Cokelat merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 dengan tampilan visual yang penuh makna. (Sumber foto: Cokelat Band)

Begini Cara Band Cokelat Mengekspresikan Hari Kemerdekaan

19 August 2024   |   17:12 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Band rock legendaris Indonesia, Cokelat, merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan tampilan visual yang penuh makna. Dalam postingan Instagram resminya, @Cokelat_band, Kikan, Edwin, Ernest, Ronny, dan Ervin tampak mengenakan kostum bertema pejuang kemerdekaan berlatar simbol-simbol kemajuan Bangsa.

Penampilan ini tidak sekadar menjadi hiasan visual yang menarik, tetapi juga mengandung pesan mendalam yang ingin disampaikan oleh band yang dikenal lewat lagu ikonik mereka berjudul Bendera.

Sang vokalis, Kikan, menjelaskan bahwa foto-foto ini adalah bentuk penghargaan kepada para pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan Indonesia.

"Kami menampilkan image pejuang dalam postingan terkini adalah sebagai bentuk penghargaan kepada seluruh pejuang yang telah mengorbankan seluruh jiwa dan raganya untuk kemerdekaan Bangsa ini," ujar Kikan dalam siaran pers.

Baca juga: The Guardian of Nusantara Karya Terbaru Komposer Alffy Rev Rilis pada Momen HUT Kemerdekaan Indonesia

Lebih lanjut, Kikan mengungkapkan bahwa melalui foto-foto ini, Cokelat ingin menonjolkan kontras antara pakaian yang mereka kenakan dengan latar belakang gedung-gedung tinggi yang melambangkan kemajuan dan pembangunan masa kini.

Konsep ini bertujuan untuk menggarisbawahi transformasi Indonesia dari masa perjuangan hingga era modern yang penuh dengan pencapaian.
.

"Lebih spesifiknya, lewat foto-foto ini kami ingin menyajikan ketajaman kontras antara pakaian yang kami kenakan dengan background gedung-gedung menjulang tinggi sebagai representasi pembangunan hari ini," jelas Kikan.

Bagi Kikan dan Cokelat, sesi foto spesial ini adalah cara mereka merayakan hari kemerdekaan dengan cara yang berbeda. Dia juga mengajak para penikmat musik untuk menafsirkan pesan yang ingin disampaikan melalui visual yang kuat ini. "Salah satu cara kami dalam merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia adalah dengan melakukan sesi foto spesial ini," kata Kikan.

Sebagai band yang lagunya, Bendera, telah menjadi soundtrack utama dalam perayaan 17-an di seluruh Indonesia, Cokelat merasa perlu untuk menyampaikan pesan mendalam melalui cara yang lebih visual tahun ini.

"Kami sadar bahwa lagu Bendera yang kami bawakan sudah menjadi lagu ikonik di setiap perhelatan 17-an, tahun ini kami memilih untuk melakukan photoshoot yang secara image bisa menyiratkan pesan mendalam kami lewat foto," tambahnya.

Sebagai informasi, single Bendera yang dinyanyikan oleh Kikan cs merupakan karya dari gitaris Sheila On 7, Eross Chandra, Eross merasa bahwa Bendera lebih cocok dibawakan oleh Cokelat dengan aransemen yang lebih heavy dan vokal Kikan yang khas.

"Saya yakin suaranya Kikan udah pasti cocok, secara aransemen, Cokelat itu lebih heavy dari Sheila On 7," ujar Eross, megutip dari siniar yang diunggah di Youtube oleh Soundcorners.

Baca juga: Ada Pengibaran Bendera di Air dan Konser Kemerdekaan di Ancol Taman Impian

Cokelat berharap melalui postingan ini, setiap orang, terlepas dari profesinya, dapat berkontribusi nyata bagi Bangsa Indonesia di era kemerdekaan ini.

"Pesan kami bagi generasi selanjutnya, apapun profesimu, lakukan sepenuh hati dan berikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa di alam merdeka ini," tutup Kikan. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Alain Delon Tutup Usia 88 Tahun, Tinggalkan Jejak Mendalam di Dunia Perfilman

BERIKUTNYA

Profil dan Rekam Jejak Alain Delon, Aktor Prancis Legendaris yang Berjaya pada Era 70-an

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: