Gelora Bung Karno (GBK) menjadi salah satu destinasi festival selama HUT Ke-77 RI. (Sumber gambar: Unsplash)

Rekomendasi 9 Acara Menarik yang Bisa Kalian Kunjungi saat HUT ke-77 RI di Jakarta

17 August 2022   |   08:14 WIB

Indonesia merayakan pekan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia pada, Rabu (17/8/2022). Biasanya, perayaan ini tidak hanya dirayakan selama satu hari, tapi bisa mencapai satu bulan hingga akhir Agustus 2022 dengan ragam kegiatan dan aktivitas yang bisa dilakukan semua masyarakat.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan selama Agustus 2022 adalah berkunjung ke berbagai acara dan festival yang tersebar di berbagai kawasan di Jakarta. Acara ini sendiri berlangsung mulai dari awal hingga akhir bulan ini dengan variasi kegiatan dan konsep.

Mulai dari acara warisan budaya sampai festival kuliner Nusantara, yuk intip beberapa acara di Jakarta yang hadir selama bulan ini.
 

1. Jagantara (29 Juli-21 Agustus)

Berlokasi di ASHTA District 8, SCBD, acara ini merupakan pameran berbagai mitra atau tenant yang menyajikan kuliner berupa jajanan pasar, makanan jadul khas Indonesia, hingga warung kopi bergaya jadul dan gerobak dengan berbagai makanan dan minuman.
 

2. Festival Pedas (11 Agustus-4 September)

Bagi Genhype yang suka dengan makanan atau hidangan bercita rasa pedas, maka Festival Pedas di Mall Sarinah Thamrin bisa jadi destinasi kuliner yang nbisa dikunjungi. Acara ini menghadirkan sejumlah tenant dengan hidangan pedas hingga lomba makan pedas dan demo masak.
 

3. Pop Art Jakarta (12 Agustus-4 September)

Kalau ingin berkunjung ke pameran seni, Pop Art Jakarta yang diselenggarakan di Senayan Park bisa jadi destinasi seni terbaru yang menarik. Pagelaran kedua sejak 2021 ini kembali dengan tema Collecting Moments and Happiness dengan berbagai seni instalasi dengan karya interaktif dan kekayaan intelektual kreatif produksi lokal.
 

4. Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan (13-22 Agustus)

Berlokasi di Gedung Sarinah, pameran yang menyajikan berbagai arsip dan mobil kepresidenan dari masa ke masa ini digelar sebagai upaya untuk mengajak masyarakat dalam melihat perjalanan para pendiri bangsa Indonesia. Setidaknya ada 104 arsip foto, 44 berkas arsip, empat arsip video, dua arsip suara, dan beberapa mobil kepresidenan dihadirkan pada lantai Ground Floor sampai Lantai 2 gedung tersebut.
 

5. Bounce Independence Day 2022 (17 Agustus)

Hanya diselenggarakan selama satu hari, acara dari Bounce Street Asia ini akan menghadirkan beragam kegiatan olahraga dan hiburan seperti fashion show dengan tema pakaian 1990an, galasin, balap karung, panjat pinang, hingga permainan tradisional lainnya dengan kombinasi menggunakan trampolin.
 

6. Indancenesia Vol.02: Kebaya Goes To UNESCO (17-28 Agustus)

Jika ingin menyaksikan kompetisi tarian modern tradisional Indonesia, acara dari Mall Central Park di Jakarta Barat ini bisa jadi salah satu acara yang bisa dikunjungi sambil berjalan-jalan di kawasan mal. Kompetisi tari ini akan diselenggarakan bersamaan dengan acara internal lain seperti Pergikuliner Ruang Rasa Indonesia: The Melting Pot of Indonesian Cuisine dan kampanye kebaya sebagai warisan budaya Indonesia.
 

7. Kriya Perempuan Indonesia (17-21 Agustus)

Pos Bloc juga memiliki destinasi fashion dan seni yang bisa dikunjungi pada pekan ini, di mana acara milik Pasar Keliling dan Ataya Event ini akan menyajikan pop up artisan market dengan karya-karya fesyen, seni, hingga kriya dan kuliner dari para perempuan Indonesia. Untuk berkunjung, Genhype bisa datang ke area Great Hall lho!
 

8. Festival Destinasi Marunda dan Rumah Si Pitung (20 Agustus)

Diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Jakarta Utara, acara ini akan hadir sebagai bagian dari perayaan HUT Ke-77 RI di kota tersebut. Nantinya, ada ragam kegiatan pelestarian budaya dan makanan khas Betawi yang hadir bersamaan dengan Festival Kuliner Nusantara pada 27-28 Agustus di Mall Artha Gading.
 

9. Festival Musikal Indonesia (20-21 Agustus)

Bagi Genhype yang ingin menghabiskan waktu akhir pekan untuk datang ke pementasan seni, maka acara di Ciputra Artpreneur ini bisa jadi alternatifnya. Festival ini memiliki empat program yang terdiri dari pertunjukan musikan dari beragam grup dan komunitas seni, seminar, pameran, dan acara kuliner. Beberapa penampilan yang dihadirkan adalah Dien dari Artswara, Ken Dedes dari EKI Dance Company, Blood Brothers dari Kampus Betawi, dan lainnya.

Selain beberapa acara ini, hari ini juga Jakarta Melayu Festival di Ancol Beach City yang merupakan festival musik Melayu, Atraksi Seni Kreatif di Ruang Publik di Masjid Akbar Kebayoran dan Kawasan Kota Tua, Festival Kangen Masakan Nusantara di Lobby Berlian 2 Blok M Square pada 17-21 Agustus, Jatinegara Creative Festival pada 20 Agustus di Taman Benyamin Sueb, dan tur Jejak Langkah Kemerdekaan dari Jakarta Good Guide pada 21 Agustus.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Intip Restoran Korea yang Bernuansa Kapal Antariksa Futuristik di Senopati

BERIKUTNYA

Simak Fakta-fakta Menarik Istana Merdeka yang Menjadi Tempat Perayaan HUT RI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: