16 finalis Miss Universe Indonesia (sumber : Miss Universe Indonesia)

16 Finalis Berebut Mahkota Miss Universe Indonesia

21 August 2024   |   14:02 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Komite Miss Universe Indonesia 2024 secara resmi mengumumkan 16 finalis yang siap memperebutkan mahkota pada malam Gala Final ajang kecantikan bergengsi ini sekaigus menjadi perwakilan Indonesia di ajang Miss Universe 2024 yang digelar di Mexico pada November mendatang.

Dari puluhan pendaftar yang tersebar dari berbagai penjuru Indonesia, terpilih 16 perempuan berbakat yang lolos seleksi ketat. Penilaian pun tidak hanya penampilan fisik, tetapi juga kecerdasan, advokasi sosial, dan kemampuan memimpin.

Dengan jaminan transparansi dan profesionalisme tinggi, Miss Universe Indonesia 2024 tidak hanya menjadi kontes kecantikan biasa, tetapi juga platform yang mengedepankan nilai pemberdayaan, inklusivitas, dan inovasi.

Baca juga: Menanti Gebrakan Teuku Jordan Zacky sebagai National Director Miss Universe Indonesia

16 Finalis Miss Universe tersebut adalah Nadia Ingrida Tjuatja, Maria Ardelia Purwaningrum, Stella Vidyasari, Viori Dhea Vanessa, Putri Sulistiawati, Karen Afralia, Beivy Marselo Mega Sumampouw, Cinta Iole Amidjaja, Moriska, Clara Shafira Krebs, Fiza Javaid Khan, Khamelia Chalid, Vina Anggi Sitorus, Ester Liana, Meylan Vega, Ravena Wulandari.

Teuku Jordan Zacky A, National Director Miss Universe Indonesia 2024 mengatakan, terpilihnya 16 finalis ini tidak hanya dinilai berdasarkan penampilan fisik, tetapi juga kecerdasan, advokasi sosial, dan kemampuan mereka untuk menjadi pemimpin yang inspiratif.

“Finalis kali ini berasal dari latar belakang yang berbeda, dan kami memastikan semua audisi berjalan dengan sangat profesional dan kami berkomitmen memberikan setiap kontestan pengalaman yang aman serta menyenangkan selama mengikuti proses kontes Miss Universe Indonesia 2024," ujar Teuku Jordan Zacky, Selasa (20/8/2024).

Komite Miss Universe Indonesia 2024 telah menunjuk sejumlah juri yang berkompeten dari berbagai latar belakang untuk menilai para finalis yang akan bersaing memperebutkan gelar juara.

Dewan juri yang ditunjuk antara lain Soraya Jasmine Haque, akademisi sekaligus public figure; Sanjay Mulani selaku casting director. Selain itu, ada pula Ria Juwita, model senior dan konsultan fashion; serta Naomi Julia Soegianto, seorang womanpreneur.

Soraya bersama dewan juri lainnya cukup kesulitan dalam memilih kontestan yang layak menjadi finalis. Sebab, yang dinilai tidak hanya kecantikan semata, tetapi juga mempertimbangkan kepribadian, bakat, dan potensi yang dimiliki oleh setiap peserta yang bersaing ketat.

“Kami optimistis bisa menemukan perempuan berbakat yang menjadi representasi Indonesia di ajang internasional," ungkap Soraya Haque, salah satu dewan juri Miss Universe Indonesia 2024.

Kurjanto Slamet, Ketua Komite Sementara DAO mengatakan bahwa kontes Miss Universe Indonesia kali ini lebih transparan dan inklusif dengan mengintegrasikan sistem DAO berbasis web3.

DAO, atau Decentralized Autonomous Organization adalah sebuah teknologi yang memungkinkan komunitas penggemar kontes kecantikan dan masyarakat untuk berpartisipasi. Dengan sistem ini, masyarakat tidak hanya menjadi penonton, tetapi juga dapat secara aktif mendukung dan memberikan suara untuk finalis favorit mereka.

“Integrasi platform DAO masyarakat akan memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan dengan semua pilihan terkait finalis favorit ditentukan secara kolektif. Hal ini memastikan bahwa setiap proses berjalan dengan transparan, inklusif, dan adil bagi semua peserta,” ucapnya.

Baca juga: Profil Miss Indonesia 2024 Monica Kezia Sembiring, Perwakilan Perdana dari Sumatra Utara

Setelah terpilih, para finalis akan kembali ke daerah asal masing-masing untuk kemudian melanjutkan proses karantina sebelum tampil pada malam final September 2024. Proses karantina meliputi kelas modeling, knowledge, public speaking, dan lain sebagainya. Setiap finalis Miss Universe Indonesia 2024 harus memiliki core value beautiful confidence dan semangat empowering.

“Penting bagi mereka untuk memprioritaskan nilai-nilai budaya Bangsa dan mengintegrasikan teknologi digital agar tetap relevan dengan zaman. Semoga kami dapat menemukan wakil terbaik dari Indonesia yang akan berkompetisi di Miss Universe 2024 di Mexico nanti,” tutup Jordan.

Adapun siaran langsung final Miss Universe Indonesia 2024 akan ditayangkan di layanan Vidio dan informasi lebih lanjut mengenai ajang tersebut dapat dilihat melalui laman media sosial Miss Universe Indonesia 2024.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

6 Tip Memilih Mobil Pertama untuk Gen Z, Perhatikan Hal-hal Ini

BERIKUTNYA

Sosok Ikonis Raminten Dibuat Film Dokumenter Garapan Sutradara Nia Dinata

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: