Upacara pengibaran bendera Merah Putih (Sumber Foto: Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)

Ada Pengibaran Bendera di Air dan Konser Kemerdekaan di Ancol Taman Impian

16 August 2024   |   17:45 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Ancol Taman Impian menghadirkan beragam acara spesial selama dua hari dalam rangka merayakan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79. Salah satu acara yang dinanti-nantikan adalah pengibaran bendera Merah Putih dalam air di Sea World.

Gladi resik pengibaran bendera Merah Putih dalam air telah dilakukan, Kamis (15/8/2024). Bertepatan dengan momen tersebut, Ancol Taman Impian juga mengumumkan serangkaian kegiatan menarik seperti perlombaan khas 17-an dan konser musik MerdekaRia yang akan digelar pada 17-18 Agustus 2024.

Baca juga: Sambut Kemerdekaan, Berikut 10 Promo Makanan dan Minuman dari Sejumlah Brand

Selama dua hari tersebut, Ancol Taman Impian mengantisipasi kedatangan banyak pengunjung yang ditargetkan mencapai 8.000 orang, jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak 7.800 orang. Nah Genhype, yuk simak rangkaian acara spesial perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di Ancol.
 

G

Gladi resik pengibaran bendera Merah Putih dalam air (Sumber Foto: Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)


1. Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih 

Acara spesial HUT RI-Ke 79 di Ancol akan dimulai dengan upacara pengibaran bendera Merah Putih di Bundaran Timur Symphony of The Sea pada 17 Agustus mulai pukul 06.30 WIB. Upacara ini akan diikuti oleh perwakilan karyawan, siswa sekolah binaan Ancol, mitra kerjasama, serta terbuka juga untuk seluruh pengunjung Ancol.

Upacara pengibaran bendera juga akan dilaksanakan di Sea World Ancol. Upacara pengibaran bendera akan di lakukan di bawah air, yakni di aquarium utama Sea World yang memuat ratusan ikan di dalamnya. Pengunjung bisa menyaksikan upacara di bawah air pada 17 Agustus pukul 10.00 WIB. Setelah itu akan ada juga pengibaran bendera berukuran besar yang akan berlangsung hingga 18 Agustus 2024.
 

U

Upacara pengibaran bendera Merah Putih akan digelar di Sea World (Sumber Foto: Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)


2. Lomba Tradisional Agustusan

Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia tentunya identik dengan perlombaan seperti permainan tradisional yang sarat akan nilai-nilai sportivitas, kerjasama, dan kerja keras untuk mencapai tujuan. Layaknya perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan kemerdekaan.

Ancol akan menggelar banyak perlombaan khas 17-an di semua unit rekreasinya. Lomba yang paling ditunggu adalah panjat pinang kolosal yang tahun ini akan menghadirkan total 53 pohon pinang dengan hadiah masing-masing pohon hingga jutaan rupiah.

Sebanyak 51 pohon akan dilombakan serentak di Pantai Festival pada 17 Agustus 2023 mulai 13.00 WIB, sedangkan dua pohon lagi akan dilombakan di Atlantis Ancol di hari yang sama pukul 12.15 WIB.

Baca juga: Begini Susunan Upacara Bendera Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI

Tidak hanya panjat pinang, di Pantai Festival juga akan ada perlombaan lomba makan kerupuk jumbo, bola kepala, gelas balon, paku botol, goyang kardus dan masih banyak permainan seru lainnya yang akan digelar 17 Agustus mulai pukul 09.00 WIB.

Dunia Fantasi juga akan menggelar perlombaan antara lain lomba kelereng, tiup balon, rias wajah dengan diiringi live music dan MC Gloria & Alvin. Lomba ini digelar di depan wahana Turangga-rangga pukul 17.00 WIB di setiap akhir pekan Agustus ini. 

Selain itu, lomba khas seperti balap karung, balap kelereng, makan kerupuk juga bisa ditemui di Sea World Ancol, Samudra Ancol dan juga Altantis Ancol pada 17 & 18 Agustus.


3. Musikal dan Pertunjukan Seni Lainnya

Ancol juga menghadirkan banyak pertunjukan spesial yang hanya bisa disaksikan di momen Kemerdekaan Indonesia, yakni sepanjang Agustus saja. Misalnya, drama Musikal Bambu Runcing yang akan menghibur pengunjung Dunia Fantasi dengan atraksi yang memukau pada pukul 18.30 WIB di Panggung Hysteria. 

Namun, sebelum itu pada pukul 14.30 WIB akan hadir pertunjukkan Fantasy Clown yang jenaka dan di Indoor Dufan dan pertunjukkan Laserman Show pukul 13.00 WIB. Parade Akbar Kemerdekaan juga akan memeriahkan Dunia Fantasi pada pukul 16.30 WIB dengan kostum-kostum pejuang dan marching band yang dimulai dari area Balaikota Dufan.

Pertunjukkan spesial lainnya yang tak kalah menarik adalah Gebyar Merah Putih di Underwater Theater Samudra Ancol. Saksikan atraksi dari penyelam ballerina dengan kostum nuansa merah putih dan penyelam yang akan mengibarkan bendera merah putih di dalam air pada pukul 09.30, 11.30 dan 14.30 WIB. Jangan lewatkan juga pertunjukkan Kampung Merdeka bersama Singa Laut pada pukul 10.15, 12.30, 15.15 WIB.

Jakarta Bird Land juga akan menghadirkan pertunjukkan spesial yaitu Special Interactive Birdshow yang akan membawa nuansa kemerdekaan. Pengunjung bisa menyaksikan kepintaran burung jenis paruh bengkok dalam menaikkan bendera, memindahkan cincin dan atraksi lucu lainnya.


4. Pawai Nusantara & Konser Musik

Kemeriahan terus berlanjut dengan adanya Pawai Nusantara MerdekaRia. Lomba gerak jalan ini terbuka untuk umum dengan jumlah maksimal per grup 20 orang dan memperebutkan hadiah total senilai 28 juta rupiah. Lomba akan dilaksanakan pada 18 Agustus di Symphony of The Sea Ancol pada pukul 09.00 - 13.00 WIB. 

Ancol juga menggelar lomba band musik bertajuk Battle of The Bands yang akan diselenggarakan di Pasar Seni Ancol pada 18 Agustus mulai pukul 09.00 WIB. Lomba ini akan memberikan hadiah total senilai 37 juta rupiah bagi para pemenangnya.

Baca juga: Pameran Baparekraf Game Prime 2024 Siap Digelar Pas Hari Kemerdekaan

Rangkaian acara spesial perayaan HUT RI Ke-79 ini akan ditutup dengan MerdekaRia Fest yang akan menghadirkan bintang tamu Rocket Rockers, The Sigit dan Voice of Baceprot. Konser musik akan berlangsung di Pantai Festival dan dimulai pukul 17.00 WIB. Pengunjung yang ingin menyaksikan konser ini cukup dengan membeli tiket masuk kawasan Ancol Taman Impian saja.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Swedia Ungkap Temuan Monkeypox Clade 1 Sebagai Kasus Pertama di Luar Afrika

BERIKUTNYA

Info Pelatihan Cyber Security dari Google, Cisco & Alibaba di Digitalent Kominfo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: