Shin Tae-yong adalah pelatih Indonesia (Sumber gambar: PSSI.org)

Indonesia Hadapi FIlipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Skuad Garuda Upayakan yang Terbaik

21 November 2023   |   18:11 WIB

Indonesia akan kembali melakoni babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC pada Selasa, 21 November 2023. Tim Garuda akan menghadapi tim nasional Filipina di Rizal Memorial Stadium, Manila. Pertandingan ini wajib dimenangkan demi menjaga asa menunju babak selanjutnya. 
 
Dikuitp dari laman FIFA, pertemuan antara Filipina dan Indonesia akan dimulai pada pukul 18.00 WIB. Dalam pertandingan tersebut, Indonesia wajib memenangkan pertandingan setela dalam pertandingan pertama kalah telak 5 – 1 dari Irak.

Baca juga: 5 Fakta Pertandingan Piala Dunia U-17 2023 Spanyol vs Jepang, Adu Tangguh Wonderkid

Jika berhasil memenangkan pertandingan melawan Filipina, Indonesia dapat meraih poin 3 dan memiliki kesempatan menyamakan poin Vietnam yang saat ini juga berhasil memiliki poin 3 jika negara dengan lambang bintang itu kalah dari Irak.

Saat ini, Indonesia menjadi juru kunci Grup F setelah kalah 4 – 0 dengan poin 0. Semenara itu, Filipina yang juga memiliki poin nihil berada di peringkat ketiga lantaran hanya kalah 2 – 0 ketika melawan Vietnam.

Sementara itu, Vietnam dan Irak masing-masing berada di posisi kedua dan kesatu dengan poin yang sama. Indonesia masih memiliki beberapa kesempatan untuk mengumpulkan poin dan lolos tahap selanjutnya mengingat pertandingan masih akan berlangsung beberapa kali.
 

Setelah melawan Filipina, Indonesia akan bertemu dengan Vietnam pada 21 Maret 2024. Kemudian, pada 26 Maret 2024, kedua tim akan kembali berjumpa.

Pada 6 Juni 2024, Garuda juga akan melawan Irak dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC. Pertandingan terakhir yang akan dilakoni Merah Putih dalam babak penyisihan grup adalah pada 11 Juni 2024 melawan Filipina.

Untuk menyaksikan pertandingan antara Indonesia melawan Filipina pada hari ini, Selasa, 21 November 2023, para pencinta sepak bola dapat menyaksikannya melalui platform over the top (OTT) Vision Plus atau salah satu saluran televisi swasta.

Dikutip dari laman PSSI, pelatih Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa tim berusaha melakukan persiapan terbaik untuk menghadapi Filipina mengingat Indonesia harus melalui perjalanan yang panjang dari Irak.

“Melawan Filipina baik tandang atau kandang, bukan masalah karena kami akan mengusahakan penampilan yang terbaik,” ujarya.

Dengan perbedaan waktu yang ada, tim juga berusaha melakukan adaptasi dengan kondisi Manila. Kondisi itu menjadi kurang menguntungkan bagi tim karena berpengaruh terhadap kebugaran tim.

Terkait mengenai kekalahan saat melawan Irak, dia menuturkan tidak akan berlasan karena sebagian gol yang diterima adalah akibat kesalahan sendiri. Indonesia perlu untuk memenangkan pertandingan karena masih memiliki kesempatan untuk lolos.

Dia menuturkan bahwa tim akan bermain dengan gaya permainan sendiri yang dapat menguntungkan. Baginya, Irak dan Filipina adalah dua tim yang memiliki perbedaan besar dalam banyak sisi, bukan hanya gaya bermain. Kondisi tersebut membuat Garuda berusaha menyesuaikan gaya permainan yang disipakan untuk menghadapi Filipina.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Cerita di Balik Dapur Magurame Udon, Proses Panjang Melokalkan Mi dari Negeri Sakura

BERIKUTNYA

Adinia Wirasti Bagi Trik Agar Konsisten Latihan di Gym

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: