Kemerdekaan Indonesia (Sumber gambar: Unsplash/ Ivan Samudra)

7 Rekomendasi Film yang Mengangkat Kisah Perjuangan Indonesia Merdeka

18 August 2024   |   15:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Momen Hari Kemerdekaan Republik Indonesia telah menjadi inspirasi yang tiada henti bagi para sineas dalam negeri. Ada banyak judul film yang mengambil latar belakang dari peristiwa bersejarah Indonesia, terutama tentang sejarah perjuangan untuk mencapai kemerdekaan.

Film-film tersebut mencoba mengangkat perjuangan tokoh pahlawan pada masa pemerintahan kolonial Belanda, Portugis maupun Jepang. Melalui film ini, penonton akan diajak mengingat dan mengambil nilai-nilai perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan. 

Baca juga: 10 Film & Serial Indonesia yang Pas Ditonton saat Momen HUT Kemerdekaan

Beberapa film bertema perjuangan kemerdekaan ini juga menawarkan sudut pandang menarik. Dari yang menyoroti kisah perjuangan para pahlawan dalam melawan penjajah, hingga menggambarkan dengan dramatis detik-detik kemerdekaan Indonesia.

Berikut adalah beberapa film yang bercerita tentang perjuangan Indonesia dalam mencapai kemerdekaan:


1. Soekarno (2013)

 

Film Soekarno disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Seperti judulnya, film ini mengisahkan tentang kehidupan Presiden Ke-1 Indonesia Soekarno yang diperankan oleh Ario Bayu. Film yang diproduksi oleh Dapur Film ini pertama kali dirilis pada 11 Desember 2013.

Dalam film ini, penonton dapat melihat karakter Soekarno dan perjuangannya membawa Indonesia merdeka. Cerita bermula dari Soekarno masih kecil hingga dia aktif di berbagai organisasi dan menyuarakan hak rakyat Indonesia yang kala itu dijajak Belanda dan Jepang.


2. Merah Putih (2009)

 

Film Merah Putih menawarkan genre drama historis yang menarik dan cocok ditonton saat momen kemerdekaan Indonesia. Disutradarai oleh Yadi Sugandi, film yang diproduksi oleh Media Desa Indonesia itu menceritakan sosok bernama Amir, salah satu tokoh utama dalam film ini yang diperankan oleh Lukman Sardi.

Film ini berkisah tentang perjuangan sekelompok pemuda dari berbagai latar belakang yang mengesampingkan ego masing-masing. Mereka bersatu melawan penjajah Belanda demi kemerdekaan Indonesia. Mengambil latar waktu masa Revolusi Nasional Indonesia, film ini akan menggambarkan aksi heroik dan pengorbanan yang dilakukan oleh para pejuang mempertahankan kemerdekaan.


3. Guru Bangsa : Tjokroaminoto (2015)

 

Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto yang dirilis pertama kali pada 2015 ini disutradarai oleh Garin Nugroho. Film biografi ini mengangkat kisah pahlawan nasional, Haji Oemar Said Tjokroaminoto atau HOS Tjokroaminoto. Pemeran Tjokroaminoto dalam film ini adalah Reza Rahadian.

Mengambil latar zaman penjajahan Belanda awal 1900-an, film ini akan menceritakan Tjokroaminoto kecil yang telah memiliki keprihatian mendalam terhadapat masyarakat pribumi. Tjokroaminoto kemudian tumbuh jadi pribadi yang matang dan kerap menyuarakan aspirasinya menentang Belanda melalui tulisannya di surat kabar. Perlawanan menentang kolonial juga diwujudkannya ketika mendirikan Sarekat Islam (SI) dengan anggota lebih dari dua juta orang.
 

4. Kadet 1947 (2021)

 

Kadet 1947 adalah film drama biografi perang Indonesia yang disutradarai dan ditulis oleh Rahabi Mandra dan Aldo Swastia. Tayang pertama kali pada 25 November 2021, film ini sekarang bisa ditonton secara streaming di platform Netflix. Film ini diperankan oleh aktor dan aktris ternama, dari Bisma Karisma, Kevin Julio, Omara Esteghlal, Marthino Lio, Fajar Nugra, hingga Chicco Kurniawan.

Film ini bercerita tentang latar belakang perundingan Linggarjati yang berisi kesepakatan Belanda yang harus mengakui status kemerdekaan Indonesia. Namun, bukannya meninggalkan Indonesia, Belanda justru melanggar perjanjian. Sekelompok kadet yang berasal dari salah satu sekolah penerbangan Angkatan Udara lalu bertekad menjaga Indonesia dan memukul mundur penjajah


5. Bumi Manusia (2019)

 

Film Bumi Manusia garapan sutradara Hanung Bramantyo juga cocok ditonton saat momen kemerdekaan Indonesia. Film yang ceritanya diadaptasi dari novel berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer ini bakal membuat jiwa nasionalisme penonton bergejolak.

Film dengan judul bahasa Inggris This Earth of Mankind ini alurnya disusun ulang oleh Salman Aristo. Kisahnya mengambil latar masa penjajahan kolonial Belanda. Saat itu, seorang pria ningrat Jawa jatuh cinta pada wanita blasteran Belanda. Cinta mereka menghadapi kendala akibat perbedaan status sosial. Film ini dibintangi oleh aktor dan aktris ternama, dari Iqbaal Ramadhan, Mawar Eva de Jongh, Sha ine Febriyanti dan masih banyak lagi


6.  Jenderal Soedirman (2015)

 

Seperti judulnya, film ini adalah biopik dari pahlawan nasional, Jenderal Soedirman. Pertama kali tayang pada 27 Agustus 2015, film yang disutradarai oleh Viva Westi ini menceritakan perjuangan Jenderal Soedirman saat menghadapi Belanda pada momen Agresi Militer Belanda.

Naskahnya ditulis oleh Tubagus Deddy. Dalam film ini, penonton dapat melihat gejolak yang terjadi setelah Indonesia merdeka, yakni sekitar 1946-1949. Karakter Jenderal Soedirman diperankan oleh Adipati Dolken sedangkan Tjokropranolo diperankan oleh Ibnu Jamil.


7. Kartini (2017)

 

Diproduksi oleh Screenplay Films dan Legacy Pictures, film Kartini pertama kali dirilis pada 19 APril 2017. Film drama biografi ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dengan naskahnya ditulis oleh Bagus Bramanti. Dalam film ini, Dian Sastrowardoyo berperan sebagai Kartini sedangkan Christine Hakim berperan sebagai ibunya, Ny Ngasirah.

Baca juga: Film Samsara Tampil di Indonesia Bertutur 2024, Bawa Nuansa Mistis Bali dengan Visual Ciamik

Film ini bercerita tentang perjuangan Kartini melawan patriarti yang masih sangat dominan saat itu. Sepanjang perjalanan hidupnya, Kartini berjuang untuk menyetarakan hak bagi semua orang baik ningrat ataupun bukan. Terutama hak pendidikan untuk perempuan. Pada gilirannya, api semangatnya juga memantik jadi bibit-bibit baru perjuangan kemerdekaan.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Sinopsis Kromoleo: Urban Legend Hantu Keranda Tanah Jawa yang Bikin Merinding

BERIKUTNYA

Menelusuri Histori Panjang Pemindahan Ibu Kota Negara, dari Jonggol hingga ke IKN

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: