Avip Priatna (Sumber foto: IG/avipresonanz)

Avip Priatna Padukan Musik Tradisional & Orkestra di Pagelaran Sabang Merauke 2024

06 August 2024   |   13:36 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Setelah sukses menyuguhkan pertunjukan spektakuler pada 2023 lalu, Pagelaran Sabang Merauke (PSM) 2024 bakal kembali digelar tahun ini. PSM yang kerap disebut-sebut sebagai The Indonesian Broadway ini akan menampilkan pertunjukan kolosal dengan tema Pahlawan Nusantara.

Tahun ini, Pagelaran Sabang Merauke akan kembali dipentaskan di JIEXPO Convention Center & Theater selama 2 hari berturut-turut, yakni dari 17 dan 18 Agustus 2024. Setiap harinya akan ada dua kali pertunjukan, sehingga total PSM 2024 akan digelar dalam empat kali pentas.

Baca juga: Simfoni Nasionalisme Nan Megah Karya Yogyakarta Royal Orchestra Membius Penikmat Orkestra Ibu Kota

Menjelang hari pertunjukan, konduktor Avip Priatna mengatakan proses persiapan sejauh ini berjalan dengan lancar. Setelah beberapa waktu terakhir masing-masing pemusik berlatih sendiri, pada Senin (5/8/2024) para musisi mulai menggelar latihan bersama.

Menurut Avip, progres latihan hari pertama sudah sangat baik. Kali ini, fokusnya hanyalah untuk penyamaan persepsi dan cara bermain di atas panggung nanti.

“Pekan ini, fokusnya latihan bareng untuk menyamakan persepsi. Pekan depan itu latihan gabungan di Yogyakarta. Lalu, setelah itu akan ada gladi bersih di venue jelang pertunjukan,” ucap Avip kepada Hypeabis.id.

Avip mengatakan PSM 2024 akan hadir dengan lebih megah dan menarik. Pada pertunjukan nanti, Avip menyebut akan ada beberapa lagu baru yang akan dibawakan untuk menyesuaikan dengan tema besarnya.

Bagi Avip, hal paling menyenangkan ketika pertunjukan ini adalah proses menyamakan cara bermain, utamanya dalam menyelaraskan aransemen lagu-lagu daerah. Tak hanya dari lagu, pertunjukan ini juga kembali mempertontonkan harmoni musik tradisional dengan musik orkestra.
 

Latihan Pagelaran Sabang Merauke 2024 (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Latihan Pagelaran Sabang Merauke 2024 (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)


Dalam Pagelaran Sabang Merauke 2024, ada beberapa alat musik tradisional autentik yang bakal ditampilkan. Dari Aceh, akan ada alat musik rapai, kemudian Sumatera Utara bakal memakai taganing, serunai, suling, akordeon, dan hadroh.

Dari Sumatra Barat ada talempong, bansai, dan tambuah; Jambi dan Bengkulu ada dol; Sumatra Selatan ada gendang melayu dan akordeon; Jakarta ada gendang dan gambang kromong; Jawa Barat ada gamelan Sunda dan gendang jaipong; Nusa Tenggara Timur dengan sasando; Papua dengan fuu dan tifa.

Kemudian, dari Jawa Tengah ada ansambel gamelan Jawa lengkap; Jawa Timur ada ketipung, rebana, dan angklung reog; Bali ada acapella dengan latar belakang gamelan; Lombok dengan gendang beleq; Kalimantan dengan gambus dan sape; Sulawesi Selatan dengan gandrang pakarena dan pui-pui; serta Maluku Utara dengan tifa dan gitar hawaiian.

Disutradarai oleh Rusmedia Agus, Pagelaran Sabang Merauke 2024 akan melibatkan 325 seniman musik dan tari yang akan membawakan total 35 lagu. Setiap tembang daerah yang dibawakan juga akan dibarengi tarian oleh koreografer Sandhidea Cahyo Narpati dan Eka Lutfi.

Selama pertunjukan nanti, cerita-cerita kepahlawanan dari tiap daerah akan disampaikan dalam kemasan panggung musikal yang megah. Penonton tidak hanya menyaksikan pertunjukan yang menghibur, tetapi juga menyampaikan pesan tentang kebanggaan dan keberagaman Indonesia.

Dengan perpaduan cerita yang terus berkembang dan penambahan bakat-bakat baru, PSM 2024 dijanjikan akan jadi pertunjukan yang lebih hidup dan berwarna. Terlebih, pertunjukan ini juga melibatkan 27 penari muda hasil seleksi The Audition.

Baca juga: The Guardian of Nusantara Karya Alffy Rev x Once Mekel Siap Rilis 17 Agustus 2024

Pagelaran ini juga masih akan dimeriahkan oleh Isyana, Yura Yunita dan 12 penyanyi lain. Mereka adalah Yuyun Arfah, Christine Tambunan, Alicia Hartono, Mirabeth Sonia, Nino Prabowo, Gabriel Harvianto, Taufan Purbo, Swain Mahisa, Yan Yosua serta Alsant Nababan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Desak & Rajiah Lolos ke Perempat Final Panjat Tebing di Olimpiade Paris

BERIKUTNYA

Cek Cara Beli Tiket Konser One Piece Symphony 25th Anniversary World Tour di Ciputra Artpreneur

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: