Anthony Sinisuka Ginting. (Sumber foto: Instagram.com/badminton.ina)

Keren, Anthony Sinisuka Ginting Sukses Sabet Gelar Juara Badminton Asia Championships 2023

01 May 2023   |   09:36 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia Raya kembali bergaung di megahnya Sheikh Rashid bin Hamdan Indoor Hall di area Al Nasr Club, Dubai. Kali ini, bendera Merah Putih berkibar di Uni Emirat Arab. Itu berkat perjuangan para atlet Indonesia, salah satunya Anthony Ginting yang berhasil memboyong medali emas di turnamen badminton kelas Asia, Badminton Asia Championships 2023.

Pria dengan nama asli Anthony Sinisuka Ginting itu mampu melaju ke babak final dan memenangkan pertandingan akhir itu dengan sempurna. Pasalnya, Anthony meraih kemenangan secara straight. Pertandingan di court 1 itu berlangsung pada Minggu (30/4/2023). Turnamen dimulai dengan kemenangan perdana Ginting di antara grand finalis.

Baca juga: Yuk Cek Ranking BWF World Tour Finals 2023, Ada di Peringkat Berapa Pebulu Tangkis Indonesia?

Ginting harus berhadapan dengan Loh Kean Yew yang mewakili Singapura. Bisa dikatakan, kemenangan Ginting di game perdana terpaut jauh dengan skor yang diperoleh Loh Kean Yew. Pria berusia 26 tahun ini meraup skor 21 sementara Loh Kean Yew hanya mendapat skor 12 saja.

Pertandingan berlangsung cukup timpang. Pasalnya, Ginting tampak tak terhalang banyak selama pertandingan. Kejar-kejaran skor yang sengit tak terlalu tampak sepanjang laga. Sedari awal, pria kelahiran 20 Oktober 1996 itu cukup menciptakan jarak skor yang jauh sejak awal. Skor yang diraup Loh Kean Yew terbilang lambat dan stabil. Sementara Ginting tak mau menunggu untuk mencium medali emas.
 

Para pemenang

Para pemenang Badminton Asia Championships 2023. (Sumber foto: Instagram.com/badminton.ina)


Skor 7-4 di awal-awal laga terus merangkak dengan cepat. Ginting semakin beradaptasi dengan permainan Loh Kean Yew setelah interval pertama selesai. Paruh waktu itu dimanfaatkannya dengan baik. Setelah turun minum, Ginting memanfaatkan pola permainan Loh kean Yew yang mulai terbaca. Beberapa kesalahan fatal yang dilakukan Kean Yew  berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Ginting.

Kesigapan Ginting membuat permainan semakin cepat lagi bergulir. Kemudian untuk game kedua, Ginting tampil semakin gahar meraih kemenangan di game kedua. Loh Kean Yew hanya meraup 8 skor saja. Ginting tampil semakin agresif tetap terlihat cukup menjaga momentum. Atlet bulutangkis asal Cimahi, Jawa Barat itu tak ingin berlama-lama menyelesaikan permainan. Tetapi dia juga tak ingin gegabah dan terburu-buru.

Walhasil, Ginting bermain cepat dan efektif. Dalam waktu enam menit saja, Ginting berhasil menyudahi interval pertama dengan skor 11-2. Loh Kean Yew tampak semakin jauh dari harapan. Untuk interval kedua, Ginting semakin stabil dalam melihat celah.

Skor 13-2 membuat Loh Kean Yew semakin ketar-ketir. Meski demikian, atlet Singapura itu terus mendorong usahanya hingga akhir game dengan total skor 8. Ginting tampak banyak melakukan gerakan smash sepanjang laga, membuat Loh Kean Yew benar-benar tak berdaya untuk melihat peluang kemenangan.

Dengan demikian, pertandingan pertama berakhir dengan skor 21-12 sementara pertandingan kedua kembali dimenangkan Ginting dengan skor 21-8. Pencapaian itu tak hanya menambah deretan prestasi Anthony Ginting, tetapi juga membawa nama Badminton Indonesia di mata dunia semakin berjaya. Selamat atas kemenangannya, Ginting!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

10 Ucapan & Caption Selamat Hari Buruh 2023, Peringati Semangat Pekerja Nasional dan Internasional

BERIKUTNYA

Resmi Tamat, Pandora: Beneath The Paradise Dulang Rating Cukup Memuaskan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: