Semua anggota TRCC yang akan berlaga di Bali International Choir Festival (Sumber gambar: The Resonanz Music)

The Resonanz Children Choir akan Berlaga di Bali International Choir Festival 2022

23 July 2022   |   15:05 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kabar baik datang dari dunia musik di Tanah Air. Grup paduan suara The Resonanz Children Choir (TRCC) akan kembali mengikuti kompetisi setelah pandemi pada ajang 11th Bali International Choir Festival (BICF), yang akan diadakan pada tanggal 25 - 28 Juli 2022 mendatang di Bali.

Bali International Choir Festival (BICF) sendiri merupakan kompetisi international paduan suara yang diikuti oleh grup paduan suara maupun grup vokal di berbagai usia dari dalam dan luar negeri, alias tingkat seperti namanya tingkat internasional. 

Tahun ini menjadi penyelenggaraan BICF ke-11 dan melombakan 12 kategori yaitu Children’s Choir, Teenager’s Choir, Mixed Youth Choir, Mixed Choir, Senior Choir, Musica Sacra, Gospel & Spiritual, Music Of Religions, Pop & Jazz, Folksong, Vocal Group dan Virtual Choir. 

Baca Juga : Mantap, Grup Paduan Suara Jakarta Youth Choir Sabet Juara di Kompetisi Eropa 

Pada ajang tahun ini, TRCC akan mengikuti dua kategori dalam kompetisi tersebut yaitu kategori Children’s Choir dan Folksong. Ada 56 penyanyi dari TRCC yang akan berlaga di kompetisi itu, di mana 22 orang dengan rentang usia 8-12 tahun dan 31 orang dengan rentang usia 13-18 tahun.

Mereka bakal menampilkan 3 lagu karya Jim Papoulis, Fero Aldiansya Stefanus, dan David Azurza pada kategori Children’s Choir yang dikonduktori oleh Luciana Oendoen, sedangkan pada kategori Folksong, TRCC akan menampilkan 3 lagu daerah dari Indonesia yang akan dikonduktori oleh Rainier Revireino.
 

H

Semua anggota TRCC yang akan berlaga di Bali International Choir Festival (Sumber gambar: The Resonanz Music)

"Setelah dua tahun melalui pandemi, The Resonanz Children Choir akan memberikan kesempatan anggotanya yang baru untuk menguji kemampuannya di kompetisi bergengsi Bali International Choir Festival," ujar Avip Priatna, Direktur Musik The Resonanz Music sekaligus Pendiri TRCC, dalam keterangan resminya yang diterima Hypeabis.id, Sabtu (23/7/2022).

Seperti diketahui ajang ini akan diikuti oleh berbagai grup paduan suara dari Indonesia maupun luar negeri. Avip menuturkan bahwa pihaknya sudah melakukan persiapan secara maksimal dengan penanganan yang disesuaikan dengan anak-anak.

Untuk memaksimalkan hal tersebut, Avip dan tim bahkan mempersiapkan 2 pelatih sehingga para anggota dapat dibagi menjadi 2 kelompok, agar latihan lebih efektif. "Dan tentunya persiapan yang paling utama adalah menjaga kesehatan agar dapat melakukan latihan secara rutin dan tampil terbaik saat kompetisi," kata Avip.

Baca Juga : Youth Choir Ini Juarai Kompetisi Paduan Suara International Jeju 

TRCC sendiri sudah tidak asing dalam mengikuti berbagai kompetisi paduan suara bergengsi. Sebelumnya, pada 2012, TRCC pernah meraih gelar juara di Bali International Choir Festival. Sejak saat itu, TRCC kerap menjadi juara di berbagai kompetisi Internasional, seperti meraih juara umum dan 5 gelar lainnya di kompetisi Choir of the World di Hong Kong pada 2013, serta menjadi juara umum dan 5 gelar lainnya di kompetisi 10th Cantemus International Choir Festival di Nyiregyhaza, Hungaria, pada 2014.
 

H

 TRCC meraih juara di 30th European Grand Prix for Choral Singing (EGP) di kota Maribor, Slovenia, pada 2018 (Sumber gambar: The Resonanz Music)

Selain itu, pada 2015, TRCC juga meraih 4 gelar di kompetisi The Golden Gate International Choral Festival di Berkeley, California, Amerika Serikat, serta meraih juara umum dan 1 gelar lainnya di Claudio Monteverdi International Choral Festival and Competition di Venezia, Italia, pada 2016.

Terbaru, TRCC meraih juara umum dan 2 gelar lainnya di 49th Tolosa Choral Contest di Tolosa, Spanyol, yang membawa mereka untuk dapat bertanding dan meraih juara di 30th European Grand Prix for Choral Singing (EGP) di kota Maribor, Slovenia pada 2018.

Kelompok paduan suara ini didirikan oleh Avip Priatna Mag. Art. pada tahun 2007. TRCC merupakan bagian dari The Resonanz Music Studio (TRMS) yang juga menaungi Batavia Madrigal Singers (BMS), yang belum lama ini menjadi pemenang 32nd European Grand Prix for Choral Singing (EGP) 2022.

TRCC beranggotakan anak-anak usia 5 sampai 17 tahun, dari berbagai latar belakang agama, suku maupun ras. TRCC merupakan paduan suara anak yang dibentuk dari hasil audisi yang ketat dari anak-anak yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya. Untuk persiapan kompetisi, TRCC biasamya melakukan audisi khusus dan selanjutnya melakukan pelatihan, serta pendidikan khusus dalam jangka waktu tertentu. 


 

SEBELUMNYA

Nih Kode Redeem Mobile Legends 23 Juli 2022, Kuy Klaim Sekarang!

BERIKUTNYA

Gadget Ancam Tumbuh Kembang? Ini Kata Dokter Spesialis Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: