Veddriq Leonardo (Sumber Foto: Instagram/@ifsclimbing)

Veddriq Leonardo Raih Medali Emas Pertama untuk Indonesia di Cabor Panjat Tebing

08 August 2024   |   21:09 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo mempersembahlan medali emas pertama untuk Indonesia di Olimpiade 2024. Atlet asal Pontianak, Kalimantan Barat tersebut berhasil mengalahkan Wu Peng perwakilan Chima pada final nomor speed panjat tebing Olimpiade 2024 di Le Boruget Climbing Venue, Kamis (8/8/224).

Veddriq memanjat setinggi 15 meter dan mencatatkan waktu 4,75 detik, membuatnya lebih unggul 0,02 detik dari Wu Peng, yang harus puas meraih medali perak. Sementara medali perunggu diamankan oleh Sam Watson yang mengukir catatan waktu 4,74 detik.

Baca juga: Olimpiade Paris 2024: Asa Medali dari Panjat Tebing Masih Ada

 

 
Langkah Veddriq menuju kemenangan di Olimpiade 2024 diawali dengan menyisihkan Bassa Mawem wakil Prancis di perempatfinal. Dia mencetak waktu 4,88 detik, unggul jauh atas atas Mawem yang membukukan catatan waktu 5,26 detik.

Veddriq lalu menghadapi wakil Iran, Reza Ali Pour yang juga lolos ke perempat final usai mengukir catatan waktu 5,57 detik di babak delapan besar. Atlet berusia 27 tahun tersebut bertanding dengan sengit dengan Ali Pour. Namun, dia terus melesat dan berhasil mengukir catatan waktu 4,78 detik. Akhirnya Veddriq unggul atas Ali Pour yang tersingkir di babak semifinal dengan catatan waktu 4,84 detik.

Hasil tersebut membuat Veddriq bertemu perwakilan China Wu Peng. Atlet asal Negeri Tirai Bambu itu mengalahkan Sam Watson atlet asal Amerika Serikat di babak semifinal, sekaligus menjadikannya sebagai peringkat kedua. Namun, dia dikalahkan oleh Veddriq yang melesat ke peringkat pertama.

Adapun Indonesia sendiri diwakili oleh empat atlet di panjat tebing di Olimpiade 2024, nomor speed. Sebelumnya,Rajiah Sallsabillah kalah di perebutan perunggu, Desak Made Rita Kusuma Dewi terhenti di perempatfinal, dan Rahmad Adi Mulyono gagal lolos ke babak gugur. Namun, Veddriq Leonardo berhasil membawa harapan baru bagi kontingen Indonesia di Olimpiade 2024.

Veddriq Leonardo merupakan atlet panjat tebing kebanggan tanah air. Dia telah banyak mengukir prestasi di cabang olahraga ini. Pria kelahiran 11 Maret 1997 di Pontianak, Kalimantan Barat tersebut menjadi atlet panjat tercepat setelah mencetak rekor dunia di Piala Dunia IFSC 2023 Seoul dengan catatan waktu 4,90 detik. Rekor tersebut diraihnya setelah memanjat climbing wall setinggi 15 meter.

Ini adalah medali emas pertama yang diraih oleh Kontingen Indonesia di Olimpiade 2024 Paris. Sebelumnya, Indonesia hanya mendapatkan satu medali perunggu dari Gregoria Mariska Tunjung di cabang bulu tangkis.

Baca juga: Berkenalan dengan Cobo, Atlet Tertua di Olimpiade Paris 2024

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Berisi Harapan dan Pembelajaran Hidup, Aziz Hedra Rilis Album Debut Lesson Learned

BERIKUTNYA

Resep Kekian atau Hekeng Ayam Udang ala Chef Devina Hermawan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: