Maarten Paes akan berseragam Timnas Indonesia (Sumber foto: Instagram/maartenpaes)

Maarten Paes Bisa Bela Timnas Indonesia, Siap Perkuat Kualifikasi Piala Dunia 2026

19 August 2024   |   10:41 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Publik sepak bola Tanah Air tengah semringah. Sebab, pemain kelahiran Belanda, Maarten Paes, dipastikan bisa memperkuat tim nasional (timnas) Indonesia senior, setelah memiliki beberapa permasalahan dengan berkas-berkasnya sejak proses naturalisasi berlangsung.

Sebenarnya Maarten Paes sudah memiliki status warga negara Indonesia (WNI) sejak 13 April 2024), tetapi dia belum bisa untuk memperkuat Timnas Indonesia senior. Hal itu disebabkan karena dirinya pernah bermain timnas Belanda U-21 di ajang kualifikasi Piala Eropa U-21 pada tahun 2021. Posisi ini, membuatnya tidak memenuhi syarat regulasi dari FIFA tentang Pergantian Asosiasi. 

Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, mengatakan bahwa pihaknya percaya Maarten Paes akan membawa dampak positif bagi tim dan membantu Indonesia meraih prestasi yang lebih baik. 

"Keputusan ini menunjukkan komitmen PSSI dalam mencari bakat-bakat terbaik untuk membangun masa depan sepak bola Indonesia," katanya, dikutip dari laman resmi PSSI

Baca juga: Profil Yeom Ki-hun, Pelatih Striker Timnas & Asisten Baru Shin Tae-yong

Kemungkinan setelah disahkannya status Maarten Paes, kiper berusia 25 tahun tersebut memiliki peluang besar untuk dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong guna memperkuat timnas dalam dua pertandingan penting di Grup C, pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Laga tersebut dijadwalkan menghadapi dua lawan kuat, Arab Saudi dan Australia yang akan berlangsung pada tanggal 5 dan 10 September 2024.

Klub Maarten Paes yaitu FC Dallas, turut mendukung dan berbahagia atas status yang dicapai salah satu pemainnya. 

Sebagai informasi, Maarten Paes memiliki keturunan darah Indonesia dari sang neneknya, yang lahir di Kediri tepatnya di Pare Jawa Timur. Maarten Paes juga pemain dengan posisi kiper pertama untuk Indonesia, dengan status dinaturalisasikan pada era Shin Tae-yong (STY).
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by FC Dallas :) (@fcdallas)


Kualifikasi Piala Dunia 2026 

Tim Nasional Indonesia akan memulai perjalanan mereka dalam babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, dengan menghadapi Arab Saudi. Pertandingan perdana Grup C ini akan digelar di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, pada tanggal 5 September 2024 mendatang. 

Skuad asuhan Shin Tae-yong, dijadwalkan berangkat ke Jeddah pada 1 September 2024. Sesampainya di sana, mereka akan langsung memulai sesi latihan pada hari yang sama untuk mempersiapkan diri menghadapi salah satu tim terkuat di Asia.

Pertandingan ini akan menjadi tantangan besar bagi Indonesia, tapi juga merupakan kesempatan berharga untuk menilai performa Timnas Indonesia di panggung internasional. 

Setelah laga di Jeddah melawan Timnas Arab Saudi, Timnas Indonesia akan kembali ke Jakarta untuk menjamu kesebelasan Australia. Pertandingan kedua Grup C ini akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, pada 10 September 2024.

Pertandingan melawan Timnas  Australia tentu akan menjadi laga yang krusial, mengingat kekuatan dan reputasi mereka di tingkat Asia. Dengan dua laga berat ini, Timnas Indonesia perlu mempersiapkan diri dengan baik untuk dapat meraih hasil maksimal.

Baca juga: Mengenal Makna dan Filosofi Shakti, Maskot Terbaru Timnas Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Fakta Menarik Film Home Sweet Loan, Rilis September 2024

BERIKUTNYA

Mengenal Paspor Lembar Polikarbonat, Apa Kelebihannya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: