Logo HUT ke-79 Kemerdekaan RI. (Sumber gambar: Kementerian Sekretariat Negara RI)

Simak Tema & Makna Logo HUT Ke-79 Kemerdekaan RI

16 July 2024   |   22:29 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia akan merayakan hari jadi ke-79 tahun pada 17 Agustus 2024. Jelang perayaannya, pemerintah telah meluncurkan tema dan logo dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke-79. Tahun ini, tema besar HUT ke-79 RI ialah Nusantara Baru, Indonesia Maju, disertai logo yang dibuat oleh desainer asal Surabaya, Inggrid Wenas.

Mengutip Pedoman Identitas Visual HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dirilis oleh Kementerian Sekretariat Negara RI, tema besar peringatan HUT ke-79 RI yakni Nusantara Baru, Indonesia Maju diambil lantaran berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, peringatan kemerdekaan tahun ini bersamaan dengan momen pembuka bagi beberapa transisi besar di Indonesia.

Pada peringatan hari jadi tahun 2024, Indonesia akan mengalami 3 transisi penting, yakni menyambut Ibu Kota baru, Nusantara, perpindahan tongkat estafet kepemimpinan presiden, serta menyongsong Indonesia Emas 2045. 

Baca juga: Desain dan Warna Baru Paspor Indonesia, Diganti Mulai 17 Agustus 2024
 

Selain tema besar, telah diluncurkan juga logo HUT ke-79 RI. Logo tersebut dibuat oleh desainer asal Surabaya, Inggrid Wenas, yang berhasil memenangi sayembara dari pemerintah. Sayembara tersebut diikuti oleh sejumlah desainer dari berbagai daerah, seperti Malang, Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Makassar.

Inggrid mengungkapkan pesan makna logo desain HUT ke-79 RI adalah Indonesia sebagai Nusantara negara kepulauan dengan keindahan alam yang elok. Angka 79 dibentuk dari beberapa bagian yang merupakan satu kesatuan dan berkaitan, menggambarkan Indonesia sebagai negara dengan banyak pulau. 

“Inspirasinya dari alam Indonesia yang merupakan negara kepulauan yang indah, dengan alam yang elok,” kata Inggrid dikutip dari situs resmi Kemenparekraf RI
 

Makna Logo HUT ke-79 Kemerdekaan RI

Berdasarkan tema besar Nusantara Baru, Indonesia Maju, dirumuskan gambaran besar identitas visual HUT ke-79 Kemerdekaan RI, yaitu Indonesia membutuhkan semangat baru yang besar dengan persatuan dan kesetaraan untuk mencapai segala tujuan.

Dalam perjuangan yang baru ini, negara tetap berprinsip pada nilai-nilai luhur dengan memperhatikan kodrat alam dan budaya. Hal itu pun diwujudkan dengan identitas visual yang menggambarkan karakter mengalir, saling terhubung dan luwes, menyiratkan rasa ramah dan dekat dengan masyarakat, serta terdiri dari bagian repetitif dan  terstruktur yang menambah sifat kokoh dan seimbang, mencerminkan sikap profesional dalam bekerja membangun negara.

Konsep visual logo HUT ke-79 RI terdiri dari 7 elemen yang masing-masingnya menyimpan filosofi yakni Negara Kepulauan, Lambang Negara, Pertumbuhan Ekonomi, Keberlanjutan, Ekonomi Hijau, Persatuan & Harapan, serta Kesetaraan.
 

c

Konsep visual logo HUT ke-79 Kemerdekaan RI. (Sumber gambar: Kementerian Sekretariat Negara RI)

Bentuk logonya berupa angka 79 yang menandai usia Indonesia yang memasuki 79 tahun sejak merdeka pada 17 Agustus 1945. Logo angka 79 itu dibentuk dari beberapa bagian, yang merupakan satu kesatuan dan saling berkaitan, menggambarkan Indonesia sebagai negara kepulauan. 

Lalu, ujung angka 7 yang menyerupai bentuk paruh Garuda, memiliki filosofi lambang negara yang berisi salah satu pilar kebangsaan yaitu Pancasila, serta melambangkan kekuatan negara. 

Setelahnya, ada angka 7 yang menyerupai panah ke kanan atas, merupakan simbol harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor untuk memenuhi misi Indonesia dalam menggerakkan ekonomi. Sementara lengkungan dari segala arah yang saling terhubung satu sama lain, menyimbolkan prinsip pembangunan negara yang berkelanjutan. 

Terdapat juga bentuk dahan dan daun dari angka 9 yang merupakan prinsip pembangunan negara, yang berlandaskan ekonomi hijau, bersinergi dengan alam, serta selalu memperhatikan akar budaya dan identitas.

Sementara kaki angka 7 dan 9 terbuat dari bentuk yang sama, membentuk 2 tangan yang menyatu sebagai simbol persatuan masyarakat Indonesia walaupun memiliki pendapat yang berbeda-beda. Adapun, dua gelombang dengan arah yang samadi atas dan di bawah merepresentasikan tujuan Indonesia untuk desentralisasi, dan memeratakan pembangunan demi mencapai kesetaraan.

Baca juga: Tengok Jersey Timnas Indonesia Rancangan Didit Hediprasetyo untuk Olimpiade Paris 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Digulung Thailand, Tim Esports Indonesia Siap Bangkit di Ajang FFWS SEA Fall 2024

BERIKUTNYA

5 Jenis Sepatu Wanita yang Trendi, dari Stiletto sampai Slip On

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: