Alain Delon (Sumber Foto: Instagram/@alaindelondaily)

Profil dan Rekam Jejak Alain Delon, Aktor Prancis Legendaris yang Berjaya pada Era 70-an

19 August 2024   |   21:27 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Aktor dan produser film asal Prancis, Alain Delon telah mengembuskan napas terakhirnya pada Minggu (18/8/2024) pagi waktu setempat. Kabar kematian Alain Delon disampaikan oleh pihak keluarganya, di mana anak-anaknya mengatakan bahwa sang ayah wafat di rumahnya di kawasan Douchy dikelilingi keluarga tercinta.

Pria pemilik nama asli, Alain Fabien Maurice Marcel Delon tersebut lahir pada 8 November 1935 di Sceaux, Île-de-France, daerah pinggiran Kota Paris. Dia pernah menikah beberapa kali, terakhir dengan Rosalie van Breemen pada 1987, namun tak bertahan lama, mereka bercerai pada 2001. Sepanjang hidupnya dia tercatat memiliki empat anak, yakni Anthony, Anouchka, Alain-Fabien, dan Christian Aaron Boulogne.

Baca juga: Alain Delon Tutup Usia 88 Tahun, Tinggalkan Jejak Mendalam di Dunia Perfilman

Alain Delon mulai menyelami dunia akting pada 1957-1958 tanpa melalui pelatihan khusus sebagai aktor. Dia ditemukan oleh Henry Willson, yang bertugas merekrut bakat baru atas nama produser film Amerika David O. Selznick. Delon kemudian menjalani audisi, lalu Selznick menawarinya kontrak selama 7 tahun di Amerika Serikat dengan syarat dia belajar Bahasa Inggris.

Sang aktor kembali ke Prancis untuk menekuni Bahasa Inggris, sambil menerima berbagai tawaran proyek bermain film. Dia bertemu dengan sutradara Yves Allégret yang mempekerjakannya untuk membuat film pertamanya, Quand la femme s'en mêle, di mana Delon memainkan peran kecil bersama Edwige Feuillère. 

Beberapa tahun kemudian Delon mulai mendulang kesuksesan di pasar perfilman Hollywood. Setelah memerankan peran kecil, dia mulai mendapatkan peran utama dalam komedi Women Are Weak (1959). Film ini menjadi hit besar di Prancis dan merupakan film pertamanya yang ditayangkan di Amerika.

Namanya makin dikenal luas setelah memerakan film klasik Purple Noon (1960). Adaptasi Prancis dari novel Patricia Highsmith, yakni The Talented Mr. Ripley, di mana Delon berperan sebagai Tom Ripley, seorang pemuda sosiopat yang mengambil identitas orang lain.

Filmnya yang lain, Rocco and His Brothers (1960) yang disutradarai oleh Luchino Visconti, di mana Delon berperan sebagai Rocco Parondi, salah satu dari lima putra keluarga miskin di pedesaan Italia. Mereka melakukan perjalanan ke utara dari Lucania bersama ibunya yang janda, yakni Rosaria dan tiga saudaranya Simone, Ciro, dan Luca ke kota industri Milan untuk menemui saudaranya tertuanya, Vincenzo.

Le Samouraï (1967) yang disutradarai oleh Jean-Pierre Melville, juga menjadi salah satu film populernya. Delon memerankan Jef Costello, seorang pembunuh bayaran yang mencoba mencari tahu siapa yang mempekerjakannya untuk kemudian membunuhnya. Sementara seorang komisaris polisi Paris mencoba untuk menangkapnya.

Masih banyak film lainnya yang membuatnya Delon makin dikenal luas, antara lain The Girl on a Motorcycle (1968), La Piscine (1969), Le Cercle Rouge (1970), Un flic (1972), dan Monsieur Klein (1976). 

Baca juga: Jurnalis Rock Berpengaruh Charles R Cross Tutup Usia

Alain Delon tidak hanya dikenal karena bakat aktingnya yang memukau, tetapi juga karena kontribusinya sebagai produser film. Dia bekerja dengan banyak sutradara, termasuk Luchino Visconti, Jean-Luc Godard, Jean-Pierre Melville, Michelangelo Antonioni, dan Louis Malle.

Sepanjang kariernya Delon menerima banyak penghargaan film. Pada 1985, dia memenangkan penghargaan César untuk Aktor Terbaik atas penampilannya dalam Notre histoire (1984). Pada Festival Film Internasional Berlin ke-45, dia memenangkan Penghargaan Beruang Emas, lalu pada Festival Film Cannes 2019, dia menerima Penghargaan Palme d'Or.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Begini Cara Band Cokelat Mengekspresikan Hari Kemerdekaan

BERIKUTNYA

Sejarah & Tema Hari Fotografi Sedunia, Diperingati Tiap 19 Agustus

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: