Cuplikan film Soekarno (Sumber gambar: Netflix)

5 Rekomendasi Film yang Cocok Ditonton pada Hari Kemerdekaan, Tayang di Netflix!

17 August 2023   |   13:56 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Hari ini, Kamis (17/8/2023), Indonesia memperingati hari jadinya yang ke-78 tahun. Bangsa Indonesia memasuki usia hampir delapan dekade sejak meraih kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Perayaan Hari Kemerdekaan pun selalu disambut riuh oleh seluruh lapisan masyarakat. 
 
Tema besar peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun ini adalah Terus Melaju untuk Indonesia Maju. Tema tersebut dipilih oleh pemerintah dengan melihat pencapaian yang telah diraih sehingga menjadikan Indonesia menguntungkan dalam melanjutkan gerak pembangunan negara. 
 
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Kemerdekaan sekaligus mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan dari penjajah, salah satunya dengan menonton film. Selain menambah pengetahuan akan sejarah bangsa, menonton film juga bisa menjadi momen untuk menguatkan rasa cinta Tanah Air dan semangat nasionalisme kepada Ibu Pertiwi.
 
Untuk semakin membuat jiwa nasionalisme kita bergelora, berikut adalah rekomendasi 5 film yang bisa menjadi tontonan kalian di Hari Kemerdekaan RI yang bisa diakses di platform streaming Netflix.
 
1. Buya Hamka Vol. 1
 

Sumber gambar: Falcon Pictures

Sumber gambar: Falcon Pictures

Film biopik dari sutradara Fajar Bustomi ini mengangkat kisah cendekiawan muslim ternama Buya Hamka yang diperankan oleh Vino G. Bastian. Kisah film ini menampilkan rekam jejak sang ulama mulai dari asal-usulnya yang sederhana di Sumatera Barat hingga pencapaian politiknya.
 
Babak demi babak kisah hidupnya dipaparkan antara lain menjadi tokoh utama penggerak organisasi Muhammadiyah, menjalani karier di bidang jurnalistik, hingga terlibat dalam proses politik di masa genting untuk mengakhiri penjajahan.
 
Film yang mulai tayang di Netflix pada 17 Agustus 2023 ini turut menampilkan deretan aktor ternama seperti Laudya Cynthia Bella, Donny Damara, Teuku Rifku Wikana, Verdi Solaiman, Marthino Lio, Reza Rahadian, hingga Mathias Muchus.
 
2. Soekarno
 

Sumber gambar: Netflix

Sumber gambar: Netflix

Dimulai dari kisah Soekarno muda pada 1920-an, drama biografi tentang presiden pertama Indonesia ini mengangkat perjuangan nasionalismenya dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Belanda dan Jepang yang membuat dia berkali-kali mendekam dalam penjara dan pengasingan.
 
Film ini disutradarai Hanung Bramantyo dan dibintangi antara lain oleh Ario Bayu sebagai Soekarno, Lukman Sardi, serta Maudy Koesnaedi. Film Soekarno meraih 13 nominasi dalam Festival Film Indonesia 2014 dan berhasil mendapatkan empat Piala Citra, untuk Tika Bravani sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, Editing Terbaik, Tata Artistik Terbaik, dan Tata Busana Terbaik.

3. Kadet 1947
 

Sumber gambar: Netflix

Sumber gambar: Netflix

Berlatar waktu setelah Perang Dunia II, film Kadet 1947 mengisahkan sekelompok pemuda Angkatan Udara Indonesia menjalani misi rahasia melancarkan serangan udara untuk pertama kalinya kepada tentara Belanda di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa. Diangkat dari kisah nyata, film ini meraih tujuh nominasi dalam Festival Film Indonesia 2022 dan mendapatkan Piala Citra untuk Penata Rias Terbaik serta dinobatkan sebagai Film Terbaik dalam JAFF Indonesian Screen Awards 2021.

4. Kartini
 

Sumber gambar: Netflix

Sumber gambar: Netflix

Seperti judulnya, film Kartini bercerita tentang rekam jejak tokoh emansipasi perempuan, Raden Ajeng Kartini. Film ini bercerita mengenai seorang gadis keturunan ningrat yang berjuang melawan tradisi dan berusaha sekuat tenaga meningkatkan akses pendidikan perempuan pada awal 1900-an. 
 
Dengan tokoh emansipasi perempuan Indonesia sebagai karakter utama, Kartini memimpin perolehan nominasi FFI 2017 dalam 14 kategori, termasuk Film Terbaik, dan berhasil menangguk Piala Citra bagi Christine Hakim sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik. Film karya Hanung Bramantyo ini menampilkan sederet aktris ternama seperti Dian Sastrowardoyo, Acha Septriasa, Ayushita, dan Adinia Wirasti.
 
5. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta
 

Sumber gambar: Netflix

Sumber gambar: Netflix

Pada abad ke-17, raja ketiga Kerajaan Mataram yaitu Sultan Agung Mataram harus menghadapi permasalahan hati sekaligus memimpin rakyatnya melewati pergolakan di kepulauan Indonesia. Dalam upayanya menyatukan adipati-adipati di tanah Jawa yang tercerai-berai oleh politik VOC, sang sultan yang gagah berani juga harus berhadapan dengan berbagai pengkhianatan dan tetap melindungi rakyatnya.
 
Film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta menampilkan performa solid para aktornya seperti Ario Bayu, Adinia Wirasti, Putri Marino, Marthino Lio, dan Teuku Rifnu Wikana.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Hypereport Kemerdekaan: Diva Sandiwara Miss Tjitjih yang Merekah di Tengah Penjajahan

BERIKUTNYA

Hypereport Kemerdekaan: Eksplorasi Sandiwara Dardanella Lahirkan Teater Modern Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: