Pengunjung memadati pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

6 Tip Memilih Mobil Pertama untuk Gen Z, Perhatikan Hal-hal Ini

21 August 2024   |   16:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Mobil menjadi salah satu alat transportasi yang dibutuhkan banyak orang, termasuk Generasi Z. Kondisi ini membuat mereka yang lahir pada 1997-2012 itu berusaha membeli mobil. Namun, mereka perlu memperhatikan sejumlah hal sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. 

Berdasarkan siaran pers Hankook yang diterima Hypeabis.id, kemampuan keuangan menjadi langkah pertama yang harus dipikirkan oleh generasi Z sebelum memutuskan melakukan pembelian kendaraan mobil, terutama bagi yang baru memulai karier. 

Baca juga: Cek Daftar Mobil Paling Laris selama GIIAS 2024: BinguoEV hingga Xpander

Ada sejumlah faktor yang harus menjadi pertimbangan terkait dengan kemampuan keuangan dalam membeli mobil. Ini mencakup besaran uang muka, lama tenor, dan bunga yang harus dibayar jika memutuskan untuk melakukan pembelian menggunakan skema kredit atau pinjaman.

Tidak hanya itu, kemampuan keuangan juga perlu menjadi pertimbangan terkait dengan biaya perawatan atau perbaikan jika mobil harus masuk bengkel. Selain itu, ada banyak hal lain yang harus menjadi perhatian. Berikut tip yang perlu menjadi perhatian generasi Z ketika hendak membeli mobil pertama. 
 

1. Perhatikan bujet 

Tips pertama yang harus diikuti oleh generasi Z adalah membeli mobil sesuai dengan bujet yang dimiliki. Tidak hanya itu, mereka juga harus memastikan bahwa cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan tidak lebih dari 30 persen jumlah gaji bulanan.

Generasi Z lebih baik mengumpulkan uang terlebih dahulu agar bisa membayar uang muka atau down payment (DP) dalam jumlah yang besar. Tujuannya adalah untuk menghindari cicilan dengan tenor jangka panjang dan total bunga yang tinggi.

Selain itu, Gen Z juga sebaiknya memperhatikan biaya lain yang harus dikeluarkan secara berkala, seperti pajak tahunan dan biaya perawatan. Kemudian, perhatikan juga asuransi yang perlu diambil untuk melindungi kendaraan. Genhype bisa memilih skema kredit yang angsurannya sudah termasuk pembayaran asuransi. 
 

2. Sesuaikan dengan gaya hidup dan rutinitas 

Saat ini, produsen otomotif di dalam negeri mengeluarkan beragam macam kendaraan mobil yang sangat menarik untuk dimiliki lantaran desain dan fitur yang tersemat di dalamnya. Di antara banyak pilihan, generasi Z yang kerap beraktivitas di perkotaan bisa memilih jenis hatchback atau city car. 

Ukuran kendaraan yang kecil membuat berkendara di dalam perkotaan menjadi lebih mudah. Tidak hanya itu, dimensi yang lebih ramping juga membuat aktivitas parkir lebih lancar dan lincah kala melakukan manuver di jalanan.

Sementara itu, generasi Z yang suka bepergian ke medan off road atau jalan yang tidak mulus dapat memilih sport utility vehicle (SUV) atau crossover. Ground clearance yang tinggi membuat dua jenis kendaraan tersebut lebih fleksibel di berbagai jalan. 
 

3. Durabilitas 

Durabilitas atau keawetan menjadi pertimbangan penting lain sebelum memilih kendaraan. Generasi Z perlu memilih mobil yang memiliki mesin kuat dan tahan lama, sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang. 

Selain itu, mesin yang kuat dan tahan lama juga tidak akan menyusahkan ketika dibawa untuk bepergian. Kalian juga perlu memastikan suku cadang kendaraan yang akan dibeli dan tempat perbaikan resmi dapat ditemukan dengan mudah di pasaran.


4. Fitur & teknologi sesuai kebutuhan 

Saat ini, kendaraan yang dijual oleh produsen otomotif di dalam negeri memiliki fitur dan teknologi yang beragam dan canggih. Jadi, Genhype bisa memilih kendaraan dengan fitur dan teknologi yang sesuai kebutuhan. 

Meskipun begitu, kenyamanan dan keamanan berkendara tidak boleh diabaikan dalam memilih mobil. Sistem hiburan yang terintegrasi, keamanan seperti anti-lock braking system (ABS), adaptive cruise control, dan sebagainya dapat menjadi pertimbangan. 
 

5. Penggunaan mobil 

Saat hendak memilih mobil yang akan digunakan, generasi Z juga dapat mempertimbangkan siapa saja di rumah yang akan menggunakan kendaraan tersebut. Kalian perlu memilih mobil dengan fitur yang tidak membingungkan orang tua ketika mereka juga menjadi penggunanya. 

Bukan tanpa alasan, fitur dan teknologi yang canggih dan banyak di dalam mobil kerap membuat orang tua mengalami kebingungan saat mengendarainya. Untuk itu, sebaiknya melakukan test drive sebelum memilih mobil. 
 

6. Personal 

Generasi Z perlu mempertimbangkan kendaraan yang mencerminkan nilai-nilai personal sebelum memilih kendaraan yang hendak dibeli. Mobil listrik dapat menjadi pilihan jika mengutamakan aspek ramah lingkungan.

Saat ini, perusahaan otomotif di dalam negeri telah menjual berbagai macam mobil listrik, dari hybrid, plug in hybrid, sampai full battery. Kendaraan listrik dapat mengurangi polusi dan ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

Baca juga: Mobil Listrik Hibrida & PHEV Mau Diberi Insentif? Ini Bocorannya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Highlight Pembukaan Gamescom 2024, Borderlands 4 sampai Dune: Awakening 

BERIKUTNYA

16 Finalis Berebut Mahkota Miss Universe Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: