Hobi industri on Unsplash

Yuk Intip Kemeriahaan Perayaan Hari Kemerdekaan di Sejumlah Negara

17 August 2021   |   19:04 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Perayaan Hari Kemerdekaan biasa diperingati oleh negara-negara di seluruh dunia sebagai perayaan yang unik yang menandai kedaulatan dari suatu bangsa. Di Indonesia, kita merayakan Hari Kemerdekaan dengan upacara bendera dan lomba-lomba yang seru.

Di Indonesia pada saat normal, HUT Kemerdekaan dirayakan dengan cara yang unik dan spesial. Presiden memimpin upacara pengibaran bendera di Istana Merdeka. Sementara itu, masyarakat di seluruh Indonesia juga akan menghias seluruh lingkungan mereka dengan warna merah dan putih – warna bendera nasional.

Sebagian masyarakat Indonesia juga biasanya akan bersama-sama memeriahkannya dengan kompetisi. salah satu yang populer adalah kompetisi makan kerupuk, yang dapat diikuti anak-anak dan orang dewasa dengan tangan terikat seraya menghabiskan kerupuk yang menggantung di udara. Kegiatan seru lainnya adalah balap karung, panjat pinang, dan tarik tambang. Nah, bagaimana dengan perayaan kemerdekaan bangsa lain?
 
  • PRANCIS
 

ilustrasi (dok Joey DeSousa/Unsplash)

ilustrasi (dok Joey DeSousa/Unsplash)


Hari Kemerdekaan Perancis dirayakan setiap 14 Juli, untuk memperingati penyerbuan penjara Bastille yang mengawali Revolusi Prancis. Selama Hari Bastille, Presiden Prancis dapat memberikan pengampunan pada tahanan. Selain itu, para pemadam kebakaran juga turut merayakan dengan berpesta dansa. Warga Perancis juga melakukan berbagai kegiatan lainnya termasuk parade militer, dan festival kembang api diberbagai penjuru kota, salah satunya di Menara Ei­ffel, Paris.
 
  • MEKSIKO  
 

ilustrasi (dok Juan Manuel Aguilar/Unsplash)

ilustrasi (dok Juan Manuel Aguilar/Unsplash)


Setiap 16 September Meksiko memperingati proklamasi kemerdekaan mereka yang diproklamirkan pada tahun 1810 lepas dari Spanyol. Perayaan dimulai pukul 11 malam. Pada 15 September ketika presiden membunyikan lonceng kebebasan bersejarah kemudian berteriak "Mexicanos, Viva Mexico." Penonton juga menyanyikannya, lalu menyanyikan lagu kebangsaan. Kegiatan yang dilakukan pada siang hari juga termasuk rodeo, adu banteng, parade, dan tarian tradisional Meksiko.
  • INDIA
 

ilustrasi (dok Jpydeep Sensarma/Unsplash)

ilustrasi (dok Jpydeep Sensarma/Unsplash)


India merayakan Hari Kemerdekaan mereka pada tanggal 15 Agustus. Perdana Menteri menyampaikan pidato di Benteng Merah di ibu kota New Delhi. Sementara itu, tiap rumah, sekolah, dan gedung pemerintah semuanya mengibarkan bendera nasional. Ada juga tradisi menerbangkan layang-layang yang populer di seluruh negeri, dan orang mencoba membuat layang-layang satu sama lain jatuh.


Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Membanggakan! 16 Brand Lokal Indonesia Tampil di Times Square New York

BERIKUTNYA

Rayakan Kemerdekaan dengan Bikin Menu Bertema Merah Putih Yuk

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: