Timnas basket putri Indonesia (Sumber gambar: Instagram.com/perbasi.ina)

Keren, Timnas Basket Putri RI Boyong Medali Emas SEA Games 2023 untuk Pertama Kalinya

15 May 2023   |   07:37 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Tim nasional untuk cabang olahraga basket kembali menambah perolahan medali emas untuk Indonesia. Kali ini kemenangan itu datang dari pebasket putri Tanah Air, yang untuk pertama kalinya pula memboyong medali tingkat tertinggi untuk ajang SEA Games 2023. Sekali lagi, Indonesia Raya bergaung di Kamboja.

Lewat tangan-tangan piawai para pebasket putri, pertandingan yang berlangsung pada Minggu (14/5/2023) ini menekuk mundur skuad Singapura dengan perbedaan skor yang sangat jauh dalam laga final basket putri SEA Games 2023. Singapura harus berpasrah dengan 39 skor yang diraih, berbanding dengan raihan 89 poin yang dirangkum skuad Indonesia di Stadion Morodok Techno.

Sejak awal pertandingan, Indonesia sudah tampil jauh dengan skor 26-7, menciptakan perbedaan 19 poin. Kuarter kedua lebih sengit lagi. Singapura dipaksa melambat melihat aksi cekatan para putri Indonesia itu. Sementara skuad Merah Putih terus mendorong skor tanpa ampun. Skor telak akhirnya dikunci Indonesia, menuntaskan dahaga mereka menerima medali emas meski seharusnya sudah dipastikan sejak menang telak dari Kamboja di laga sebelumnya.

Baca juga: Profil Rashif Amila Yaqin, Penyumbang Medali Emas Pertama Indonesia di SEA Games 2023

Kesuksesan tim mencetak sejarah perdana ini tak lepas dari kerja keras seluruh pemain, termasuk Dyah Lestari yang keluar sebagai pencetak poin terbanyak di final Kemarin.

Kemenangan mereka melengkapi gelar unbeatable alias tak terkalahkan yang dibuktikan sejak awal laga. Pertama kali, tim basket putri Indonesia tampil aman dengan skor 67-62 melawan Vietnam. Pertandingan kedua yang cukup bikin ketar-ketir terjadi saat melawan Thailand, di mana negara Gajah Putih itu hanya kalah satu poin dari Indonesia.
Indonesia diuntungkan dan melanjutkan pertemuannya dengan Malaysia. Tampaknya mereka tak ingin mengalami momen deg-degan yang serupa. Wlhasil, perlawanan dengan Malaysia menjadi titik balik skuad Merah Putih membuat poin-poin tinggi dan jau. Skor 85-57 cukup membuktikan mereka banyak berbenah. Tampil semakin agresif, Filipina kembali dikunyah habis dengan raihan 89 poin, berbeda 11 poin dari Indonesia.

Basket putri sempat menemui sang tuan rumah Kamboja sebelum berangkat ke final. Pada pertandingan yang berlangsung Sabtu (13/5/2023) itu, Kamboja dirundung habis dengan skor 100-54, membuat Angkor Wat kewalahan mengejar setengah angka dari capaian mereka.

Barulah mereka resmi menemui Singapura di final dengan skor akhir 39-89. Atas kerja keras itu, mereka resmi mengukuhkan prestasi dan torehan baru tidak hanya bagi bidang basket, tetapi dunia olahraga Indonesia secara keseluruhan.

Ini merupakan pertama kalinya skuad basket putri membuat bendera Indonesia berkibar lebih tinggi negara lain. Duel lima lawan lima ini resmi menyerahkan emas ke-59 untuk Indonesia. Selamat tim basket putri RI!

Baca juga: 7 Kontroversi SEA Games 2023, dari Bendera Terbalik hingga Larangan Sapu Bersih Medali

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Masyarakat Masih Gemar Main Gim Mobile dari Luar Negeri, Ini Sebabnya

BERIKUTNYA

Final Sepak Bola Sea Games 2023 Jadi Ajang Pembuktian Indonesia Putus Puasa Medali Emas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: