Potret Shakti sang maskot terbaru Timnas Indonesia (Sumber gambar: Instagram/@is.yuniarto)

Mengenal Makna dan Filosofi Shakti, Maskot Terbaru Timnas Indonesia

02 August 2024   |   13:30 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Like
Jelang laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ketiga, PSSI bersama Timnas Indonesia, beberapa waktu lalu mengajak para pecinta sepakbola Tanah Air untuk berpartisipasi dalam sayembara pembuatan karya desain maskot. Hasilnya, Timnas Indonesia resmi memperkenalkan maskot terbarunya yang bernama Shakti.

Maskot tersebut merupakan hasil karya dari Is Yuniarto, seorang ilustrator dan seniman komik dalam negeri. Shakti resmi terpilih menjadi maskot Timnas Indonesia setelah berhasil meraih posisi pertama dan melewati berbagai tahap voting dari suporter Tanah Air serta penilaian dari para ahli PSSI.

Baca juga: Melihat Peta Kekuatan Lawan Timnas Indonesia di Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Shakti digambarkan sebagai sosok burung garuda berkepala putih yang mengenakan seragam Timnas Indonesia berwarna merah. Memiliki konsep desain Kesatuan Semangat Juang Indonesia, Shakti Sang Garuda merupakan simbol keberagaman identitas wilayah Indonesia yang melambangkan semangat tradisi nusantara, usaha, kekuatan, optimisme dan bersahaja.

“Shakti adalah Garuda muda yang bercita-cita menjadi atlet sepak bola handal yang bertanding di Piala Dunia. Setiap hari ia tekun berlatih bersama rekan-rekan satu tim demi mencapai impian dan takdirnya sebagai Garuda Gaganeswara, sang raja langit yang akan terbang tinggi menunju laga tingkat dunia,” tulis Is Yuniarto dalam unggahannya di Instagram.
 


Seluruh elemen tersebut melebur dalam kesatuan sosok Shakti yang dibalut dengan warna merah putih sebagai identitas Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada bagian dahinya, Shakti memiliki lambang tali perut ikan berwarna biru yang merupakan motif ukir khas suku Asmat, Papua yang bernama Afuiyak Wow. Makna lambang tersebut merupakan "Untuk hidup manusia harus berusaha”.

Pada bagian sayap samping kepalanya terdapat corak batik berbentuk tiga lapis sayap garuda khas Yogyakarta dan Solo yang bernama Batik Gurdo. Corak pada batik tersebut mempunyai simbol kekuatan.

Selain itu, pada bagia mata sang maskot, terinspirasi dari salah satu bentuk mata dari wayang kulit yang disebut dengan Netra Thelengan. Netra Thelengan memiliki watak bersahaja dan tangkas.

Terakhir, pada bagian paruh Shakti, terdapat ragam hias songket khas Minang dan daerah Sumatera Barat yang bernama Pucuk Rabuang. Motif tersebut merupakan tunas bambu yang melambangkan untuk tidak mudah tumbang dalam menghadapi angin kencang, serta sikap optimisme yang diharapkan akan terus tumbuh.

Shakti sang maskot terbaru Timnas Indonesia rencananya akan hadir perdana pada pertandingan kandang kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ketiga pada September 2024 mendatang. Seperti diketahui, Timnas Indonesia tergabung dalam grup C di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Banyak Orang Kaya di Indonesia, Mobil Miliaran dari BMW Laku Keras di GIIAS 2024

BERIKUTNYA

6 Tips Memilih Daycare Terbaik untuk Anak, Perhatikan Staf Pengasuh dan Programnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: