Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023 (Sumber gambar: Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Atlet Indonesia Tuntaskan Janji Raih Lebih dari 69 Target Medali Emas yang Diminta Presiden Jokowi

16 May 2023   |   06:25 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kontingen Indonesia berangkat dengan penuh semangat menuju SEA Games 2023 Kamboja. Tahun ini, mereka punya asa yang lebih besar untuk mengharumkan nama negara. Para punggawa Indonesia pergi dengan memikul janji di pundaknya masing-masing.

Bukan berat, janji itu lebih seperti harapan yang ingin mereka bayar dengan sebuah pembuktian. Tepat pada Senin (15/5/2023), janji itu akhirnya tuntas. Permintaan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk memboyong lebih dari 69 medali emas berhasil dibuktikan oleh para atlet Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo menitipkan keinginannya melalui target medali emas yang disampaikan kepada para atlet tepat di momen Pelepasan Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023 pada 2 Mei 2023 lalu. Bukan tanpa dasar, target itu ditetapkan Presiden Joko Widodo melihat pada torehan prestasi terakhir untk pesta olahraga se-Asia Tenggara ini.

Baca juga: Timnas PUBG Mobile Tambah Perolehan Emas Esports SEA Games 2023 Jadi 3 Medali

“Di SEA Games Vietnam lalu, kita meraih total 69 medali emas dengan peringkat ke-3. Nah, sekarang mustinya lebih dari itu. Saya minta emasnya di atas 69, peringkatnya juga di atas 3,” kata Presiden Jokowi dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden. Sebanyak 599 atlet itu menggegam perintah dari presiden. Belum sampai akhir laga SEA Gaems 2023, Indonesia sudah mengukuhkan total 76 medali emas perSeni (15/5/2023) waktu malam.

Adapun emas terakhir ditorehkan oleh Megawati Tamesti Maheswari, atlet dari cabang olahraga Taekwondo dengan nomor Womem’s Kyorugi -53kg. Hujanan medali emas itu cukup memberi bukti tentang keseriusan atlet Indonesia memegang harapan masyarakat Indonesia.

Dilansir dari akun Twitter @KEMENPORA_RI, capaian lebih dari 70 medali emas itu dikatakan sudah melampaui target yang diberikan kepada ratusan atlet Indonesia untuk SEA Games 2023 ini.
Meski sudah berhasil keluar dari target yang dijanjikan, Indonesia masih punya tugas untuk keluar dari peringkat ke-3 seperti yang diharapkan Presiden Joko Widodo. Saat ini, Indonesia masih duduk sebagai peringkat tiga di bawah Thailand sebagai penduduk klasemen dua.

Sementara Vietnam masih bersantai di klasemen puncak dengan total 109 emas. Namun semnagat optimisme turut dibagikan Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Dito Ariotedjo melalui media sosial pribadinya.

“Alhamdulillah, medali Indonesia meningkat pesat dari SEA Games Hanoi 2021 kemarin.. Program disertai dukungan dari manajemen yang baik, membuat atlet-atlet dapat berlatih secara optimal dan mencapai peak performance di Kamboja. Semangat para atlet yang masih berjuang di Kamboja masih terpantau on fire, apalagi setelah Timnas U-22 Sepak Bola lolos ke final,” terag DIto dikutip dari akun Instagram-nya @ditoariotedjo.

Sebagai informasi, SEA Games 2023 Kamboja merupakan pelaksanaan turnamen olaraga tingkat Asia Tenggara yang memasuki penyelenggaraan ke-32. Dimulai pada 5 Mei 2023, laga yang mempertandingkan sekitar 37 cabang olahraga ini akan segera berakhir pada 17 Mei 2023 mendatang. Adapun lebih dari 608 nomor pertandingan itu digelar di Ibu Kota Kamboja, Phnom Penh.

Baca juga: 7 Kontroversi SEA Games 2023, dari Bendera Terbalik hingga Larangan Sapu Bersih Medali

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Cek 7 Jenis Kopi Terbaik Indonesia yang Mendunia, Ada Gayo hingga Wamena

BERIKUTNYA

Ingin Nonton Konser Coldplay? Begini Cara Atur Keuangan Biar Enggak Boncos

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: