Ditto Percussion (Sumber Foto: Instagram/@dittopercussion)

Ditto Percussion Kibarkan Bendera Indonesia di Garis Finis Ironman Triathlon Swedia

19 August 2024   |   20:07 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Muhammad Pradana Budiarto atau yang juga dikenal sebagai Ditto Percussion baru saja mengikuti event triathlon di Swedia, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. Suami dari Ayudia Bing Slamet tersebut berhasil sampai ke garis finish membawa bendera Indonesia.

Ajang Ironman Triathlon, menggabungkan renang, sepeda, dan lari dengan total jarak 225.9 km. Pesertanya mulai berenang sejauh 3.8 km di lautan. Setelah mencapai garis finish, dilanjutkan dengan bersepeda sejauh 180 km, lalu berlari sejauh 42.195 km.

Baca juga: Tim Triatlon Belgia Mundur dari Nomor Estafet Campuran di Olimpiade Paris 2024

"Indonesia ini untuk mu! Dirhagayu negeri ku! Sengaja pilih race di tanggal kemerdekaan mu agar ku bisa mengibarkan Bendera ini di Kalmar Swedia! Dan Buktikan Orang Indonesia Bisa ! .. dan race kali ini saya jadi tau yang Namanya perjuangan itu beraaat! Terimakasih Pahlawan Pahlawan ku," tulisnya pada unggahan akun Instagram, dikutip Senin (19/8/2024). 
 

 
Ditto Percussion berhasil mencapai garis finish ironman Triathlon di Swedia dalam waktu 12 jam 51 menit. Tahun lalu, dia mengikuti Ironman Triathlon pada December 2023, berselang tujuh bulan, tepatnya Agustus ini dia kembali mendaftar untuk ikut perlombaan ini karena bertepatan dengan momen Hari Kemerdekaaan Indonesia.


Mengenal Turnamen Ironman Triathlon

Ironman Triathlon diselenggarakan oleh World Triathlon Corporation (WTC) dan dinobatkan sebagai perlombaan olahraga paling ekstrem dan sulit. Ajang ini digelar di beberapa kota seluruh dunia. Adapun Ironman Triathlon di Kalmar, Swedia menyuguhkan pemandangan kota kecil, Kalmar dengan pesona tepi laut yang cantik dan asri. 

Perlombaan terdiri dari renang sejauh 2,4 mil (3,9 km), bersepeda sejauh 112 mil (180,2 km), dan lari maraton sejauh 26,22 mil (42,2 km) yang diselesaikan secara berurutan dengan total jarak tempuh 140,6 mil (226,3 km). 

Ajang ini memiliki batas waktu 16 atau 17 jam untuk menyelesaikan lomba, tergantung lintasan, dengan lomba biasanya dimulai pukul 7:00 pagi.

Waktu maksimum untuk menyelesaikan renang 2,4 mil (3,86 km) adalah 2 jam 20 menit. Selanjutnya waktu batas wajib bersepeda saat seorang atlet harus menyelesaikan renang, transisi, lalu bersepeda umumnya bervariasi antara 10 jam dan 10 jam 30 menit sejak atlet memulai renangnya. Lalu batas waktu lari bervariasi antara 16 dan 17 jam sejak atlet memulai renangnya. 

Ada lebih dari tiga lusin perlombaan triathlon Ironman di seluruh dunia yang diikuti oleh atlet profesional sampai amatir. Pemenangnya akan diikutsertakan dalam Kejuaraan Dunia Ironman yang diselenggarakan di Kailua-Kona. 

Baca juga: Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Setelah Maraton Supaya Terhindar dari Cedera

Turnamen olahraga ini telah digelar setiap tahunnya di Hawaii sejak 1978, dengan perlombaan tambahan pada 1982. Awalnya ajang ini diadakan di Oahu, lalu dipindahkan ke Kailua-Kona pada 1981 dan masih berlangsung sampai saat ini. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Tim Thailand Kuasai Puncak Klasemen Pekan 1 FFWS SEA 2024, Indonesia Masih Punya Peluang

BERIKUTNYA

Hypeprofil Aktris Raline Shah: Jejak Karier Puteri Indonesia hingga Jadi Aktris Layar Lebar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: