Srimulat: Hidup Memang Komedi. (Sumber gambar: Prime Video)

10 Film & Serial Indonesia yang Pas Ditonton saat Momen HUT Kemerdekaan

18 August 2024   |   07:33 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Kemerdekaan, salah satunya menonton film dan serial karya anak bangsa. Tak hanya sebagai hiburan, menonton karya-karya film dan serial lokal juga menjadi cara untuk mengapresiasi sinema dalam negeri.
 
Tak sedikit film dan serial yang mengangkat keanekaragaman budaya Indonesia, yang bisa menjadi pilihan untuk dinikmati di tengah semarak kemerdekaan. 
 
Dari serial populer Induk Gajah 2 yang melanjutkan kisah rumah tangga Ira dan Marsel dengan latar belakang budaya Batak yang kental, kisah Nana yang mencoba bertahan setelah kehilangan keluarganya akibat perang di Jawa Barat dalam Before, Now & Then (Nana), hingga kisah inspiratif legenda tinju Indonesia asal Maluku dalam serial Ellyas Pical

Baca juga: Film Samsara Tampil di Indonesia Bertutur 2024, Bawa Nuansa Mistis Bali dengan Visual Ciamik
 
Berikut adalah 10 film dan serial Indonesia di layanan streaming Prime Video yang cocok ditonton untuk merayakan Hari Kemerdekaan. 


1. Induk Gajah 2

Melanjutkan musim pertamanya, serial Induk Gajah 2 masih mengikuti kisah rumah tangga Ira dan Marsel. Setelah hampir dua tahun tinggal di rumah mertua, Ira (diperankan oleh Marshanda) tak tahan lagi dengan situasi di sekitarnya dan terpaksa mencari cara agar bisa keluar dari rumah orang tua Marsel (Dimas Anggara).
 
Sialnya, satu-satunya cara hanyalah dengan menjanjikan kehamilan kepada mertuanya, yang selama ini dia tunda diam-diam karena merasa belum siap. Sekarang, Ira dan Marsel berusaha keras menahan gempuran ‘mamak’ mereka yang menagih janji cucu laki-laki sebagai penerus marga, di saat mereka baru sadar kalau ternyata Ira punya masalah kesuburan. 


2. LOL Indonesia: Yang Ketawa Kalah

LOL Indonesia: Yang Ketawa Kalah adalah serial komedi yang segar dan berbeda. Selama enam jam, sepuluh komedian ternama Indonesia berkumpul dalam satu ruangan untuk membuat komedian lain tertawa atau tersenyum, sekaligus harus menahan tawa sendiri agar tidak tereliminasi. Yang terakhir ketawa akan memenangkan piala, uang tunai sebesar Rp300 juta, dan gelar Penguasa Galaksi Komedi.
 

LOL Indonesia: Yang Ketawa Kalah. (Sumber gambar: Prime Video)

LOL Indonesia: Yang Ketawa Kalah. (Sumber gambar: Prime Video)


3. Ellyas Pical

Serial dengan enam episode ini mengangkat kisah nyata petinju legendaris Indonesia, Ellyas Pical. Lahir di pulau terpencil dengan keterbatasan ekonomi dan fisik, di mana pendengarannya rusak akibat bom ikan, Ellyas (Denny Sumargo) kehilangan harapan akan masa depannya. 
 
Namun, kemampuan bertarungnya membuka jalan bagi Ellyas untuk menjadi seorang petinju, mulai dari juara amatir hingga menjadi juara dunia. Disutradarai oleh Herwin Novianto, Ellyas Pical menampilkan Denny Sumargo, Christine Hakim, Della Dartyan, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, Bima Senna, Alle Marasabessy, Yayu Unru, Parisa Shams, dan Alfie Alfandy.


4. 90 Hari Mencari Suami

90 Hari Mencari Suami adalah serial hasil adaptasi novel berjudul sama karya Ken Terate. Kisahnya mengikuti tokoh bernama Eli yang mimpi-mimpinya menjadi sukses sebelum 30 tahun terpaksa harus kandas. Mimpinya jadi selebriti terkenal tak terwujud dan sebatas menjadi figuran di Glow Event Company. 
 
Sebagai wanita Jawa, Eli dihantui mitos bahwa jika dilangkahi menikah oleh adik perempuannya, maka dia akan menjadi jomblo seumur hidup. Eli memang tidak yakin jika dirinya ingin menikah atau membangun keluarga, tetapi dia cukup yakin jika dirinya ingin memiliki pendamping hidup. Oleh karena itu, dia pun mencari suami dalam waktu kurang dari 90 hari.


5. Before, Now & Then (Nana)

Mengambil latar akhir tahun 1960-an, film ini berkisah tentang Nana (Happy Salma) yang tidak bisa melarikan diri dari masa lalunya. Dalam kemiskinan, setelah kehilangan keluarganya akibat perang di Jawa Barat, dia menikah lagi dan memulai hidup baru.
 
Namun, masa lalu tetap hidup dalam mimpinya. Suami barunya kaya, tetapi perannya di rumah tidak terlalu penting, dan suaminya tidak setia. Bersama dengan Ino (Laura Basuki), yang dapat dia percayai untuk menyimpan rahasia-rahasianya, baik masa lalu maupun masa kini, mereka menemukan harapan akan kebebasan yang baru.
 

Before, Now & Then (Nana). (Sumber gambar: Prime Video)

Before, Now & Then (Nana). (Sumber gambar: Prime Video)


6. Onde Mande!

Kental dengan lingkungan dan budaya Minangkabau, film Onde Mande berkisah tentang Angku Wan, seorang pensiunan guru, yang menang hadiah undian dari sebuah perusahaan sabun dan berniat menggunakan uang tersebut untuk proyek pembangunan desa.
 
Tragisnya, dia meninggal sebelum sempat mengeklaim hadiahnya. Demi memenuhi keinginan terakhirnya, kepala desa dan warga pun berkolaborasi dan menyusun rencana untuk memalsukan kematian Angku Wan. Situasi menjadi runyam ketika perwakilan perusahaan datang untuk memvalidasi pemenang.


7. Srimulat: Hidup Memang Komedi

Melanjutkan bagian pertamanya, Srimulat: Hidup Memang Komedi adalah film yang mengangkat kisah grup lawak legendaris Tanah Air, Srimulat, yang tersohor pada awal tahun 1980-an. Film ini menyoroti perjalanan mereka yang luar biasa, memperlihatkan perubahan mereka dari sebuah grup komedi desa yang sederhana menjadi sebuah sensasi televisi nasional yang ikonik.
 

Mukidi. (Sumber gambar: Prime Video)

Mukidi. (Sumber gambar: Prime Video)


8. Mukidi

Mukidi adalah film yang berkisah tentang Mukidi (Gading Marten) yang mendapati dirinya salah dipekerjakan sebagai Analis Kredit karena sebuah kesalahpahaman. Didorong oleh rasa keinginannya untuk membantu orang lain, Mukidi menyetujui setiap permohonan kredit yang diajukan kepadanya.
 
Meski bermaksud baik, semua keputusannya segera berubah menjadi bencana yang mengakibatkan kebangkrutan besar-besaran. Bersama istrinya, Markonah (Della Dartyan), dan dua sahabat terdekatnya, Samingan (Joshua Suherman) dan Wakijan (Arief Didu), Mukidi harus menghadapi kekacauan keuangan yang secara tidak sengaja dia ciptakan. 


9. Gampang Cuan

Film Gampang Cuan mengikuti kisah tiga orang bersaudara yang mewarisi hutang ayah mereka sebesar Rp300 juta yang harus dilunasi dalam waktu tiga bulan. Jika tidak, rumah keluarga mereka di desa akan disita. 
 
Tiga bersaudara itu pun pergi ke Jakarta untuk mencari uang, sembari berbohong kepada ibu mereka yang tinggal di rumah tersebut. Berbagai upaya dilakukan mereka untuk mengumpulkan uang, mulai dari  metode-metode yang hampir ilegal hingga mendalami dunia perdagangan saham, sebuah bidang yang tidak pernah mereka pahami. 


10. Autobiography

Autobiography berkisah tentang Rakib (Kevin Ardilova) yang bekerja menjaga rumah kosong milik seorang pensiunan jenderal bernama Purna (Arswendy Bening Swara). Suatu hari, Purna pulang kampung untuk mencalonkan diri menjadi bupati di daerah itu. Rumah yang Rakib jaga pun tak lagi kosong.

Baca juga: Film Kaka Boss Tayang Lebih Awal di 5 Kota Menyambut HUT Kemerdekaan Indonesia
 
Setiap hari, Rakib menemani Purna dalam banyak kegiatan seperti berkampanye, memasang spanduk, dan lain sebagainya. Dalam sosok Purna, Rakib melihat sosok seorang ayah yang didambakannya. Hingga pada suatu hari, sebuah kejadian tak terduga mengubah semua itu. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Arti Warna Merah, Biru, Hijau, & Hitam Pada Sampul Paspor

BERIKUTNYA

6 Festival Kuliner Spesial HUT Kemerdekaan di Jabodetabek yang Menarik Dikunjungi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: