Profil Harrison Ford (Sumber gambar: X/Critics Choice Awards)

Profil Harrison Ford, Aktor Kawakan yang Berpengaruh Besar di Perfilman Hollywood

15 January 2024   |   21:21 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Harrison Ford mendapat tepuk tangan meriah dari tamu undangan, setelah kompilasi video yang menampilkan beberapa kesuksesan filmnya diputar di ajang Critics Choice Awards 2024. Malam itu, publik Amerika Serikat mengapresiasi rekam jejak keaktorannya yang punya kontribusi penting di Hollywood.

Acara yang digelar di Santa Monica, California, Minggu (14/1/2024) waktu setempat, ini juga jadi saksi sang aktor mendapatkan penghargaan Career Achievement Award. Capaian ini adalah bentuk penghormatan terhadap dedikasi besar Ford terhadap dunia akting Amerika Serikat. 

Dalam dunia peran negeri Paman Sam, Harrison Ford adalah seorang aktor yang dihormati. Kualitas aktingnya tak perlu diragukan lagi. Bahkan, dalam sejumlah karakter, seperti Indiana Jones, begitu lekat dengannya dan membuat pria 81 tahun ini terus memerankan tokoh tersebut di seri-seri selanjutnya.

Baca juga: Daftar Pemenang Critics Choice Awards 2024, Oppenheimer Borong Piala

Lahir pada 13 Juli 1942 di Chicago, Illinois, Harrison Ford adalah seorang aktor dan produser film Amerika Serikat. Dia adalah aktor yang perannya hampir selalu jadi tokoh ikonik. Hal ini membuatnya terus jadi perbincangan.

Darah seni Ford mengalir dari kedua orang tuanya. Ibunya adalah aktris radio, sedangkan ayahnya merupakan eksekutif periklanan. Ketika masih masa sekolah, Ford diketahui tak terlalu berprestasi dalam hal akademik, tetapi punya bakat di bidang akting.

Melansir dari IMDb, Ford memulai karier dengan berperan dalam judul Ironside (1967) dan The Virginian (1962). Namun, kala itu dirinya masih belum menjadi karakter utama yang mendapatkan sorotan. Sempat putus asa, dia pernah banting setir menjadi tukang kayu. Pada akhirnya, passion menuntunnya kembali ke bidang keaktoran. Hanya butuh empat tahun sebelum Ford kembali ke dunia akting lewat film American Graffiti (1973).

Kariernya kemudian makin cemerlang tatkala Ford diberi kesempatan memerankan Han Solo di film Star Wars: Episode IV – A New Hope (1977). Empat tahun setelahnya, dia mendapatkan karakter ikoniknya, Indiana Jones, di film Raiders of the Lost Ark (1981).
 

Pada 1985, Ford masuk dalam nominasi Academy Award dan Golden Globe. Ini didapatnya setelah akting ciamiknya sebagai John Book di film Witness (1985). Nominasi Golden Globe lainnya datang untuk peran Dr. Richard Kimble dalam The Fugitive (1993).

Dia lalu terus membintangi banyak film box office lainnya, dari Presumed Innocent, Blade Runner, dan Working Girl. Uniknya, Ford selalu berperan sebagai pahlawan. Tahun berganti dan kariernya makin melejit.

Setelah kesuksesan Star Wars dan Raiders, Ford memilih peran yang menantang dalam dua film  Peter Weir, Witness dan The Mosquito Coast. Lewat karya itu, dia menerima nominasi Golden Globe sebagai Aktor Terbaik dalam Drama.

Kini di usianya yang menginjak 81 tahun, apa yang telah dilakukannya ketika muda telah berbuah. Penghargaan Career Achievement Award adalah bukti bahwa perannya di berbagai film merupakan sebuah mahakarya abadi darinya.

Apa yang telah dilakukan sang aktor dalam dekade terakhir telah mewarnai perfilman Hollywood, bahkan dunia. Ford juga adalah aktor yang tidak hanya piawai berperan, tetapi juga punya kepintaran secara umum.

Melansir Golden Globes, Ford dianggap sebagai aktor yang tidak hanya pandai bicara, tetapi juga terpelajar. Dalam sebuah momen, Ford tampil begitu keren. Dia pun ditanya soal setelan apa yang sedang dikenakannya.

Ford menjawab “Jika aku tahu (setelan yang aku kenakan, Red), aku tidak akan memberitahumu. Saya di sini bukan untuk menjual pakaian.” Dia selalu memposisikan diri sebagai pelaku seni peran dan hanya itulah tugasnya di industri ini.

Baca juga: Profil Aktris Korea Jang Nara, Umur Kepala 4 Tetap Awet Muda

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rincian Tarif Pajak Kesenian & Hiburan di Jakarta Berdasarkan Perda 2024

BERIKUTNYA

Interaksi dengan AI Makin Kuat, Cek 4 Prediksi Tren Komunikasi Digital 2024 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: