Salah satu adegan dalam film Kadet 1947 (Sumber gambar: Tangkapan layar official trailer Kadet 1947)

6 Film Nasional untuk Merayakan Bulan Kemerdekaan

01 August 2023   |   18:53 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Agustus selalu menjadi bulan yang istimewa bagi Indonesia, karena kita merayakan hari bersejarah bagi Merah Putih, yaitu Hari Kemerdekaan. Bagi para pencinta film di dalam negeri, merayakan momen ini bisa menjadi lebih berarti dengan menonton film-film bertema kemerdekaan yang menyentuh hati dan membangkitkan patriotisme.

Dalam rangka merayakan bulan kemerdekaan, menonton film tentang kemerdekaan bersama keluarga, sahabat, atau orang terkasih bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Banyak karya film tentang kemerdekaan yang patut disaksikan, karena selain menghibur, film-film tersebut juga memberikan pelajaran berharga tentang sejarah bangsa dan mengingatkan kita akan perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Berikut adalah sejumlah karya film tentang kemerdekaan yang layak untuk ditonton pada bulan ini. Film-film ini menawarkan cerita-cerita yang seru dan mendalam, serta dapat menginspirasi dan meningkatkan rasa cinta tanah air.


1. Merah Putih

Film pertama yang dapat menjadi pilihan untuk ditonton dalam meriahkan bulan ini adalah Merah Putih yang rilis pada 2009 silam. Film yang mendapatkan arahan dari Yadi Sugandi itu bercerita tentang perjuangan tentara Indonesia melawan penjajah Belanda.

Dibintangi oleh Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Teuku Rifnu, Zumi Zola, dan Darius Sinathrya, film ini menyajikan perjuangan sekelompok tentara dengan latar belakang budaya dan agama yang berbeda. Namun, memiliki satu tujuan yang sama, yakni mengusir penjajah dari Indonesia.


2. Darah Garuda

Darah Garuda menjadi film lain yang dapat menjadi pilihan untuk merayakan bulan kemerdekaan dan memeriahkannya. Film yang rilis pada 2010 ini merupakan sekuel dari film Merah Putih atau film kedua dari Trilogi Merdeka yang bercerita tentang perjuangan melawan penjajah.

Para pemeran utama dalam film ini adalah Donny Alamsjah, Lukman Sardi, Darius Sinathrya, Teuku Rifnu, Ario Bayu, Rahayu Saraswati, Rudy Wowor, Atiqah Hasiholan, dan sebagainya. Dalam film ini, mereka harus berhadapan dengan tentara Indonesia yang ternyata berkhianat dan membela penjajah.

Dalam film ini, Sutradara Yadi Sugandi memberikan pengarahan bersama dengan Sutradara Connor Allyn untuk menciptakan cerita yang menarik, seru, dan menghibur.


3. Hati Merdeka

Film lainnya yang dapat menjadi pilihan adalah Hati Merdeka yang tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada 2011. Film ketiga dari Merah Putih dan Darah Garuda ini menjadi karya terakhir yang juga tidak boleh dilewatkan oleh Genhype yang ingin merayakan masa-masa kemerdekaan.

Selain karakter utama yang sudah ada sejak edisi pertama, Hati Merdeka juga menampilkan pemain lainnya seperti penyanyi Nugie yang berperan sebagai Wayan Suta.


4. Soekarno

Soekarno adalah film lain yang dapat menjadi pilihan bagi para pencinta film di dalam negeri untuk menjadi pilihan dalam memeriahkan Agustus tahun ini. Tayang pada 2013 silam, karya garapan Sutradara Hanung Bramantyo ini bercerita tentang perjalanan hidup proklamator bangsa, yakni Soekarno.

Film Soekarno diperankan oleh aktor Ario Bayu yang juga bermain dengan Lukman Sardi, Maudy Koesnaedi, dan Sujiwo Tejo. Film yang berhasil membawa pulang piala dalam Festival Film Bandung itu memiliki durasi 137 menit.
1
2


SEBELUMNYA

Ingin Memulai Karier Sebagai Ilustrator? Simak 3 Tip Ini

BERIKUTNYA

Mengenal Hari Childfree yang Diperingati Tiap 1 Agustus

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: