Cuplikan film Soekarno (Sumber gambar: Netflix)

Rayakan 77 Tahun Indonesia, Tonton 11 Film Bertema Pahlawan & Perjuangan Kemerdekaan

05 August 2022   |   13:57 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Bulan Agustus selalu identik dengan segala hal yang berhubungan dengan perjuangan dan kemerdekaan. Pasalnya, pada bulan ini, bangsa Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia tiap 17 Agustus, yang tahun ini sudah memasuki usia 77 tahun.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Kemerdekaan sekaligus mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan dari penjajah, salah satunya dengan menonton film. Selain menambah pengetahuan akan sejarah bangsa, menonton film juga bisa menjadi momen untuk menguatkan rasa cinta Tanah Air dan semangat nasionalisme kepada ibu pertiwi.

Berikut adalah 11 film bertema pahlawan dan perjuangan kemerdekaan yang wajib kalian tonton menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia.
 

1. Merah Putih (2009)


Film Merah Putih yang dirilis pada 2009 ini merupakan salah satu bagian dari Trilogi Merdeka. Disutradarai oleh Yadi Sugandi, Merah Putih merupakan film trilogi bertema perjuangan kemerdekaan yang pertama di Indonesia. Film ini bercerita tentang sekelompok anak muda yang  berasal dari suku dan kelas sosial yang berbeda, dan tergabung dalam pasukan tentara perjuangan melawan Belanda pada 1947.
 

2. Soegija (2012)


Soegija adalah film drama epik sejarah yang mengambil cerita dari catatan harian tokoh Pahlawan Nasional Mgr. Soegijapranata, dengan mengambil latar belakang Perang Kemerdekaan Indonesia dan pendirian Republik Indonesia Serikat (RIS) pada periode tahun 1940 -1949. 

Film garapan sutradara kondang Garin Nugroho itu menampilkan peran uskup Soegija dalam meringankan beban penderitaan rakyat di tengah kekacauan perang. Dia mencoba berperan di semua tingkat, baik politik lokal, nasional dan internasional. Atas peran sertanya, Presiden Soekarno memberikan penghargaan dengan gelar Pahlawan Nasional.
 

3. Soekarno (2013)


Film garapan sutradara ternama Hanung Bramantyo ini menceritakan perjalanan hidup Soekarno sebagai sang proklamator bangsa. Film Soekarno menampilkan Ario Bayu sebagai sosok Bung Karno, beradu peran dengan Lukman Sardi, Maudy Koesnaedi, hingga Sujiwo Tejo. Karena sarat nilai perjuangan, film dengan durasi 137 menit ini berhasil menyabet gelar Film Terpuji dari Festival Film Bandung (FFB) ke-27 pada 2014.
 

4. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)


Guru Bangsa: Tjokroaminoto adalah film yang mengisahkan perjuangan HOS Tjokroaminoto dalam mendapatkan hak dan martabat masyarakat Indonesia. Film yang berlatar belakang pada masa penjajahan ini disutradarai oleh Garin Nugroho dan dibintangi oleh Reza Rahadian sebagai pemeran utama. 
 

5. Battle of Surabaya (2015)


Battle of Surabaya adalah film animasi 2D, drama, aksi dan sejarah Indonesia produksi MSV Pictures. Karya perdana sutradara muda Aryanto Yuniawan ini menampilkan tokoh dan cerita fiktif, tetapi berlatar belakang sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada saat perang Surabaya 1945.

Film ini menceritakan petualangan Musa, remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir bagi perjuangan pejuang arek-arek Suroboyo dan TKR dalam peristiwa pertempuran dahsyat 10 November 1945 di Surabaya.
 

6. Jenderal Soedirman (2015)


Film berdurasi dua jam ini  menceritakan tentang perjuangan Jenderal Soedirman pada masa kolonial Belanda di Indonesia. Ceritanya berfokus pada perjuangan Sang Jenderal yang mengalami sakit keras ketika melakukan perjalanan ke Selatan untuk misi gerilya selama tujuh bulan.

Akan tetapi, misi gerilya tersebut berhasil membuat pasukan Belanda kewalahan karena kehabisan logistik dan akhirnya menandatangani perjanjian Roem-Royen. Dari sinilah Belanda mengakui kedaulatan bangsa Indonesia.
1
2


SEBELUMNYA

Mezzaluna Eksplorasi Musik R&B dalam Single You Should Know

BERIKUTNYA

Tembus 700.000 Penonton Hari Pertama Rilis, Pengabdi Setan 2: Communion Masuk 10 Besar Film Terlaris 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: