HarI Kemerdekaan Indonesia (Sumber Foto: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

5 Ide Usaha Jelang Hari Kemerdekaan Indonesia, Bisnis Dekorasi sampai Katering

05 August 2024   |   14:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Hari Kemerdekaan Indonesia diperingati setiap 17 Agustus. Biasanya momen tersebut dimeriahkan oleh berbagai acara mulai dari upacara bendera, festival seni dan budaya, sampai perlombaan tradisional seperti panjat pinang, balap karung, tarik tambang, dan lainnya.

Semangat merayakan Hari Kemerdekaan juga bisa membuka peluang bagi setiap orang untuk memulai berbagai jenis bisnis kreatif yang menguntungkan. Nah Genhype, berikut adalah lima ide bisnis menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia yang bisa dipertimbangkan. 

Baca juga: Simak Tema & Makna Logo HUT Ke-79 Kemerdekaan RI
 

1. Dekorasi Hari Kemerdekaan

Masyarakat senang merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan menghias rumah dan kawasan tempat tinggalnya. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjual berbagai perlengkapan dekorasi bernuansa merah putih. Beberapa di antaranya seperti umbul-umbul dan bendera hias, lampion, lampu hias, sampai baliho dan spanduk. 

Kamu juga bisa menyediakan paket dekorasi lengkap untuk rumah atau kantor supaya lebih meriah dalam menyambut Hari Kemerdekaan. Gunakan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok untuk mempromosikannya, cobalah posting foto-foto menarik dari contoh dekorasi yang akan dibuat. 


2. Event organizer lomba 17 Agustusan

Event organizer lomba 17 Agustusan menyediakan jasa untuk menyelenggarakan lomba-lomba tradisional seperti panjat pinang, balap karung, atau lomba makan kerupuk. Kegiatan akan lebih meriah, terstruktur, dan kondusif dengan bantuan EO. Selain itu, kamu juga bisa sambil menyewakan perlengkapan dekorasi. 
 

3. Menjual merchandise bertema kemerdekaan

Kamu bisa memproduksi dan menjual berbagai merchandise bertemakan kemerdekaan Indonesia, mulai dari kaos, topi, bendera hias, dan aksesori lainnya dengan desain khusus yang mencerminkan semangat kemerdekaan. Cobalah berkolaborasi dengan desainer lokal untuk membuat desain merchandise unik yang bisa menarik banyak pembeli.
 

4. Workshop dan kelas kreatif

Ide bisnis lainnya menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia, salah satunya adalah menyelenggarakan workshop bertemakan Indonesia. Misalnya seperti membuat kerajinan tangan tradisional, melukis batik, membuat anyaman bambu, atau membuat miniatur bendera. 

Kamu juga bisa membuka kelas memasak makanan tradisional Indonesia dengan tema kemerdekaan untuk para ibu-ibu di sekitar lingkungan tempat tinggalmu. Para pesertanya juga bisa berkompetisi membuat masakan terenak dan mendapatkan hadiah menarik.
 

5. Katering dan makanan tradisional

Bagi kamu yang jago masak, cobalah tawarkan paket katering dengan menu makanan tradisional Indonesia untuk acara perayaan Hari Kemerdekaan. Beberapa makanan tradisional yang identik dengan perayaan 17 Agustus adala kue merah putih, nasi goreng merah putih, nasi tumpeng, dan lainnya. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Film yang Cocok Ditonton pada Hari Kemerdekaan, Tayang di Netflix!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sukses Digelar, Transaksi di FEKDI x KKI 2024 Tembus Hampir Rp100 Miliar

BERIKUTNYA

Review Kabut Berduri, Crime Thriller Penuh Teka-teki yang Menegangkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: