Avip Priatna adalah konduktor konser Simfoni Untuk Bangsa (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

Konser Simfoni untuk Bangsa 2023 Bakal Sajikan Lagu-lagu Koes Plus dengan Aransemen Baru

23 August 2023   |   21:03 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Jakarta Concert Orchestra akan menggelar konser tahunan Simfoni Untuk Bangsa 2023 pada 26 Agustus 2023. Bersama dengan 250 musisi dan penyanyi, grup ini akan  membawakan lagu-lagu Koes Plus sebagai salah satu legenda musik Indonesia.

Avip Priatna, Direktur Musik dan Konduktor Jakarta Concert Orchestra, mengatakan bahwa Koes Plus menjadi pilihan lantaran mereka adalah grup musi legenda Indonesia yang telah menjadi panutan industri musik di dalam negeri.

Baca juga7 Konser & Festival Musik yang Digelar September 2023, Ada Pestapora hingga NIKI World Tour

Selain itu, mereka juga adalah grup musik paling produktif berkarya dengan tema paling beragam, dari lagu anak hingga dewasa, dari lagu pop hingga lagu daerah Indonesia – bahkan lagu dengan tema nasionalisme.

Menurutnya, sampai saat ini juga belum ada grup musik lain di Indonesia yang seproduktif dan variatif seperti Koes Plus. “Kekayaan kreativitas yang melekat kepada karya – karya Koes Plus telah menarik perhatian saya untuk menyajikan lagu mereka dengan formasi orkestra,” katanya di Jakarta, Rabu, 23 Agustus 2023.

Dalam konser Simfoni Untuk Bangsa 2023 yang akan diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, lagu-lagu Koes Plus tidak akan dikeluarkan dari versinya dalam pertunjukan nanti. Lagu mereka akan disajikan dalam versi yang menunjukkan bahwa musik mereka abadi dan bisa dikemas dalam bentuk apa saja dengan aransemen baru. 

Lagu-lagu itu akan disajikan dalam penampilan orkestra, paduan suara anak-anak, dan paduan suara dewasa. Pengemasan yang beragam itu sebagai bagian dari upaya konser Simfoni Untuk Bangsa 2023  mempresentasikan lagu-lagu Koes Plus yang juga sangat kaya.  

Tidak hanya itu, penyajian yang beragam dari anak-anak sampai dewasa itu juga menjadi salah satu cara memperkenalkan grup legendaris ini kepada generasi sekarang.

Dia menambahkan, konser ini akan membawakan 25 lagu Koes Plus yang populer pada zamannya. “Itu yang kami pilih yang kiranya mewakili dari setiap waktu yang mereka lalui,” katanya.

Lagu-lagu yang akan dibawakan dalam konser nanti seperti Kisah Sedih Di Hari Minggu, Andaikan Kau Datang, Why Do You Love Me, Dara Manisku, Manis & Sayang, Ku Jemu, Bujangan, Kolam Susu, Bis Sekolah, Nusantara 3, Hidup yang Sepi, Kapan Kapan, dan sebagainya. Saat konser, lagu-lagu tersebut akan dibawakan secara single atau medley.

Dia menuturkan, konser Simfoni Untuk Bangsa akan membuat penonton terhanyut ke dalam cerita dan kenangan dengan sentuhan yang baru. Tidak hanya itu, konser ini juga diharapkan dapat menjaga karya-karya musisi lokal tetap hidup dan menginspirasi generasi muda untuk menggali potensi mereka dalam dunia musik.

Proses Latihan

Avip mengatakan bahwa dalam Jakarta Concert Orchestra terdapat beberapa arranger. Mereka diminta untuk membuat arrangement baru dari lagu-lagu Koes Plus yang akan dimainkan dalam konser Simfoni Untuk Bangsa 2023.

Setelah itu, dia menambahkan bahwa setiap musisi yang ada dalam Jakarta Concert Orchestra akan latihan sendiri-sendiri. Menurutnya, latihan yang diselenggarakan oleh Jakarta Concert Orchestra yang berlangsung pada Rabu, 23 Agustus 2023 merupakan yang pertama kali latihan bersama. "Musik sudah disebar ke musisi untuk dipelajari," katanya. 

Berbeda dengan Jakarta Concert Orchestra, grup paduan suara yang akan tampil dalam konser Simfoni Untuk Bangsa sudah melakukan latihan sekitar satu bulan. 

Pada kesempatan yang sama, Giok Hartono dari Armonia Choir mengatakan akan menyajikan koreografi selain paduan suara dalam konser Simfoni Untuk Bangsa guna memberikan penampilan yang menarik. 

Sebelum latihan, dia menuturkan anggota Armonia Choir yang sudah tidak muda lagi menghadapi sejumlah tantangan. Salah satunya adalah saat berlatih koreografi. Dia menuturkan bahwa hal pertama dalam latihan yang dilakukan adalah melatih suara sebelum berlatih gerakan.

Baca juga: Menilik Strategi Bisnis Sektor Pariwisata Tangkap Cuan dari Konser 

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Menelisik Makna Garis Sketsa dan Lukisan Perupa Zamrud Setya Negara

BERIKUTNYA

Melihat Masa Lalu Kerajaan Melayu Kuno di Candi Kedaton Muaro Jambi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: