Kepergian Alain Delon meinggalkan luka yang medalam, khususnya bagi sanak keluarga dan rakyat Prancis. (Sumber foto: Instagram/@alaindelondaily)

Alain Delon Tutup Usia 88 Tahun, Tinggalkan Jejak Mendalam di Dunia Perfilman

19 August 2024   |   14:21 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Aktor legendaris asal Prancis, Alain Delon, dikabarkan meninggal dunia pada usia 88 tahun, Minggu pagi (18/8) waktu setempat. Kabar duka ini dikonfirmasi oleh keluarga Delon, yang menyatakan bahwa sang aktor legendaris itu mengembuskan napas terakhir di Douchy, Prancis.

Alain Delon dikenal sebagai salah satu aktor berbakat di dunia perfilman. Delon terkenal karena kemampuannya memerankan karakter antagonis maupun protagonis dengan sangat baik.

Popularitasnya mulai meroket setelah dia berperan dalam film-film klasik seperti The Samurai dan Borsalino. Kariernya yang gemilang membuatnya menjadi salah satu ikon sinema Prancis dan industri film Hollywood.

Baca juga: 3 Legenda WWE yang Sukses Berkarier Sebagai Aktor Hollywood

Menurut laporan dari BBC, Delon telah lama menderita sakit yang serius sebelum akhirnya meninggal dunia. Brigitte Bardot, rekan sesama aktor dan sahabat lama Delon, memimpin penghormatan terakhir sebelum jenazahnya disemayamkan. 

Brigitte Bardot menyebut Delon sebagai sosok yang memiliki kepribadian tampan dan cemerlang. Bardot merasa sangat kehilangan atas kepergian Delon. "Delon merupakan seseorang yang memiliki  keanggunan, bakat,dan kecantikan. Saya kehilangan seorang teman, alter ego, dan mitra," ujar Bardot.

Bardot, dengan mata berkaca-kaca, mengungkapkan rasa kehilangan yang mendalam. "Kekosongan besar yang tidak bisa diisi oleh apa pun dan siapa pun," ujar Bardot dengan penuh haru.

Presiden Prancis Emmanuel Macron juga turut menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Delon. Macron menyebut Delon sebagai sosok legendaris yang mampu membuat dunia bermimpi.

"Dia adalah seorang bintang di Prancis, melankolis, populer dan penuh rahasia. Dia lebih dari sekadar bintang, dia adalah sebuah monumen Prancis," puji Macron, melalui akun X pribadinya.

Media Prancis juga memberikan penghormatan khusus untuk Delon. Salah satu surat kabar Le Parisien menjuluki Delon sebagai 'legenda sinema'.

Melansir dari laman The Guardians, penghargaan terakhir yang diraih oleh Delon adalah penghargaan Palme d'Or sebagai kehormatan di Festival Film Cannes pada Mei 2019. Dalam acara tersebut, Delon tampak mengucapkan selamat tinggal kepada dunia perfilman.

"Ini semacam penghormatan anumerta, tapi dari masa hidup saya," kata Delon. "Saya akan pergi, tapi saya tidak akan pergi tanpa mengucapkan terima kasih."

Gilles Jacob, mantan presiden Festival Cannes, menggambarkan Delon sebagai "seekor singa, Delon merupakan seorang aktor dengan tatapan tajam,"

sementara Alberto Barbera, direktur Festival Film Venesia, menyebutnya sebagai ikon yang telah mendaki ke 'Olympus keabadian'.

Selama puluhan tahun, netizen di Prancis telah mengikuti karier Delon yang penuh warna, termasuk kehidupan cintanya yang juga menarik perhatian.

Baca juga: Profil Harrison Ford, Aktor Kawakan yang Berpengaruh Besar di Perfilman Hollywood

Kendati demikian, Delon juga menghadapi kritik karena dukungannya terhadap Jean-Marie Le Pen, pemimpin Front Nasional sayap kanan, dan sikapnya terhadap isu-isu menentang pernikahan sesama jenis.

Selama kariernya, Delon telah membintangi sekitar 90 film. Beberapa film terkenal yang dibintangi Delon, seperti The Leopard dan Rocco and His Brothers, telah mengukuhkan posisinya sebagai salah satu populer di Prancis.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cek Daftar Penampil Pertama DWP 2024, Anyma hingga Timmy Trumpet

BERIKUTNYA

Begini Cara Band Cokelat Mengekspresikan Hari Kemerdekaan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: