Brio menjadi kendaraan paling laku dari Honda di GIIAS 2024 (Sumber gambar: Siaran pers PT Honda Prospect Motor)

Cek Daftar Mobil Paling Laris selama GIIAS 2024: BinguoEV hingga Xpander

31 July 2024   |   20:39 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ajang Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) telah berakhir pada 28 Juli 2024. Di pameran otomotif tahunan itu, minat masyarakat terhadap jenis kendaraan yang dijajakan selama pameran kian bervariasi baik terhadap kendaraan konvensional maupun mobil listrik yang pilihannya lebih banyak.

Ajang GIIAS 2024 ini menampilkan puluhan merek otomotif, baik dengan mesin pembakaran internal atau internal combustion engine (ICE) maupun motor listrik, cukup mendapatkan sambutan positif di tengah lesunya pasar otomotif nasional.

Tidak hanya itu, sejumlah agen pemegang merek juga tercatat meluncurkan kendaraan paling anyarnya untuk pasar Indonesia. Para APM berusaha menarik minat masyarakat untuk melakukan pembelian dengan kendaraan terbarunya.

Baca juga: Mobil Listrik MPV Bersaing Jadi Bintang Baru di GIIAS 2024

Selain meluncurkan kendaraan baru, agen pemegang merek (APM) yang menjadi peserta di GIIAS 2024 juga mengadakan berbagai promo agar banyak pengunjung tertarik melakukan pembelian. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftar mobil paling laku dari para APM yang berhasil membukukan pemesanan selama GIIAS 2024 berlangsung.


1. Toyota – Kijang Innova

Kendaraan Kijang Innova secara keseluruhan menjadi mobil paling laris di GIIAS 2024 berdasarkan data sementara PT Toyota Astra Motor. Kepada Hypeabis.id, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengungkapkan bahwa data penjualan keseluruhan perusahaan di ajang GIIAS masih dalam proses penyusunan.

Meskipun begitu, dia mengungkapkan bahwa selama 8 hari pertama penyelenggaraan GIIAS terdapat 4.245 surat pemesanan kendaraan (SPK) yang diperoleh oleh perusahaan. Dari total itu, Kijang Innova secara keseluruhan menjadi yang tertinggi.

Setelah Kijang, SPK tertinggi adalah untuk kendaraan serbaguna (Multi-purpose Vehicle/MPV) Avanza Veloz. Total SPK kedua kendaraan tersebut mencapai hampi 2.000 unit, sehingga memberikan kontribusi mendekati 50 persen dari keseluruhan.

Dia menambahkan, peraihan penjualan tertinggi yang dimiliki oleh kendaraan 7 tempat duduk itu juga menunjukkan bahwa kendaraan 7-seaer cocok untuk pasar Indonesia lantaran masyarakatnya memiliki unsur kebersamaan dan kekeluargaan. Selain itu, pasar Indonesia juga memiliki kebutuhan terhadap kendaraan serbaguna.


2. Wuling – BinguoEV

BinguoEV menjadi kendaraan yang paling laku bagi merek Wuling Motors (Wuling) di ajang GIIAS 2024. Kendaraan itu memberikan kontribusi sebesar 30 persen terhadap total SPK yang diraih dari 18 sampai 28 Juli 2024.

Setelah BinguoEV, kendaraan lain yang juga meraih SPK tinggi di ajang GIIAS 2024 adalah Air EV series dengan kontribusi 26 persen. Adapun, kendaraan Wuling CloudEV memberikan kontribusi SPK sebesar 23 perse.

Secara keseluruhan, manajemen mencatatkan bahwa pemesanan kendaraan yang diraih mencapai 2.301 unit sepanjang penyelenggaraan pameran otomotif tersebut.


3. Honda – Brio

Sepanjang GIIAS 2024, PT Honda Prospect Motor mencatatkan surat pemesanan kendaraan mencapai 1.861 unit. Dari total itu, kombinasi Honda Brio Satya dan Honda Brio RS berhasil memberikan kontribusi sekitar 43 persen atau 800 unit.

Selain Brio, model lain yang menjadi pemberi kontribusi adalah Honda HR-V sebanyak 386 unit, Honda WR-V mencapai 344 unit, Honda BR-V sebanyak 164 unit, dan Honda CR-V mencapai 109 unit.


4. KIA – KIA Sonet

PT Kreta Indo Artha (KIA), selaku agen pemegang merek Kia di Indonesia, mencatatkan SPK sebanyak 571 unit selama pameran GIIAS 2024 berlangsung. Dari total itu, Kia Sonet merupakan jenis kendaraan yang paling laku dengan total SPK mencapai 262.

Setelah Sonet, kendaraan lain yang juga memberikan kontribusi terhadap penjualan perusahaan di GIIAS 2024 adalah Carnival dan Carens dengan perolehan SPK masing-masing sebanyak 80 unit. Sementara itu, manajemen mendapatkan SPK untuk mobil Kia Seltos sebanyak 67 unit.

Adapun di lini kendaraan elektrifikasi, seri EV9 adalah kendaraan listrik murni Kia yang paling diminati dengan raihan total SPK sebanyak 45 unit yang terdiri dari 25 unit EV9 GT-Line dan 20 unit EV9 Earth.

Kemudian, kendaraan lainnya adalah EV6 GT-Line dengan jumlah SPK sebanyak 15 unit. Selain itu, manajemen mencatat jumlah SPK untuk Carnival Hybrid mencapai 22.


5. Mitsubishi – Xpander

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mendapatkan total 3.353 pesanan kendaraan (SPK) selama ajang GIIAS 2024. Dari total itu, kendaraan serbaguna Xpander menjadi kontributor terbesar dengan total 45 persen.

Selain Xpander, SUV Xforce menjadi kendaraan lain yang paling laku dari Mitsubishi dengan kontribusi sebesar 30 persen dari total SPK yang diraih perusahaan. Setelah itu, manajemen mencatat New Pajero Sport berada di posisi 3 kendaraan paling laku dari Mitsubishi dengan kontribusi SPK sebanyak 22 persen.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Dream Concert World in Japan 2024 Ditunda, Ini Alasannya

BERIKUTNYA

REKT Jadi Coach Alter Ego MPL ID S14, Cek Daftar Roster Lengkapnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: