Ratu Elizabeth II (Sumber gambar: Mark de Jong/Unsplash)

Mengenang Ratu Elizabeth II, Simak Profil Lengkap Pemegang Takhta Terlama Inggris Ini

09 September 2022   |   07:40 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kabar duka datang dari The Land of Hope and Glory, Inggris. Pasalnya, penguasa Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II dinyatakan meninggal pada Jumat, 9 September 2022. Sang ratu dikabarkan meninggal di Kastil Balmoral, Skotlandia di usianya yang ke 96 tahun.

Beberapa waktu belakangan, dokter yang merawat Ratu Elizabeth II memang menyatakan kondisi kesehatan sang ratu semakin mengkhawatirkan. Akhirnya Ratu Elizabeth II menghembuskan nafas terakhirnya setelah 70 tahun menduduki tahta kerjaan Inggris dan telah dianugerahi Platinum Jubilee.

Lahir pada 21 April 1926, Ratu Elizabeth memiliki nama asli Queen Elizabeth Alexandra Mary. Ratu Elizabeth II merupakan buah hati dari pasangan Raja George VI Pangeran Albert, dan Elizabeth Bowes-Lyon.

Sejak George V meninggal dunia di pada 1936, sang putra sulung mengambil tahta menjadi Raja Edward VIII. Namun Raja Edward III harus turun takhta saat hatinya lebih memilih Wallis Simpson, seorang sosialita dari Amerika Serikat.

Baca jugaRatu Elizabeth II Meninggal Dunia, Ini Cerita di Balik Penobatannya sebagai Ratu Inggris

Secara tak langsung kejadian ini merubah garis turunnya pewaris tahta kerjaan Inggris. Sang ibu yang menjadi Ratu Elizabeth harus menjadi seorang ibu suri setelah kematian Raja George pada 1952 lalu, dan sang anak ditetapkan sebagai Ratu Elizabeth II.

Ratu Elizabeth II tercatat mengumumkan pidato publik pertamanya di usianya yang ke 14 tahun dalam sebuah acara bertajuk BBC Children’s Hour. Di acara tersebut, sang ratu menguatkan anak yang berpisah dari para orang tua.

Ratu Elizabeth II ditetapkan menjadi ratu penguasa Inggris di usianya yang terbilang muda. Meski penobatan sudah dilakukan sejak 6 Februari 1952, penyerahan mahkota baru dilangsungkan 1 tahun 4 bulan kemudian, yakni pada 2 Juni 1953.

Salah satu peristiwa penting yang pernah melibatkan Ratu Elizabeth II adalah saat dirinya diangkat menjadi Subaltern di Auxiliary Territorial Service yang ditujukan untuk melayani Inggris saat Perang Dunia II terjadi.

Di usianya yang ke 25, Ratu Elizabeth II telah memimpin tahta kerjaan Inggris sejak penobatan di Westminster Abbey. Tak lama dari waktu penobatannya, Ratu Elizabeth II langsung melakukan tur ke beberapa wilayah dunia seperti Tonga, Autralia, hingga Bermuda. Selama masa kepemimpinannya, Ratu Elizabeth melibatkan diri secara penuh dalam mendukung gerakan amal dan organisasi di dunia.

Kehidupan ratu pun tak hanya soal memimpin. Ratu Elizabeth II dikaruniai 4 anak sejak menikah Bersama Philip Mountbatten yang merupakan prajurit Angkatan Laut Kerjaan Inggris pada 1947 lalu. Pernikahan yang dilakukan pada akhir November tersebut berlangsung di Westminster Abbey, London, Inggris.

Pernikahan Ratu Elizabeth II dan Philip melahirkan sang putra sulung, Charles yang lahir pada 14 November 1948, kemudian Anne yang dilahirkan pada 15 Agustus 1950, Andre yang lahir pada 19 Februari 1960, dan terakhir Edward pada 10 Maret 1964.

Menjalani banyak keterlibatan penuh di kegiatan penting dunia, Ratu Elizabeth II harus meninggalkan dunia setelah dokter menyatakan riwayat kesehatan yang memburuk. Memasuki usia 96 tahun, Ratu Elizabeth II sempat membatalkan beberapa agenda penting di muka publik sejak dinyatakan memiliki masalah kesehatan.

Baca jugaSiapa yang Akan Gantikan Tugas Ratu Elizabeth Saat Sakit?

Masalah kesehatan yang dialami Ratu Elizabeth II menyebabkan dirinya kesulitan bergerak bebas sehingga tidak mudah untuk menghadiri acara di hadapan publik.

Meski demikian, Ratu Elizabeth II sempat muncul pada penunjukkan Liz Truss sebagai Perdana Menteri Inggris setelah sebelumnya dipimpin oleh Boris Johnsson.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Ini Cerita di Balik Penobatannya sebagai Ratu Inggris

BERIKUTNYA

London Bridge is Down, Ini Tahapan Setelah Meninggalnya Ratu Elizabeth II

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: