Ilustrasi generasi Z (Sumber gambar: Anna Shvets/Pexels)

Memasuki Masa Dewasa, Ini 3 Komitmen Investasi untuk Gen Z

11 July 2022   |   08:28 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Memasuki masa dewasa menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Pasalnya, pada masa ini, orang-orang seolah dituntut untuk memikirkan masa depannya dengan berbagai kiat investasi, dari mulai perencanaan keuangan, investasi kesehatan, dan sebagainya.

Sebagian dari mereka yang mulai beranjak dewasa khususnya Generasi Z (Gen Z) mungkin sudah mempersiapkan diri dengan cara mengelola keuangan, mempelajari investasi, dan sebagainya. Tetapi tak sedikit juga yang belum paham mempersiapkannya. 

Satu hal yang penting dalam berinvestasi adalah komitmen. Chief of Human Resources & Marketing Officer PT FWD Insurance Indonesia, Rudy Franto Manik, mengatakan belajar berkomitmen adalah dasar yang penting untuk disadari oleh para Gen Z agar mereka bisa menjadi pribadi dewasa yang penuh tanggung jawab dan sehat secara mental bahkan finansial.

Baca juga: 4 Kunci Sukses Gen Z saat Memasuki Masa Produktif

"Salah satunya dengan melakukan perencanaan keuangan yang optimal, sehingga Gen Z dapat merencanakan masa depan dan mewujudkan kesejahteraan finansial di masa muda," ujar Rudy dalam keterangan resminya yang diterima Hypeabis.id, Senin (11/7/2022).

Tidak hanya itu, dia juga menambahkan meningkatkan literasi keuangan melalui pemahaman terhadap produk dan layanan keuangan turut mendukung generasi muda untuk mengatur prioritas hidup dengan lebih bijak. Rudy pun membagikan tiga komitmen investasi untuk para Gen Z yang bisa mulai dilakukan.


1. Komitmen investasi pada hubungan sosial

Investasi tidak melulu berhubungan dengan uang atau saham. Memiliki hubungan yang positif dan membangun dengan lingkungan sosial juga faktor penting dalam proses adulting atau masa dewasa.

Mengumpulkan dan menyeleksi lingkaran pertemanan yang sehat serta membawa pengaruh positif di dalam hidup kita adalah langkah awalnya. Sedangkan proses investasinya adalah dengan memupuk hubungan tersebut melalui kegiatan bersosialisasi seperti kumpul makan di luar, berlibur bersama, saling memberi perhatian, dan selalu berpegang pada filosofi: apa yang kamu tabur, itu yang kamu tuai.
 

Ilustrasi generasi Z (Sumber gambar: FWD Insurance Indonesia)

Ilustrasi generasi Z (Sumber gambar: FWD Insurance Indonesia)


2. Komitmen investasi pada aset

Di tengah pesatnya kemajuan teknologi, banyak pilihan berinvestasi yang bisa dengan mudah diakses dari genggaman kita melalui smartphone atau gawai. Saat memiliki gawai, berarti penggunanya pun harus pintar dalam memilih dan menentukan investasi yang baik dan menguntungkan untuk masa depan.

Di samping aset cair, yaitu uang tabungan di bank, ada beragam jenis investasi untuk Gen Z yang bisa diakses secara digital seperti menanam saham di reksadana atau obligasi negara, membeli properti seperti rumah atau apartemen, maupun aset mata uang kripto.


3. Komitmen investasi pada kesehatan

Satu hal yang penting juga adalah berkomitmen investasi pada kesehatan untuk jangka panjang. Sebagai komitmen awal, kalian bisa menjadikan anggota keluarga di rumah atau sahabat terdekat sebagai kontak darurat jika sewaktu-waktu kalian mengalami musibah atau hal yang tidak diinginkan.

Selanjutnya, kalian bisa memilih asuransi kesehatan sebagai bentuk investasi kalian untuk diri sendiri. Pilih layanan asuransi yang mudah dipahami, mudah dibeli, mudah diklaim, mudah diakses, dan yang terpenting memberikan manfaat yang maksimal.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Bunga Citra Lestari Gaet Ariel Noah & Alvin X Factor untuk Konser Tunggalnya di Singapura

BERIKUTNYA

Pelawak Rini S Bon Bon Meninggal Dunia, Simak Perjalanan Kariernya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: