Panjat tebing menjadi salah satu cabang olahraga di Olimpiade (Sumber gambar/ilustrasi: Pexels/Josh Sorenson)

Olimpiade Paris 2024: Asa Medali dari Panjat Tebing Masih Ada

08 August 2024   |   12:43 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kontingen panjat tebing Indonesia masih memiliki asa menyumbangkan medali di ajang Olimpiade 2024, Paris, Prancis lewat tim putra setelah tim putri belum berhasil memberikan medali pada ajang kali ini. Veddriq yang lolos ke babak perempat final dengan catatan waktu yang baik membuatnya menjadi salah satu unggulan. 

Seperti dikutip dari laman Olympics, atlet panjat tebing Veddriq Leonardo akan melokoni pertandingan perempat final kategori speed climbing pada 12.35 waktu setempat. Veddriq akan berhadapan dengan atlet tuan rumah, yakni Bassa Mawem.

Veddriq berhasil mencapai babak perempat final cabang olahraga panjat tebing setelah mencatatkan waktu 4,98 detik di babak kualifikasi elimination dan 4,79 detik di babak kualifikasi seeding. Pencapaian waktu itu membuatnya menjadi salah satu yang terbaik di antara atlet yang ikut serta.

Baca juga:  Desak & Rajiah Lolos ke Perempat Final Panjat Tebing di Olimpiade Paris

Berbeda dengan Veddriq yang berhasil mencatatkan waktu di bawah 5 detik, lawan Bassa Mawem justru mencatatkan waktu di atas 5 detik. Dengan begitu, Veddriq akan lebih diunggulkan dalam babak perempat final ini.

Sementara itu, atlet panjat tebing Indonesia lainnya, yakni Rahmad Adi Mulyono tidak dapat melanjutkan ke babak perempat final setelah melakukan kesalahan start. Sang atlet otomatis langsung berada di posisi paling bawah.

Keberadaan Veddriq di partai perempat final masih menyisakan harapan kontingen Indonesia untuk menambah medali di ajang Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

Sebelumya, dua atlet panjat tebing Indonesia belum berhasil menyumbangkan medali setelah tersingkir di babak perempat final dan semifinal.

Desak Made Rita Kusuma Dewi yang berhadapan dengan atlet asal China mengalami kekalahan dan tidak melaju ke babak semifinal. Lijuan Deng berhasil yang menjadi lawan Desak berhasil mencatatkan waktu 6,363 detik. Sementara atlet asal Bali itu mencatatkan waktu 6,369 detik.

Dengan kata lain, Desak kalah sangat tipis jika dibandingkan dengan lawannya, yakni 0,003 detik. Sementara itu, Rajiah Sallsabillah berhasil menyingkirkan atlet asal Amerika Serikat Emma Hunt dan melaju ke babak semifinal.

Rajiah berhasil mencatatkan waktu 6,54 detik. Sementara itu, Emma memiliki waktu 7,98 detik. Di babak semifinal, atlet putri Indonesia itu berhadapan dengan Lijuan Deng.

Di babak 4 besar, Rajiah mengalami kekalahan karena hanya mencatatkan waktu 6,41 detik dan Lijuan mimiliki waktu 6,38 detik. Kekalahan Rajiah membuatnya masuk dalam final kecil. Lagi, dia harus menelan kekalahan ketika berhadapan dengan atlet dari Polandia.

Baca juga: Profil Atlet Speed Climbing Desak Made Rita Kusuma Dewi yang lolos ke Perempat Final Olimpiade 2024

Editor: Puput Ady Sukarno

 

SEBELUMNYA

Perjalanan Fragmen Emosi dalam Pertunjukan Eternity Glimpse Into a Secret Garden di SIPFest 2024

BERIKUTNYA

Fotografer Yoese Mariam Gelar Pameran di Cemara 6 Galeri, Angkat Pergumulan Masa Lalu tentang Keris

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: