pelatih pada musim 2022/2023 sampai 2023/2024. Kemudian, masih pada musim 2023/2024, dia menjadi pelatih interim dari September sampai Desember 2023. Sepanjang kariernya, dia memimpin 16 pertandingan sampai dengan Mei tahun yang sama. Setelah itu, dia tidak lagi menjadi pelatih klub tersebut.

Sebagai pemain sepak bola, karier Yeom dimulai dan berakhir di Korea Selatan pada musim 1998/1999 dan pensiun pada musim 2023/2024. Klub-klub yang pernah dibela oleh Ki-hun adalah Nonsan Middle School, Ganggyeong C HS, Honam Uni, Jeonbyuk Hyundai, Ulsan Hyundai, Suwon Bluewings, dan Ansan Police. Adapun, Yeom mengakiri karier sebagai atlet sepak bola di klub Suwon Bluewings.

Yeom juga tercatat telah berkali-kali membela tim nasional senior Korea Selatan. Dia telah mencetak beberapa gol saat berseragam Taegeuk Warriors – julukan tim nasional Korea Selatan. Saat bersama tim nasional Korea Selatan, dia juga berlaga di sejumlah kompetisi, seperti AFC Asian Cup, World Cup Qualification, World Cup, Asian Cup Qualification, dan sebagainya.

Yeom disebut-sebut sebagai pelatih yang kerap menggunakan formasi 4-2-3-1. Dengan kata lain, pria yang telah memiliki lisensi kepelatihan pro kontinental itu suka memanfaatkan banyak pemain tengah dengan satu penyerang murni di depan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Tuai Perdebatan, Kemenkes Perjelas Aturan Alat Kontrasepsi untuk Pelajar dan Remaja

BERIKUTNYA

Fakta Menarik Film Kuasa Gelap, Kisah Nyata Eksorsisme Pertama di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: